Senin, 31/08/20
 
Berani Lapor Polisi, Ade Hartati Support Korban Dugaan Pelecehan Seksual di Unri

| Hukum
Sabtu, 06/11/2021 - 13:21:12 WIB
Ade Hartati Rahmat
TERKAIT:
   
 
PEKANBARU, Riau eksis.com- Mencuat dan santer berita mahasiswa Hubungan Internasional (HI) Unri, korban dugaan pelecehan seksual oleh oknum dosen. Dan melakukan pelaporan kepada polisi. Hal itu mendapat support dari anggota DPRD Riau Ade Hartati.

Diketahui, Ade Hartati selama ini dikenal sebagai legislator yang fokus hal isu isu perempuan dan anak. Mendengar berita pelecehan seksual dialami mahasiswa HI Unri ini dengan beraninya mengambil sikap serta melaporkan kasus tersebut ke kepolisian. Ade Hartati inipun memuji langkah yang berani tersebut.

"Tidak banyak korban yang berani speak up. Pembuktian sulit, undang - undang kita belum responsif terhadap korban pelecehan seksual itu. Harus ada saksi, alat bukti, itu berat untuk korban, karena pelecehan seksual tidak ada dilakukan secara terbuka, pasti sembunyi dan tak ada saksi. Namun, kita harus support korban yang berani," kata Ade Hartati.

Politisi PAN ini mengingatkan, supaya  tidak lagi terjadi hal dugaan pelecehan seksual. Maka dia pun meminta aparat penegak hukum harus satu persepsi terlebih dahulu, bahwa pelapor adalah korban. Artinya, jangan sampai korban, malah kena pencemaran nama baik, dan macam-macam. Ini harus satu persepsi, dia adalah korban.

Selanjutnya, Ade Hartati mengatakan, pihak kampus harus segera melakukan tindakan, agar tidak berlarut persoalan tersebut dan malah akan menyudutkan korban. "Pelecehan seksual ini adalah extraordinary crime, bisa mehancurkan masa depan si mahasiswa. Apalagi ada relasi kuasa, yang dimanfaatkan untuk hal- hal diintimidasi kepada mahasiswa,"  katanya.

Diberitakan sebelumnya, ada seorang mahasiswi Unri dari jurusan HI FISIP, yang diduga sebagai korban pelecehan seksual ini datangi Mapolresta, Jumat (5/11/2021). Korban tampak didamping beberapa orang rekan untuk membuat laporannya secara resmi di Mapolresta Pekanbaru yang berada di Jalan Ahmad Yani itu. (Nisa)






Berita Lainnya :
 
  • Syukuran Sambut Ramadhan Di Rumah Pribadi, Bupati Kasmarni Ajak Masyarakat Saling Memaafkan
  • Peraih Beasiswa PHR Regitha Nur Azizah Sabet Juara Nasional Pidato Bahasa Inggris
  • Patroli Sambang , PPK Kecamatan Tuah Karya, Satgas Binmas Galang dan Bina Warga dengan Pesan Himbauan; "Pentingnya Menjaga Nilai Nilai Persatuan dan Kesatuan".
  • Keren! Lewat Inovasi 'Pensl', PHR Hemat Biaya Pemboran Rp 4,5 M Per Sumur
  • Keputusan Konkernas PWI, KTA Mati Bisa Diperpanjang Hingga Anggota Wajib Kompeten
  • Jelang MTQ, Pj Sekda Yusri Tinjau Progres Kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Kampar
  • Pj Bupati bersama Istri Hadiri Pesta Pernikahan Bayu dan Nadia
  • Pj Bupati Hambali Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kemendagri
  • Harlah Muslimah NU, Pj Ketua PKK Resmi Buka Festival Hadroh se Riau
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved