Senin, 31/08/20
 
Potensi Indonesia
Hasil Berbagai Survey, Penduduk Indonesia Peringkat Satu Dalam Penggunaan 3 Bahasa?

Ditma | Internasional
Kamis, 01/12/2016 - 14:34:07 WIB

TERKAIT:
   
 
PEKANBARU, Riaueksis.com - Banyak orang Indonesia yang meragukan, mempertanyakan bahkan meremehkan kehebatan negaranya sendiri. Tanpa kita sadari teryata banyak potensi yang dimiliki oleh indonesia. Ironisnya hampir semua potensi yang dimiliki tersebut ternyata terdapat pada penduduknya.

Penelitian yang dilakukan oleh website SwiftKey telah mengumpulkan informasi tentang bahasa yang digunakan oleh para pengguna mereka. Penelitian tersebut dilakukan untuk merayakan Hari Bahasa Ibu Sedunia.


Dalam penelitian Swiftkey, Indonesia menjadi negara trilingual nomor satu di dunia. Artinya, penduduk Indonesia terbiasa memakai tiga bahasa dalam percakapan sehari-hari. Hasil riset yang ditampilkan dalam infografis menarik itu menunjukkan, 17,4 persen penduduk Indonesia memakai tiga bahasa yaitu Indonesia, Inggris dan Jawa.

Image result for Bahasa Trilingual

Di tempat kedua ada Israel (11,4 persen). Penduduk negara ini biasa memakai bahasa Inggris, Ibrani dan Rusia. Sedangkan Spanyol ada di peringkat ketiga dengan 10,4 persen masyarakatnya menggunakan bahasa Katalan, Inggris dan Spanyol dalam keseharian.

Belanda berada posisi keempat. Riset Swisftkey menunjukkan, 10,1 persen penduduk Belanda berbicara dalam tiga bahasa. Sedangkan di tempat kelima ada Swedia (9,7 persen). Penduduk di Swedia biasa memakai bahasa Inggris, Spanyol dan Swedia.


Di Amerika Serikat, tiga bahasa yang umum dipakai adalah Inggris, Spanyol dan Prancis. Kemudian di Brasil, masyarakatnya menguasai bahasa Inggris, Spanyol dan Portugis. Penduduk Maroko biasa berbicara dalam bahasa Arab, Inggris dan Prancis. Sedangkan penduduk Ukraina mahir berbicara dalam bahasa Inggris, Rusia dan Ukraina.

Keunikan terlihat di Italia dan Jerman. Ada dua kombinasi trilingual di kedua negara. Di Italia, penduduknya terbiasa berkomunikasi dalam bahasa Jerman, Inggris, Prancis atau Jerman, Inggris, Spanyol. Sementara itu, di Italia, kombinasi trilingual yang umum dipakai adalah Inggris, Prancis, Italia serta Inggris, Spanyol dan Italia.

Image result for Bahasa

Metodologi penelitian dalam riset ini adalah dengan menganalisa bahasa yang umum dipakai pada aplikasi keyboard swiftkey sehingga didapati kombinasi tiga bahasa yang paling sering dipakai di negara tersebut. Indonesia menjadi negara tritunggal nomer satu dikarenakan aktifnya bahasa Indonesia menyerap kata asing serapan baru berkenaan dengan transfer teknologi dan budaya.


Orang Indonesia juga dinilai sebagai orang-orang yang mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi sehingga banyak kata baru yang hadir dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI). Sedang untuk kasus beberapa bahasa asing, Indonesia masih menyerapnya dalam bentuk utuh seperti kata printer, modem, internet, dan sebagainya. 

Kesimpulanya, banyak potensi yang dimiliki oleh negara yang kita cintai ini, hanya saja mungkin kitanya saja yang kurang peka dan terlalu melihat tinggi negara yang lain. 

Image result for Bahasa

Penulis : CIB
Sumber : Indonesia Amanah





Berita Lainnya :
 
  • Patroli Sambang , PPK Kecamatan Tuah Karya, Satgas Binmas Galang dan Bina Warga dengan Pesan Himbauan; "Pentingnya Menjaga Nilai Nilai Persatuan dan Kesatuan".
  • Keren! Lewat Inovasi 'Pensl', PHR Hemat Biaya Pemboran Rp 4,5 M Per Sumur
  • Keputusan Konkernas PWI, KTA Mati Bisa Diperpanjang Hingga Anggota Wajib Kompeten
  • Jelang MTQ, Pj Sekda Yusri Tinjau Progres Kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Kampar
  • Pj Bupati bersama Istri Hadiri Pesta Pernikahan Bayu dan Nadia
  • Pj Bupati Hambali Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kemendagri
  • Harlah Muslimah NU, Pj Ketua PKK Resmi Buka Festival Hadroh se Riau
  • Asisten III Wakili Pj Bupati Kampar Hadiri Isra Miraj di Pandopo Bangkinang
  • Pemkab Kampar Tandatangani Nota Kesepakatan dan Perjanjian dengan STTD di Jakarta
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved