Senin, 31/08/20
 
Pasca Tsunami, Tonga Saat Ini Belum Terjangkau Sinyal Ponsel dan Internet

| Internasional
Senin, 17/01/2022 - 10:49:12 WIB
Gunung api di bawah laut Tonga meletus. (Internet)
TERKAIT:
   
 
SELANDIA BARU, Riau Eksis.com- Baru-baru ini, sebagian besar wilayah Tonga, negara kepulauan berpenduduk sekitar 105 ribu jiwa, Sabtu (15/01/22), sudah dihantam tsunami diakibatkan letusan gunung api di bawah laut. Hingga saat ini, masih belum terjangkau ponsel dan internet 

Diketahui, gunung api itu meletus pada Sabtu lalu, yang menimbulkan tsunami 1,2 meter di Tonga itu memicu perintah evakuasi bagi warga di pesisir dan juga pada berbagai pulau di selatan Samudra Pasifik. Efek bencana mengakibatkanya listrik serta jaringan telepon dan bahkan internet ini terputus sekitar pukul 06.40 waktu setempat.

Kondisi membuat sebagian besar warga tidak terjangkau jaringan tersebut, pada  kepanikan. Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, menjelaskan, sejauh ini belum ada pernyataan resmi jumlah kematian di Tonga. Selandia baru adalah salah satu negara tetangga terdekat Tonga.

"Nuku'alofa [ibukota Tonga] tertutup gumpalan tebal debu vulkanik tetapi sebaliknya kondisi tenang dan stabil," kata Ardern, diberitakan Reuters. Kata dia, ada bagian Tonga yang belum bisa menjalin komunikasi.

Dilansir cnnindonesia. Berdasarkan pencitraan satelit, erupsi gunung api menyemburkan gumpalan asap ke udara sekitar 12 mil (19 km) di atas permukaan laut. Langit Tonga menghitam karena abu yang menyebar.

Ardern menyampaikan listrik telah pulih di sebagian wilayah Tonga dan koneksi ponsel telah perlahan membaik. Dia juga menyampaikan besar kerusakan sampai sekarang belum dilaporkan, namun komisi di Nuku'alofa disebut mengatakan tsunami telah memberi dampak signifikan.

Australia telah menyatakan bakal mengirimkan pesawat P8 ke Tonga pada Minggu untuk mengamati kerusakan pada infrastruktur utama seperti pelabuhan, jalan, dan listrik. Hal ini akan menentukan respons bantuan ke Tonga. (Der)





Berita Lainnya :
 
  • Pengurus IKA Prodi Administrasi Negara/Publik Periode 2023-2027 Resmi Dilantik
  • Hari Keempat MTQ Tingkat Kabupaten Kampar, Dua Belas Cabang Lomba MTQ ke-53 Kampar
  • Hari Keempat Cabang Syarhil Qur'an Masuki Babak Final pada MTQ ke-53 Kabupaten Kampar
  • PJ Bupati Kampar Ajak Stakeholder Untuk Fokus Kendalikan Inflasi
  • Hari HKG ke-52, Seluruh Kader TP PKK Kabupaten Kampar Tanam 200 Bibit Cabai
  • Gebyar AKS Provinsi Riau, PJ Sekda Kampar Sambut Langsung Kepala BKKBN Pusat di Bandara SSK II
  • PJ Bupati Kampar Pimpin Apel Peringatan HUT Damkar ke-105
  • Sepuluh Cabang Lomba MTQ ke-53 Kabupaten Kampar pada Hari Ketiga
  • Ketua TPPS Kabupaten Kampar Tinjau Seluruh Persiapan Gebyar AKS se-Provinsi Riau
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved