Senin, 31/08/20
 
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Ungkapkan Keprihatinannya Atas Penyusunan UU Yang Dilakukan Baru-baru Ini

M Amin | Politik
Minggu, 28/01/2018 - 17:08:49 WIB
Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan sambutan saat acara verfikasi faktual Partai Demokrat.
TERKAIT:
   
 
Jakarta (RiauEksis.Com) - Peraturan perundangan harus bersifat universal dan memberi kemudahan. Dan negara tidak boleh menghalangi warganya dalam mempergunakan hak politiknya.

Demikian ditegaskan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dalam sambutannya pada saat pelaksanaan verifikasi di DPP Partai Demokrat, Minggu (28/1/18).

SBY sendiri menyatakan keprihatinannya atas penyusunan undang-undang (UU) baru-baru ini. "Saya sampaikan pandangan saya selaku pemimpin parpol yang sangat mencintai demokrasi dan seorang yang juga punya pengalaman panjang dalam Pemilu," kata SBY.

"Saya menyimak dan mengikuti apa yang dilakukan penyelenggara negara, baik dalam menyusun UU dan aturan pendukungnya, ada perdebatan pembahasan di parlemen, di kalangan pemerintah, maupun penyelenggara Pemilu serta masyatakat lewat forum talkshow misalnya," ujar SBY.

Dia berpendapat, aturan perundangan adalah hal yang penting. "Tapi ingatlah, tujuannya adalah untuk kemudahan kepada rakyat untuk memilih, kepada yang punya hak untuk dipilih. Ukuran pembuatan UU dan aturan yang lainnya adalah universal, sifatnya benar-benar memberikan fasilitas, kemudahan dan sebagainya," lanjutnya.

Mantan Presiden RI tersebut juga mengingatkan agar UU tidak menghalangi hak masyarakat berdemokrasi. Jika prinsip tersebut tidak dipegang dengan baik, SBY khawatir akan ada salah arah dalam penyusunan UU.

"Kalau tidak memegang hal itu bisa salah arah dan UU yang kita susun pun bisa keliru. Saya percaya pak Presiden Jokowi bisa mengemban tugas ini dengan baik dan meninggalkan kita warisan penyelenggaraan demokrasi yang baik. Dengan dukungan penyelenggara dan peserta, Pemilu mendatang bisa lebih baik lagi," pungkasnya. (min/rec)



sumber: republika.co.id






Berita Lainnya :
 
  • Bupati Kasmarni Sambut Baik, Kegiatan Penghijauan dan Penanaman Mangrove Program Unggulan Kasad TNI AD
  • Ruby Mulyawan, Ahli Perminyakan yang Pulang Kampung ke Blok Rokan Jadi Dirut PHR
  • Gubri Edy Natar Purna Tugas, Bupati Kasmarni Ucapkan Terima Kasih atas Pengabdiannya Memimpin Riau
  • Pastikan Keamanan Penghitungan Suara, Subsatgas PAM Obyek Kegiatan, PAM Pleno Rekapitilasi Penghitungan Suara
  • SMSI Minta Presiden Terbitkan Perpu UU Kedaulatan Digital Pengganti UU ITE
  • Syukuran Tajak Sumur Eksplorasi MNK Kelok di Blok Rokan, PHR Bagikan Ratusan Sembako ke Warga
  • Hari Pers Nasional, 2024 Silaturahmi Wartawati Pertama di Indonesia
  • SMSI Riau Kirim Delegasi Ikuti Rakernas dan HPN 2024 di Jakarta
  • SMSI Riau Kirim Delegasi Ikuti Rakernas dan HPN 2024 di Jakarta
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved