Senin, 31/08/20
 
Ada Empat Nama Nyatakan Siap Maju Menjadi Calon Ketua Umum Partai Golkar, Satu Di Antaranya Putri Mantan Presiden RI

M Amin | Politik
Sabtu, 02/12/2017 - 14:48:16 WIB
Partai Golkar
TERKAIT:
   
 
Jakarta (Riauksis.Com) - Pada hari ini, ada terdengar empat nama yang menyatakan siap maju menjadi calon Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar. Satu di antaranya adalah putri mantan Presiden Republik Indonesia (RI).

Hal itu diungkapkan Ketua DPD Partai Golkar Nusa Tenggaran Timur, Melki Laka Lena. Katanya, pada hari ini ia mendengar konfirmasi ada empat nama yang menyatakan siap maju jadi calon Ketum Partai Golkar.

Beberapa nama itu antara lain Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto; Plt Ketua Umum Partai Golkar, Idrus Marham; Putri mantan presiden Soeharto, Titiek Soeharto; dan Ketua Badan Anggaran DPR RI, Aziz Syamsuddin.

"Pak Aziz punya peluang, ibu Titek, Pak Idrus, dan Pak Airlangga punya peluang. Mereka semua adalah orang-orang pemerintahan semua," katanya.

Melki menjelaskan siapaun yang akan menjadi ketua umum, ia menegaskan bahwa Partai Golkar tetap akan mendukung Presiden Jokowi baik hingga 2019 maupun sampai di pilpres 2019 mendatang. Sebab, menurutnya, keputusan tersebut sudah mengikat.

Salah satu syarat seseorang terpilih menjadi ketua umum adalah memperoleh raihan suara dari pemilk suara mencapai 30 persen.

"Jadi kalau mendapatkan 30 persen suara cuma satu orang berarti bisa otomatis disebut aklamasi, tapi kalau yang maju beberapa orang dan mendapat 30 persen total dukungan suara, itu berarti ada pemilihan," jelasnya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai Airlangga Hartarto merupakan sosok yang tepat untuk memimpin Partai Golkar. Sebab, Airlangga telah memenuhi syarat yakni pernah menjadi pengurus Golkar selama minimal lima tahun, dan tidak pernah tersangkut masalah hukum.

Sejumlah nama muncul sebagai kandidat calon ketua umum Partai Golkar, di antaranya Ade Komaruddin, Aziz Syamsuddin, Idrus Marham, dan Airlangga Hartarto. Jusuf Kalla menegaskan, sosok yang memimpin partai berlambang pohon beringin tersebut harus orang yang dapat diterima oleh semua pihak dan tidak memiliki masalah hukum.

Presiden Jokowi juga sudah bertemu dengan Airlangga dan memberikan restu pembantunya di kabinet itu untuk maju menjadi calon ketua umum Golkar. (min/rec)




sumber: republika.co.id







Berita Lainnya :
 
  • Pengurus IKA Prodi Administrasi Negara/Publik Periode 2023-2027 Resmi Dilantik
  • Hari Keempat MTQ Tingkat Kabupaten Kampar, Dua Belas Cabang Lomba MTQ ke-53 Kampar
  • Hari Keempat Cabang Syarhil Qur'an Masuki Babak Final pada MTQ ke-53 Kabupaten Kampar
  • PJ Bupati Kampar Ajak Stakeholder Untuk Fokus Kendalikan Inflasi
  • Hari HKG ke-52, Seluruh Kader TP PKK Kabupaten Kampar Tanam 200 Bibit Cabai
  • Gebyar AKS Provinsi Riau, PJ Sekda Kampar Sambut Langsung Kepala BKKBN Pusat di Bandara SSK II
  • PJ Bupati Kampar Pimpin Apel Peringatan HUT Damkar ke-105
  • Sepuluh Cabang Lomba MTQ ke-53 Kabupaten Kampar pada Hari Ketiga
  • Ketua TPPS Kabupaten Kampar Tinjau Seluruh Persiapan Gebyar AKS se-Provinsi Riau
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved