Senin, 31/08/20
 
Konsumsilah Makanan Ini Tatkala Suasana Hati Anda Sangat Kacau

M Amin | LifeStyle
Minggu, 11/02/2018 - 14:17:13 WIB
Kerang saus tiram
TERKAIT:
   
 
Pekanbaru (RiauEksis.Com) - Semua orang pernah mengalami hari buruk yang membuat suasana hati menjadi sangat kacau. Untungnya, ada solusi mudah untuk mengatasi kondisi tidak mood demikian. Caranya adalah mengonsumsi sejumlah makanan berikut ini.

1. Cokelat

Makan cokelat membantu membuat suasana hati menjadi lebih baik karena saat menyantapnya tubuh akan melepaskan banyak hormon endorfin dan serotonin. Sebagai kudapan antistres, disarankan makan cokelat hitam sekitar 40 gram sehari agar tidak berlebihan.

2. Pisang

Pisang adalah camilan sempurna untuk mengembalikan mood karena kaya asam amino triptofan, selain vitamin A, vitamin B6, vitamin C, serat, potasium, fosfor, zat besi, dan karbohidrat. Triptofan peningkat kadar serotonin juga ampuh mengatasi insomnia, depresi, dan kecemasan.

3. Oat

Oat efektif menjadi mood booster karena mengandung banyak mineral yang memulihkan suasana hati. Oat juga memiliki indeks glisemik rendah yang perlahan melepaskan energi ke dalam aliran darah, membuat gula darah dan suasana hati menjadi stabil.

4. Sereal

Sereal adalah sumber kalsium yang membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan yang sedang dirasakan. Tidak banyak yang dibutuhkan, cukup mengonsumsi secangkir sereal yang difortifikasi akan menyediakan hingga sepertiga kebutuhan kalsium harian.

5. Bayam

Konsumsi bayam dan sejumlah sayuran hijau akan menjaga suasana hati karena asupan vitamin B dalam tubuh tetap terjaga. Kekurangan vitamin B seperti folat, vitamin B3, B6, dan B12 telah dikaitkan dengan depresi akibat produksi serotonin yang terhambat.

6. Ikan

Studi membuktikan bahwa orang yang kekurangan asam lemak omega-3 lebih rentan mengalami depresi dan suasana hati buruk. Konsumsi ikan seperti salmon, makerel, dan sarden secara rutin bisa membantu mengatasinya karena menyehatkan otak dan menjaga sel-selnya.

7. Tiram

Tiram memiliki banyak manfaat jika dikaitkan dengan kesehatan mental. Selain kaya kandungan seng yang penting untuk kesehatan otak, tiram juga sumber protein bernama asam amino tirosina yang dibutuhkan otak. (min/rec)




sumber: harpers bazaar/republika.co.id







Berita Lainnya :
 
  • Jelang Ramadhan Polda Riau Gelar Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan
  • Syukuran Sambut Ramadhan Di Rumah Pribadi, Bupati Kasmarni Ajak Masyarakat Saling Memaafkan
  • Peraih Beasiswa PHR Regitha Nur Azizah Sabet Juara Nasional Pidato Bahasa Inggris
  • Patroli Sambang , PPK Kecamatan Tuah Karya, Satgas Binmas Galang dan Bina Warga dengan Pesan Himbauan; "Pentingnya Menjaga Nilai Nilai Persatuan dan Kesatuan".
  • Keren! Lewat Inovasi 'Pensl', PHR Hemat Biaya Pemboran Rp 4,5 M Per Sumur
  • Keputusan Konkernas PWI, KTA Mati Bisa Diperpanjang Hingga Anggota Wajib Kompeten
  • Jelang MTQ, Pj Sekda Yusri Tinjau Progres Kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Kampar
  • Pj Bupati bersama Istri Hadiri Pesta Pernikahan Bayu dan Nadia
  • Pj Bupati Hambali Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kemendagri
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved