Senin, 31/08/20
 
Begini cara orang Arab Saudi merayakan Idul Fitri

Martalena | Internasional
Minggu, 24/05/2020 - 22:50:58 WIB
Tahun ini, situasi perayaan Lebaran di Arab Saudi sangat berbeda (Foto: ilustrasi suasana Arab Saudi)

TERKAIT:
   
 

JAKARTA,Riaueksis.com - Pemerintah Arab Saudi menerapkan lockdown atau jam malam 24 jam penuh selama lima hari pada libur Lebaran 23-27 Mei 2020. Aturan ini diterapkan untuk mencegah terjadinya keramaian di tengah pandemi Covid-19.

Malam sebelum lebaran, berbagai pusat perbelanjaan di Arab Saudi biasanya dipenuhi dengan para pengunjung yang ingin berbelanja baju hingga sepatu baru. Toko-toko cokelat sampai salon juga biasanya dipadati oleh pelanggan.

Namun tahun ini, situasi perayaan Lebaran di Arab Saudi sangat berbeda. Jalanan terlihat lengang dan berbagai toko yang biasanya dipadati pengunjung tampak tutup. Shalat Idul Fitri berjamaah juga tidak diselenggarakan di Arab Saudi tahun ini. Imam besar Saudi memperbolehkan para Muslim untuk menjalankan ibadah shalat Idul Fitri di rumah masing-masing.

Perbedaan suasana ini juga dirasakan oleh salah satu warga, Jana Bashraheel. Bashraheel mengatakan 1 Syawal biasanya diawali dengan menggunakan baju yang bersih, menyantap camilan lalu pergi ke masjid terdekat bersama keluarga untuk menjalankan shalat Idul Fitri dan bersilaturahmi dengan teman-teman dan keluarga besar.

"Saya akan merindukan makan pagi bersama teman dan keluarga di hari pertama Lebaran," ungkap Bashraheel seperti dilansir Arab News, Ahad (24/5).

Meski tak bisa berkumpul, warga Arab Saudi tetap berupaya membuat Lebaran tahun ini berkesan. Banyak keluarga yang melakukan kegiatan-kegiatan unik dan tak biasa di rumah selama Lebaran, seperti memasang dekorasi Lebaran di rumah, melakukan beragam permainan dan bahkan membuat pinata untuk dimainkan bersama keluarga.

Bagi sebagian warga, keterbatasan ini justru memberikan pengalaman Lebaran yang baru. Adanya keterbatasan selama lockdown juga membuat banyak warga menjadi lebih menghargai dan memaknai perayaan Lebaran.

"Dengan situasi krisis yang muram saat ini, kami tak ingin membuatnya menjadi lebih muram," tambah warga dari Jeddah Amal Al Thobaiti.

Untuk mengisi libur Lebaran di tengah Lockdown, Al Thobaiti membuat dekorasi Lebaran bersama-sama dengan keluarga. Dia juga membuat menu makanan khas Lebaran bersama-sama keluarga di rumah. Selain itu, Al Thobaiti juga membelikan hadiah Lebaran untuk keluarga dan diri sendiri secara daring. Dia juga mempersiapkan beragam permainan hingga film sebagai hiburan selama Lebaran.

"Ini terasa seperti Lebaran pertama," terang Al Thobaiti.**

Sumber Republika






Berita Lainnya :
 
  • Jelang Ramadhan Polda Riau Gelar Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan
  • Syukuran Sambut Ramadhan Di Rumah Pribadi, Bupati Kasmarni Ajak Masyarakat Saling Memaafkan
  • Peraih Beasiswa PHR Regitha Nur Azizah Sabet Juara Nasional Pidato Bahasa Inggris
  • Patroli Sambang , PPK Kecamatan Tuah Karya, Satgas Binmas Galang dan Bina Warga dengan Pesan Himbauan; "Pentingnya Menjaga Nilai Nilai Persatuan dan Kesatuan".
  • Keren! Lewat Inovasi 'Pensl', PHR Hemat Biaya Pemboran Rp 4,5 M Per Sumur
  • Keputusan Konkernas PWI, KTA Mati Bisa Diperpanjang Hingga Anggota Wajib Kompeten
  • Jelang MTQ, Pj Sekda Yusri Tinjau Progres Kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Kampar
  • Pj Bupati bersama Istri Hadiri Pesta Pernikahan Bayu dan Nadia
  • Pj Bupati Hambali Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kemendagri
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved