Senin, 31/08/20
 
Corak Yang Menawan Ikan Channa Tembus Harga Jutaan Rupiah, Berikut Jenisnya

Ica | LifeStyle
Sabtu, 18/09/2021 - 10:59:16 WIB
Foto Istimewa
TERKAIT:
   
 
Jakarta, Riaueksis.com -- Snakehead alias ikan Channa akhir-akhir ini ramai dibicarakan kalangan pecinta hewan. Channa sendiri merupakan genus ikan predator yang hidup di air tawar.

Sebagian spesiesnya dimanfaatkan sebagai lauk yang Anda kenal dengan ikan gabus. Kemudian sebagian lain dijadikan ikan hias peliharaan berkat corak tubuhnya yang unik dan berwarna-warni.

Sebagaima dilansir Meet the Pet, ikan satu ini tidak memerlukan perawatan yang 'ribet'. Namun memelihara Channa berarti menyediakan akuarium untuk satu ekor ikan saja sebab ikan bisa memangsa penghuni lain yang berukuran lebih kecil.

Adapun spesies Channa begitu beragam dengan kekhasan masing-masing. Hanya saja harga untuk keindahan corak mereka sepadan dengan uang yang harus dikeluarkan.

Berikut sembilan jenis ikan hias Channa dengan corak menawan dan harga jutaan rupiah.

1. Channa barca
Channa barca memiliki warna dominan kuning dengan corak bintik-bintik (dots) berwarna hitam. Snakehead ini terbilang paling mahal. 

Menurut Practical Fishkeeping, harganya pernah mencapai 5 ribu poundsterling (hampir Rp100juta) lalu dalam sebuah pameran pada 2009 harganya turun drastis hingga 1.500 poundsterling (sekitar Rp29 juta).

Jika Anda cek lagi, untuk sekarang ini harganya tidak jauh dari harga beberapa tahun lalu. Ada Channa barca yang bahkan dibanderol ratusan ribu hingga Rp1 juta per centimeter.

2. Channa gachua
Dilansir dari laman Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga, Channa gachua dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi. Namun karena keunikannya, spesies yang disebut ikan gabus gunung ini dipelihara sebagai ikan hias.

Keunikannya antara lain, corak, sirip dengan gradasi warna putih, biru, kuning, hidup berpasangan dan mouthbrooder (melindungi anak di dalam mulut sampai ukuran tertentu). Untuk konsumsi, gabus gunung dihargai Rp50ribu per kilogram, tetapi di pasar ikan hias harganya menjadi Rp25ribu per ekor.

3. Channa marulioides
Spesies satu ini juga disebut Emperor Snakehead. Perlu akuarium berukuran besar untuk memelihara Channa marulioides sebab ukuran tubuhnya bisa mencapai 65 centimeter.

Corak tubuhnya seperti dilukis dengan tinta hitam membentuk garis-garis. Sementara bagian sirip terdapat titik-titik berwarna putih. Untuk menikmati keindahan Emperor Snakehead, Anda perlu merogoh kocek hingga jutaan rupiah.

4. Channa stewartii

Sekilas Channa stewartii seperti jenis ikan gabus biasa dengan tubuh berwarna coklat. Namun saat dilihat lebih dekat, terdapat corak bintik-bintik berwarna gelap maupun terang. Kemudian warna biru pada sirip membuatnya makin cantik. Harganya terbilang lebih murah yakni masih di angka ratusan ribu rupiah.**

Sumber : cnnindonesia.com





Berita Lainnya :
 
  • Pengurus IKA Prodi Administrasi Negara/Publik Periode 2023-2027 Resmi Dilantik
  • Hari Keempat MTQ Tingkat Kabupaten Kampar, Dua Belas Cabang Lomba MTQ ke-53 Kampar
  • Hari Keempat Cabang Syarhil Qur'an Masuki Babak Final pada MTQ ke-53 Kabupaten Kampar
  • PJ Bupati Kampar Ajak Stakeholder Untuk Fokus Kendalikan Inflasi
  • Hari HKG ke-52, Seluruh Kader TP PKK Kabupaten Kampar Tanam 200 Bibit Cabai
  • Gebyar AKS Provinsi Riau, PJ Sekda Kampar Sambut Langsung Kepala BKKBN Pusat di Bandara SSK II
  • PJ Bupati Kampar Pimpin Apel Peringatan HUT Damkar ke-105
  • Sepuluh Cabang Lomba MTQ ke-53 Kabupaten Kampar pada Hari Ketiga
  • Ketua TPPS Kabupaten Kampar Tinjau Seluruh Persiapan Gebyar AKS se-Provinsi Riau
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved