Senin, 31/08/20
 
Bupati Kasmarni Sambut Baik dan Apresiasi, Dialog Tokoh Pemuda Lintas Agama Provinsi Riau

Derry | Bengkalis Kab
Kamis, 06/07/2023 - 18:08:24 WIB
TERKAIT:
   
 
BENGKALIS,Riaueksis.com - Bupati Bengkalis Kasmarni menyambut baik dan apresiasi atas terselenggaranya dialog tokoh pemuda lintas agama Provinsi Riau, yang di gelar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Riau.

Demikian hal itu disampaikan saat membuka dialog tokoh pemuda lintas agama Provinsi Riau yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan H. Bustami HY, Rabu 5 Juli 2023, bertempat di gedung Daerah Bengkalis.


Pembukaan itu, ditandai dengan pemukulan gong oleh Staf Ahli Bupati Bengkalis H. Bustami HY, kemudian dilanjutkan penyerahan cinderamata.

Dialog ini mengangkat tema "Peran Pemuda Lintas Agama Dalam Menjaga Keharmonisan Umat Beragama Menyongsong Pemilu/Pilkada 2024 di Provinsi Riau".

Pada kesempatan itu H. Bustami HY mengatakan melalui dialog ini, dapat memperkuat hubungan silaturahmi, hendaknya juga dapat dijadikan sebagai media untuk membangun komunikasi dan koordinasi antar sesama umat beragama, dalam upaya meningkatkan pemahaman, agar kerukunan umat beragama di daerah ini dapat terus terjaga dan terpelihara dengan baik.


"Kabupaten Bengkalis adalah daerah besar, memiliki beragam suku, ras, agama, tradisi, adat istiadat, budaya dan bahasa. Alhamdulillah, selama ini potensi kemajemukan tersebut, telah dapat kita jaga dan kita rawat, dengan hidup saling berdampingan, rukun dan damai tanpa adanya gejolak, gesekan serta benturan. Harapan kami, potensi tersebut perlu kita pertahankan bahkan kita tingkatkan. Dengan menanamkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan, persaudaraan, hubungan kebangsaan, serta persaudaraan atas dasar kemanusiaan, yang berlandaskan pancasila dan uud 1945.

Kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya kepada tokoh pemuda-pemudi lintas agama, Bustami berpesan harus tetap selalu waspada, saat ini melalui perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, berbagai isu, informasi, maupun penyebaran faham-faham radikal serta fitnah, dengan mudah didapat dan sampai ke masyarakat, baik itu mengenai penodaan agama, termasuk kontestasi politik yang selalu dihubungkan dengan agama, yang justru dapat membuat tingginya semangat toleransi di daerah ini menjadi terdegradasi.

"Kerukunan umat beragama oleh pemuda-pemudi lintas agama harus kita perkuat secara berkelanjutan, karena bapak/ibu merupakan modal yang berharga bagi bangsa dan daerah ini dalam mewujudkan kerukunan umat beragama. Mari kita bergandeng tangan, saling membahu dan saling mengingatkan dalam memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat. Jika muncul isu-isu negatif terkait sara, segera lakukan klarifikasi, agar isu dan informasi tersebut tidak merusak harmonisnya tatanan kehidupan umat beragama di daerah ini", ujarnya.

Tampak hadir Komisi I DPRD Provinsi Riau, Kepala Kesbangpol Provinsi Riau, Ketua FKUB Provinsi Riau, Kepala Kemenag Bengkalis, Ketua FKUB Bengkalis, Ketua DPH LAM-R Bengkalis,
serta para Forkopimda dan para tamu undangan lainnya.(inf)




Berita Lainnya :
 
  • Pengurus IKA Prodi Administrasi Negara/Publik Periode 2023-2027 Resmi Dilantik
  • Hari Keempat MTQ Tingkat Kabupaten Kampar, Dua Belas Cabang Lomba MTQ ke-53 Kampar
  • Hari Keempat Cabang Syarhil Qur'an Masuki Babak Final pada MTQ ke-53 Kabupaten Kampar
  • PJ Bupati Kampar Ajak Stakeholder Untuk Fokus Kendalikan Inflasi
  • Hari HKG ke-52, Seluruh Kader TP PKK Kabupaten Kampar Tanam 200 Bibit Cabai
  • Gebyar AKS Provinsi Riau, PJ Sekda Kampar Sambut Langsung Kepala BKKBN Pusat di Bandara SSK II
  • PJ Bupati Kampar Pimpin Apel Peringatan HUT Damkar ke-105
  • Sepuluh Cabang Lomba MTQ ke-53 Kabupaten Kampar pada Hari Ketiga
  • Ketua TPPS Kabupaten Kampar Tinjau Seluruh Persiapan Gebyar AKS se-Provinsi Riau
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved