Senin, 31/08/20
 
Aplikasi PIKIR Diharapkan Jadi Solusi Bagi Pencari Kerja Diharapkan Mengurangi Pengangguran di Riau

Derry | Riau
Rabu, 23/08/2023 - 14:39:02 WIB
Foto: ist
TERKAIT:
   
 
PEKANBARU,Riaueksis.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) telah resmi meluncurkan Aplikasi Pusat Informasi Ketenagakerjaan Riau (PIKIR) dalam rangka memberi kemudahan kepada masyarakat untuk mencari pekerjaan.

Aplikasi tersebut diresmikan secara langsung oleh Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Masrul Kasmy yang didampingi Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Riau, Imron Rosyadi di Hotel Prime Park Pekanbaru, Selasa (21/8/2023).

Masrul Kasmy menjelaskan bahwa Aplikasi PIKIR ini merupakan strategi khusus Pemerintah Provinsi Riau melalui inovasi program kegiatan untuk percepatan dalam rangka mengurangi pengangguran di Provinsi Riau.

"Kita (Pemprov Riau) melalui Disnakertrans telah meluncurkan aplikasi pikir.riau.go.id atau Pusat Informasi Ketenagakerjaan Riau," kata Asisten I Masrul Kasmy.

Ia menjelaskan bahwa dalam aplikasi tersebut terdapat lowongan kerja yang disediakan oleh perusahaan dan dapat dilamar langsung secara online oleh para pencari kerja serta dapat dipantau by name by address pencari kerja yang telah diterima bekerja.

"Ini merupakan lompatan kemajuan yang kita harapkan dapat menjawab dan menjadi solusi dalam mengurangi pengangguran yang terdata secara digital," ujarnya.

Harapannya ke depan, banyak perusahaan di wilayah Provinsi Riau yang aktif dan peduli terhadap penempatan tenaga kerja. Masrul Kasmy juga menyampaikan bahwa Pemprov Riau mewajibkan untuk semua perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk menginformasikan melalui pikir.riau.go.id.

"Bonus demografi yang kita miliki ini bagaikan pisau bermata dua, apabila tidak kita manfaatkan sebaik-baiknya justru akan menjadi bumerang bagi kita. Oleh karenanya kerja sama yang baik harua kita lakukan untuk mengurangi angka pengangguran di Provinsi Riau," imbuhnya.

Berdasarkan Berita Resmi Statistik BPS Provinsi Riau, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,25 persen atau turun 0,15 persen dari Tahun 2022. Artinya secara persentase memang kondisi TPT menurun, namun secara jumlah, pengangguran di Provinsi Riau saat ini ± 135.050 orang.

"Ini adalah tugas kita bersama untuk dapat menekan pengangguran di Provinsi Riau sekaligus mengurangi kemiskinan," pungkasnya.




Berita Lainnya :
 
  • Jelang Ramadhan Polda Riau Gelar Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan
  • Syukuran Sambut Ramadhan Di Rumah Pribadi, Bupati Kasmarni Ajak Masyarakat Saling Memaafkan
  • Peraih Beasiswa PHR Regitha Nur Azizah Sabet Juara Nasional Pidato Bahasa Inggris
  • Patroli Sambang , PPK Kecamatan Tuah Karya, Satgas Binmas Galang dan Bina Warga dengan Pesan Himbauan; "Pentingnya Menjaga Nilai Nilai Persatuan dan Kesatuan".
  • Keren! Lewat Inovasi 'Pensl', PHR Hemat Biaya Pemboran Rp 4,5 M Per Sumur
  • Keputusan Konkernas PWI, KTA Mati Bisa Diperpanjang Hingga Anggota Wajib Kompeten
  • Jelang MTQ, Pj Sekda Yusri Tinjau Progres Kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Kampar
  • Pj Bupati bersama Istri Hadiri Pesta Pernikahan Bayu dan Nadia
  • Pj Bupati Hambali Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kemendagri
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved