Senin, 31/08/20
 
Biaya Renovasi Menara Elizabeth Ditaksir Mendekati 1 Triliun Rupiah..Angka Fantastis Bukan?

M Amin | Internasional
Sabtu, 30/09/2017 - 23:56:03 WIB
Warga mengabadikan menara elizabeth
TERKAIT:
   
 
London (RiauEksis.Com) - Baiaya renovasi Menara Elizabeth di Istana Westminster, tempat jam ikonik Big Ben berada, ditaksir mendekati satu triliun rupiah atau 61 juta euro (setara sekitar Rp 971 miliar).

Demikian disampaikan pihak parlemen Inggris. Menurut parlemen, biaya renovasi ini naik hampir dua kali lipat dari yang sebelumnya hanya diprediksi sekitar 29 juta euro.

Parlemen mengatakan, kenaikan biaya ini terjadi setelah kontraktor yang bertanggung jawab dalam proses renovasi memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai kompleksitas pekerjaan tersebut. Hal ini memang tak mengherankan mengingat usia Big Ben yang telah lebih dari 150 tahun.

Sebelum kontrak tender, perkiraan tingkat tinggi awal ditetapkan pada tingkat yang lebih rendah untuk menghindari eskalasi biaya dari pasar. Perkiraan selanjutnya, dengan menggunakan data yang lebih baik dan survei yang lebih luas, lebih mencerminkan kemungkinan biaya yang sebenarnya, kata seorang juru bicara parlemen Inggris, seperti dilaporkan laman the Independent, Jumat(29/9/17).

"Kami percaya bahwa sekarang kami memiliki perkiraan biaya pekerjaan yang lebih akurat dan akan melaporkan secara teratur kepada komite mengenai kemajuan pekerjaan," katanya.

Kendati harus menggelontorkan dana lebih besar, namun Steve Jaggs, tokoh yang menjabat posisi Penjaga Jam Agung (Big Ben) menilai renovasi ini memang penting dilakukan.

"Program kerja penting ini akan melindungi jam secara jangka panjang, sekaligus melindungi dan melestarikan rumahnya, Menara Elizabeth," ujarnya.

Selama proses renovasi, Big Ben akan berhenti berdentang. Adapun proses renovasi diperkirakan menghabiskan waktu sekitar empat tahun.

Big Ben rampung dibangun pada tahun 1858. Pada 31 Mei 2009, Big Ben telah menginjak usia 150 tahun. Tak mengherankan bila jam agung ini harus mengalami beberapa kali renovasi akibat kerusakan komponennya yang sudah cukup tua. (ma/re)



sumber: republika.co.id






Berita Lainnya :
 
  • Bupati Kasmarni Sambut Baik, Kegiatan Penghijauan dan Penanaman Mangrove Program Unggulan Kasad TNI AD
  • Ruby Mulyawan, Ahli Perminyakan yang Pulang Kampung ke Blok Rokan Jadi Dirut PHR
  • Gubri Edy Natar Purna Tugas, Bupati Kasmarni Ucapkan Terima Kasih atas Pengabdiannya Memimpin Riau
  • Pastikan Keamanan Penghitungan Suara, Subsatgas PAM Obyek Kegiatan, PAM Pleno Rekapitilasi Penghitungan Suara
  • SMSI Minta Presiden Terbitkan Perpu UU Kedaulatan Digital Pengganti UU ITE
  • Syukuran Tajak Sumur Eksplorasi MNK Kelok di Blok Rokan, PHR Bagikan Ratusan Sembako ke Warga
  • Hari Pers Nasional, 2024 Silaturahmi Wartawati Pertama di Indonesia
  • SMSI Riau Kirim Delegasi Ikuti Rakernas dan HPN 2024 di Jakarta
  • SMSI Riau Kirim Delegasi Ikuti Rakernas dan HPN 2024 di Jakarta
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved