Senin, 31/08/20
 
Khamenei Tuding Pihak Ekstrenal Penyebab Aksi Unjuk Rasa di Iran, Sementara Itu Kemenlu Iran Sarankan Presiden Trump Fokus Urus Tunawisma dan Kelaparan di Negaranya Sendiri

M Amin | Internasional
Rabu, 03/01/2018 - 12:21:11 WIB
Khamenei dan Donald Trump
TERKAIT:
   
 
Teheran (RiauEksis.Com) - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei angkat bicara menyusul pergolakan di Iran sejak 28 Desember lalu. Dalam statemen pertamanya ia menuding pihak eksternal yang menyebabkan terjadinya pergolakan di Iran.

"Musuh Iran telah bersekutu dan menggunakan berbagai cara yang mereka miliki, termasuk uang, senjata, politik dan dinas intelijen, untuk menimbulkan keresahan," ujarnya dalam pidato yang dimuat di situs resminya, Rabu (03/01/18).

Aksi unjuk rasa anti-pemerintah terus berlangsung hingga saat ini. Jumlah korban tewas dilaporkan meningkat menjadi setidaknya 20-an orang.

"Martabat, keamanan, dan kemajuan bangsa Iran berutang pada pengorbanan diri para martir. Yang mencegah musuh mengerahkan kekejaman mereka adalah semangat keberanian, pengorbanan, dan kepercayaan di dalam bangsa," tulis Khamenei.

Komentar otoritas puncak Iran itu terjadi beberapa jam sebelum Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa mereka akan mengupayakan perundingan darurat di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengenai demonstrasi di Republik Islam tersebut.

Presiden AS Donald Trump telah mengkritik Teheran di Twitter sejak demonstrasi itu meledak. Dia memuji para demonstran karena bertindak melawan rezim yang dia sebut brutal dan korup. Iran disebut memiliki sedikit makanan, inflasi besar dan tidak memiliki hak asasi manusia.

Kementerian Luar Negeri Iran membalas dengan mengatakan Trump membuang-buang waktu dengan mencicitkan  perkataan yang tidak berguna dan menghina. Dia juga menyarankan agar Trump lebih baik berfokus pada tunawisma dan orang-orang yang kelaparan di negaranya sendiri. (min/rec)




sumber: republika.co.id/aljazirah.







Berita Lainnya :
 
  • Tim Putra Polres Siak Juara di Final Turnamen Voli Kapolda Riau Cup 2024
  • Kejutan-kejutan SF Hariyanto Jelang Pilgub
  • SSDM Polri Raih Penghargaan Pelayanan Prima Versi PEKPPP Nasional
  • Dirlantas Polda Riau Selaku Ketua Pelaksana Event RBR Gelar Talk Show Bersama Kemenparekraf
  • Lantik PWI Inhu, Raja Isyam : Jaga Nama Baik Organisasi dan Laksanakan Tugas Sesuai Aturan
  • SKK Migas Perkuat Kolaborasi dengan Pemprov Riau Untuk Tingkatkan Produksi
  • PHR Raih 3 Sertifikasi ISO Sekaligus, Buktikan Komitmen Lingkungan, Keselamatan dan Mutu
  • SMSI Dorong Pemerintah Tingkatkan Keamanan Data dari Serangan Siber
  • Disdik Riau: Tahun Ajaran Baru SMA/SMK Dimulai 9 Juli
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved