Senin, 31/08/20
 
4 Cara Mengatur Gaya Hidup Agar Jantung Tetap Sehat

Ica | LifeStyle
Rabu, 04/08/2021 - 19:46:26 WIB
Foto ilustrasi
TERKAIT:
   
 

JAKARTA, Riaueksis.com — Penyakit arteri koroner menggambarkan penebalan dan penyempitan berbahaya dari arteri koroner. Itu adalah pembuluh yang membawa darah ke jantung.


Selanjutnya, penyempitan tersebut mengganggu aliran oksigen dan nutrisi ke otot jantung yang dapat menyebabkan nyeri dada, gagal jantung, atau serangan jantung.


Tindakan pencegahan dini adalah perlindungan terbaik terhadap serangan jantung. Tindakan pencegahan dini adalah perlindungan terbaik terhadap serangan jantung.

Dilansir dari express, Rabu (4/8/2021) Seorang ahli kardiologi, Dr Seth Martin mengatakan jika tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan. "Memulai sekarang lebih baik daripada tidak pernah memulai sama sekali," ujarnya.


1. Hindari rokok

Dr Martin menekankan salah satu cara paling ampuh untuk mencegah serangan jantung adalah menjadi bukan perokok.

Jika Anda belum pernah menjadi perokok, jantung mungkin berada dalam posisi yang jauh lebih sehat daripada seseorang yang menyala-nyala.

Merokok dianggap sebagai salah satu faktor risiko utama serangan jantung. Tapi perokok pasif bisa sama berbahayanya, jadi penting untuk menghindarinya sebanyak mungkin.

2. Atur pola makan

Selain itu pertimbangan pola makan juga sangat penting. Di menyarankan untuk membatasi lemak jenuh, lemak trans, garam dan gula. Contoh makanan tinggi lemak jenuh meliputi susu coklat, kue kering, daging domba, sosis, burger dan kebab.

Contoh makanan tinggi lemak trans meliputi pizza beku, popcorn microwave atau kue. Oleh karena itu, lebih baik konsumsi lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, serta makanan berserat tinggi.  Lalu lemak tak jenuh ganda ialah ada pada biji bunga matahari, Ikan salmon, ikan kembung, ikan haring, ikan trout dan minyak jagung.

3. Tetap aktif bergerak

Selain pola makan, juga harus juga menjadi lebih aktif, dan tetap aktif, sepanjang hidup.

Olahraga teratur dapat membantu memperkuat otot jantung dan meningkatkan sistem kardiovaskular. Maka luangkanlah waktu minimal 30 menit dalam satu hari untuk bergerak.

Olahraga juga dapat membantu mempertahankan atau mencapai berat badan yang sehat. "Jika Anda kelebihan berat badan, kehilangan hanya lima persen sampai 10 persen dari berat badan Anda saat ini akan menurunkan risiko terkena penyakit arteri koroner," kata Dr Martin.

4. Hindari Stres

Ukuran kunci lain untuk membantu mencegah serangan jantung di masa depan adalah bebas stres. Cara yang tidak sehat untuk mengatasi stres adalah makan berlebihan, minum, atau terlalu banyak duduk.

Sebaliknya, akan lebih sehat bagi jantung jika dapat menurunkan perasaan stres dengan cara yang lebih sehat. Misalnya melalui latihan atau olahraga, meditasi dan menghabiskan waktu bersama teman.




Sumber : Bisnis.com






Berita Lainnya :
 
  • Bupati Kasmarni Sambut Baik, Kegiatan Penghijauan dan Penanaman Mangrove Program Unggulan Kasad TNI AD
  • Ruby Mulyawan, Ahli Perminyakan yang Pulang Kampung ke Blok Rokan Jadi Dirut PHR
  • Gubri Edy Natar Purna Tugas, Bupati Kasmarni Ucapkan Terima Kasih atas Pengabdiannya Memimpin Riau
  • Pastikan Keamanan Penghitungan Suara, Subsatgas PAM Obyek Kegiatan, PAM Pleno Rekapitilasi Penghitungan Suara
  • SMSI Minta Presiden Terbitkan Perpu UU Kedaulatan Digital Pengganti UU ITE
  • Syukuran Tajak Sumur Eksplorasi MNK Kelok di Blok Rokan, PHR Bagikan Ratusan Sembako ke Warga
  • Hari Pers Nasional, 2024 Silaturahmi Wartawati Pertama di Indonesia
  • SMSI Riau Kirim Delegasi Ikuti Rakernas dan HPN 2024 di Jakarta
  • SMSI Riau Kirim Delegasi Ikuti Rakernas dan HPN 2024 di Jakarta
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved