Senin, 31/08/20
 
SMEXPO 2023, PHR dan Kadin Riau Dorong UMKM Gali Potensi Ekonomi Digital

Derry | Riau
Jumat, 17/11/2023 - 07:24:05 WIB
Ketua Kadin Riau Masuri dan Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto menjadi narasumber dalam dialog UMKM di Acara SMEXPO 2023, di Pekanbaru, Rabu (15/11/2023)._
TERKAIT:
   
 
PEKANBARU,Riaueksis.com, 16 November 2023* – PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) bersama Kamar Dagang Industri (Kadin) Riau mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menggali potensi ekonomi lewat media digital. Kemajuan teknologi digital dinilai efektif bagi pelaku UMKM untuk memperluas pasar secara global.  

“Lewat digital, kita mudah untuk mendapatkan informasi dan pangsa pasar,” kata Ketua Kadin Riau Masuri, dalam sesi dialog UMKM pada Kegiatan Pertamina SMEXPO 2023 di Pekanbaru, Rabu (15/11/2023).  

Menurut Masuri, ekonomi digital terus maju dan berkembang sejak pandemi Covid-19 melanda dunia. Kebijakan pembatasan sosial ketika itu memaksa pelaku usaha semakin kreatif memanfaatkan media digital. 

“Pandemi Covid-19 ketika itu tidak serta merta dianggap musibah, karena pandemi kita lebih tahu bagaimana menggali potensi lewat ekonomi digital. Tanpa digital, kita tidak tahu bagaimana melangkah lebih jauh,” kata Masuri.  

Lewat media digital kata Masuri, memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada pelaku UMKM lokal menuju pasar global. Lewat media digital juga mendorong bangkitnya ekonomi masyarakat menuju Indoensia emas tahun 2045. “Alhamdulillah, UMKM di Riau hari ini cukup baik dan semakin baik,” ucapnya. 

Namun demikian, perubahan pemasaran dari cara-cara konvensional ke digital harus disikapi dengan kreatif dan inovatif. UMKM terlebih dulu harus memperbaiki kualitas produk yang akan dipasarkan, mulai dari mutu produk hingga kemasan (packaging) harus disiapkan dengan baik.  

“Yang dilihat konsumen tentang sebuah produk yang pertama adalah tampilan menarik. Tidak cuma kuantitas tapi juga kualitas produk perlu diperhatikan. Begitu juga tentang packaging hingga labelling, ini sangat penting disiapkan dalam ekonomi digital,” jelas Masuri.  

Selain itu Masuri menambahkan, yang perlu dimiliki oleh seorang pengusaha adalah sikap jujur dan pantang menyerah. “Pebisnis harus jujur. Jujur dalam membuat produk, jujur dalam kualitas, jujur dalam harga. Kalau semuanya sudah baik, yakinlah kita akan kuasai konsumen,” pungkasnya.  

Sementara itu, Corporate Secretary PHR Rudi Ariffianto mengatakan, PHR terus berupaya mendukung perekonomian masyarakat dari sektor usaha kecil menengah. Tidak hanya menjadi tulang punggung energi nasional, PHR memiliki misi sebagai motor penggerak ekonomi nasional.  

Selain operasional bisnis di bidang energi, PHR juga memiliki program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL). “Dari sinilah lahir salah satu pilarnya yakni pengembangan ekonomi lemah supaya bisa naik kelas yakni UMKM,” kata Rudi.  

PHR kata Rudi memiliki empat pilar dalam program TJSL yakni bidang pendidikan, sosial, lingkungan dan yang tak kalah penting adalah ekonomi. “Ekonomi bisa mengatasi masalah lainnya. Apabila ekonomi baik, maka energi untuk bekerja menjadi bagus, menghasilkan nafkah yang baik untuk keluarga sehingga ujungnya melahirkan generasi yang siap bersaing,” jelas Rudi.  

Untuk itu lanjut Rudi, PHR juga fokus mengembangkan ekonomi masyarakat lewat sektor UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional. “SMEXPO ini sekaligus menjadi wadah bagi Pertamina Grup untuk melihat UMKM yang layak untuk naik kelas,” ucap Rudi.  

Pertamina Grup memiliki program pembinaan UMKM yang sangat komprehensif mulai dari pengenalan hingga menjadi UMKM yang Go Global. Untuk di Riau, Pertamina membina 2.860 UMKM melalui berbagai kegiatan pelatihan, pameran, promosi dan pendampingan sertifikasi.  

Pembinaan terus ditingkatkan sebagai upaya mendorong UMKM naik kelas sehingga mampu bersaing dan menembus pasar internasional. “Pertamina memiliki cita-cita agar UMKM yang go global sehingga muncul UMKM yang bermetamorfosis menjadi perusahaan besar,” tuturnya.  

SMEXPO 2023 turut menghadirkan Pertiwi PHR yang sekaligus aktif sebagai penggiat media sosial marketing, Niken Nisita untuk memberikan tips dan kiat pemasaran produk di sosial media bagi pelaku UMKM dan puluhan siswa SMK yang hadir. Platfom media sosial dinilai penting agar proses pemasaran menjadi lebih menyenangkan.  

Pameran Pertamina SMEXPO 2023 di Pekanbaru digelar sebagai upaya mendukung dan memajukan UMKM lokal. Pameran ini berlangsung selama lima hari (15-19/11/2023) di Living World, mengusung tema "Melangkah dari Lokal ke Global." 

Ajang ini merupakan kegiatan lanjutan setelah sebelumnya sukses diselenggarakan secara hybrid di tiga kota besar, yakni Balikpapan, Jakarta dan Semarang.**







Berita Lainnya :
 
  • Rayakan Idul Adha 1445 H, Setwan DPRD Bengkalis Laksanakan Pemotongan Hewan Qurban
  • Rahmad Asri Penyandang Disabilitas Merasa Terharu Usai Menerima SK PPPK dari Pj Gubernur Riau
  • Program Energi Berdikari PHR Ciptakan Sirkular Ekonomi Warga Mukti Sari Kampar
  • PHR Salurkan 32 Ekor Sapi Kurban di Blok Rokan
  • Potong 9 Ekor Hewan, Hajatan Kurban PWI Riau Jadi Ajang Silaturahmi
  • Hari Raya Idul Adha 1445 H, PT SPR Berbagi Hewan Kurban
  • Menteri ESDM Didampingi Kepala SKK Migas Kunjungi PT Saipem Indonesia dan Baker Hughes
  • Buka Sosialisasi PBJ, Bupati Kasmarni Tekan Penerapan PDN, TKDN dan E-Katalog.
  • Karyawan Menara BRK Syariah Berhamburan Keluar Ruangan Saat Panel Listrik Lantai 3 Terbakar
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved