Senin, 31/08/20
 
Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo Ditahan Kasus Penistaan Agama

Derry | Hukum
Jumat, 05/08/2022 - 21:58:47 WIB
Foto : internet
TERKAIT:
   
 
JAKARTA,Riaueksis.com - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo malam ini ditahan di Polda Metro Jaya atas kasus penistaan agama yang diunggah di media sosial.

Pengumuman penahanan disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan dalam konferensi pers Jumat (5/8/2022) malam ini.

Zulpan menjelaskan, Roy Suryo ditahan untuk 20 hari ke depan. Sebelum ditahan Roy Suryo menjalani pemeriksaan sejak siang tadi.

"Sebelum diperiksa penyidik, tersangka terlebih dulu diperiksa tim dokkes yang kesimpulannya sehat jasmani dan rohani. Atas dasar itulah, penyidik berkeyakinan dapat menahannya. Mengapa pada pemeriksaan sebelumnya tidak ditahan, karena tersangka dalam kondisi sakit," katanya.

Dia menyebutkan, unggahan Roy Suryo menjadi masalah hukum setelah dilaporkan seseorang bernama Kurniawan Santoso. Kemudian kasus ini ditangani Subditsiber Dirkrimsus Polda Metro Jaya.

Dari rangkaian penyeledikan, penyidik kemudian menaikkan statusnya sebagai penyidikan. Ada 13 saksi yang diperiksa yakni saksi ahli bahasa, ahli agama, bidang media sosial, sosiologi hukum, ahli pidana dan saksi terkait ITE.

"Lalu sebagaimana kita ketahui penyidik kemudian menjadikannya sebagai tersangka, namun tidak ditahan. Malam ini setelah memeriksa yang bersangkutan dengan pertimbangan kekhawatiran menghilangkan barang bukti dan sebagainya," ujarnya.

Roy Suryo disangkakan beberapa peraturan salah satunya UU ITE pasal 28 ayat 2 jo pasal 45 ayat 2 dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara atau denda maksimal Rp1 miliar.

"Barang bukti yang disita adalah akun Twitter tempat tersangka mengunggah materi persoalan pidana. Kemudian handphone tersangka serta handphone saksi atas nama Ade Suhendrawan yang mengetahui adanya unggahan itu," kata Zulpan.(***)






Berita Lainnya :
 
  • Pengurus IKA Prodi Administrasi Negara/Publik Periode 2023-2027 Resmi Dilantik
  • Hari Keempat MTQ Tingkat Kabupaten Kampar, Dua Belas Cabang Lomba MTQ ke-53 Kampar
  • Hari Keempat Cabang Syarhil Qur'an Masuki Babak Final pada MTQ ke-53 Kabupaten Kampar
  • PJ Bupati Kampar Ajak Stakeholder Untuk Fokus Kendalikan Inflasi
  • Hari HKG ke-52, Seluruh Kader TP PKK Kabupaten Kampar Tanam 200 Bibit Cabai
  • Gebyar AKS Provinsi Riau, PJ Sekda Kampar Sambut Langsung Kepala BKKBN Pusat di Bandara SSK II
  • PJ Bupati Kampar Pimpin Apel Peringatan HUT Damkar ke-105
  • Sepuluh Cabang Lomba MTQ ke-53 Kabupaten Kampar pada Hari Ketiga
  • Ketua TPPS Kabupaten Kampar Tinjau Seluruh Persiapan Gebyar AKS se-Provinsi Riau
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved