Senin, 31/08/20
 
LSI Yakin Elektabilitas Partai Hanura Terpuruk Jauh Akibat Konflik Internal

M Amin | Politik
Rabu, 24/01/2018 - 22:00:24 WIB
ilustrasi
TERKAIT:
   
 
Jakarta (RiauEksis.Com) - Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Rully Akbar mengatakan elektabilitas Partai Hanura terpuruk jauh dengan perolehan suara sebesar 0,7 persen. Hal tersebut diyakini karena konflik internal yang sedang terjadi di Partai Hanura.

Perolehan suara 0,7 persen tersebut didasarkan atas survei yang dilakukan LSI Denny JA pada 7 hingga 14 Januari 2018, terhadap 1.200 responden, dengan menggunakan metode multi stage random sampling. Survei sendiri dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka dengan responden yang dilakukan serentak di 35 provinsi di Indonesia, dengan margin of error sebesar 2,9 persen.

Rully mengatakan, berdasarkan hasil survei tersebut, Hanura terancam tidak lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold. Karena perolehan suaranya di bawah empat persen. Sedangkan parliamentary threshold di Pileg dan Pilpres 2019 mendatang ditetapkan harus memperoleh empat persen suara.

"Jika situasi Hanura tidak membaik, maka Hanura berpotensi terlempar dari parlemen dan menjadi partai gurem (dibawah 2 persen)," kata Rully di Gedung Graha Dua Rajawali, Jakarta, Rabu (24/1/18).

Jika ingin lolos ambang batas parlemen, Rully mengatakan, Hanura harus menciptakan isu yang fresh dan menarik. Selain itu juga dengan mengedepankan figur yang terasosiasikan dengan partai sehingga tidak terlempar dari parlemen.

Berdasarkan hasil survei LSI tersebut, empat partai lainnya juga memperoleh suara yang rendah, dan terancam tidak lolos ambang batas parlemen. Di antaranya, Nasdem berada di angka 4,2 persen, PPP sebesar 3,5 persen, PKS sebesar 3,8 persen, dan PAN di angka 2,0 persen.

Rully mengatakan, walaupun perolehan suara Nasdem sebesar empat persen, angka tersebut belum bisa dibilang aman. Sebab, katanya, dari survei yang dilakukan terdapat margin of error sebesar 2,9 persen.

"Karena bisa jadi ada kemungkinan suaranya (Nasdem) turun ke bawah sebesar 2,9 persen," tambah Rully. (min/rec)




sumber: republika.co.id







Berita Lainnya :
 
  • Jelang Ramadhan Polda Riau Gelar Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan
  • Syukuran Sambut Ramadhan Di Rumah Pribadi, Bupati Kasmarni Ajak Masyarakat Saling Memaafkan
  • Peraih Beasiswa PHR Regitha Nur Azizah Sabet Juara Nasional Pidato Bahasa Inggris
  • Patroli Sambang , PPK Kecamatan Tuah Karya, Satgas Binmas Galang dan Bina Warga dengan Pesan Himbauan; "Pentingnya Menjaga Nilai Nilai Persatuan dan Kesatuan".
  • Keren! Lewat Inovasi 'Pensl', PHR Hemat Biaya Pemboran Rp 4,5 M Per Sumur
  • Keputusan Konkernas PWI, KTA Mati Bisa Diperpanjang Hingga Anggota Wajib Kompeten
  • Jelang MTQ, Pj Sekda Yusri Tinjau Progres Kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Kampar
  • Pj Bupati bersama Istri Hadiri Pesta Pernikahan Bayu dan Nadia
  • Pj Bupati Hambali Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kemendagri
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved