Senin, 31/08/20
 
Andi Rachman: Jalan Usaha Tani Inhil Selatan Akan Diaspal

Ditma | Politik
Selasa, 10/04/2018 - 16:31:24 WIB

TERKAIT:
   
 
RETEH, Riaueksis.com - Calon Gubernur Riau Riau nomor 4 Arsyadjuliandi Rachman berjanji akan meningkatkan kualitas jalan usaha tani sepanjang 32 kilometer di Kabupaten Indragiri Hilir bagian Selatan. Hal tersebut disampaikan Andi Rachman saat kampanye dialogis dengan warga Desa Sanglar, Kecamatan Reteh, Kabupaten Inhil, Senin (9/4/2018).
 
Jalan tani yang dimaksud yakni ruas Kota Baru di Kecamatan Keritang hingga Sanglar dan Pulau Kijang di Kecamatan Reteh. Panjang ruas ini 32 kilometer. Di kanan 
Loading...
dan kiri ruas ini, terhampar ribuan hektare sawah yang menghijau.
 
Andi Rachman dan Bupati Inhil yang lagi cuti kampanye HM Wardan meninjau jalan usaha tani tersebut. Ruas ini sudah selesai dalam tahap penimbunan dasar (base) menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN 2016.
 
"Selanjutnya, nanti kita usahakan dapat DAK lagi untuk peningkatan kualitas jalan usaha tani. Ini penting dalam upaya swasembada," ujarnya.
 
Tentang peningkatan kualitas, tambahnya, tergantung kondisi dasar jalan. Makanya, nanti tergantung konturnya dasarnya, bisa rigid atau aspal, pembangunan jalan itu nantinya.
 
Potensi jalan usaha tani ini luar biasa. Dua kecamatan ini merupakan bagian dari lumbung padi di Provinsi Riau. "Selain itu, ada juga potensi kelapa kopra dan pinang," ujarnya.
 
Sementara Wardan mengatakan, luas tanaman padi di Inhil 25.338 hektare yang tersebar di Kempas, Keritang dan Reteh. Produksinya, 101.220 ton gabah kering giling. Produktivitas 39,95 kuintal per hektare.
 
"Kami sangat berterima kasih sekali jika pak Andi mau ikut memperjuangkan peningkatan kualitas jalan ini. Yang begini ini yang harus dilestarikan, hubungan harmonis antarat bupati dan gubernur," tukasnya. (rls)





Berita Lainnya :
 
  • Syukuran Sambut Ramadhan Di Rumah Pribadi, Bupati Kasmarni Ajak Masyarakat Saling Memaafkan
  • Peraih Beasiswa PHR Regitha Nur Azizah Sabet Juara Nasional Pidato Bahasa Inggris
  • Patroli Sambang , PPK Kecamatan Tuah Karya, Satgas Binmas Galang dan Bina Warga dengan Pesan Himbauan; "Pentingnya Menjaga Nilai Nilai Persatuan dan Kesatuan".
  • Keren! Lewat Inovasi 'Pensl', PHR Hemat Biaya Pemboran Rp 4,5 M Per Sumur
  • Keputusan Konkernas PWI, KTA Mati Bisa Diperpanjang Hingga Anggota Wajib Kompeten
  • Jelang MTQ, Pj Sekda Yusri Tinjau Progres Kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Kampar
  • Pj Bupati bersama Istri Hadiri Pesta Pernikahan Bayu dan Nadia
  • Pj Bupati Hambali Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kemendagri
  • Harlah Muslimah NU, Pj Ketua PKK Resmi Buka Festival Hadroh se Riau
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved