Senin, 31/08/20
 
Keren! Kemenparekraf Gelar Lomba Video Promosi APPI 2023, Dinas Pariwisata Riau Raih Juara 1.

Derry | Riau
Selasa, 18/07/2023 - 15:27:24 WIB
Foto: diskominfo
TERKAIT:
   
 
PEKANBARU,Riaueksis.com - Dinas Pariwisata Provinsi Riau meraih juara pertama lomba video promosi pada Anugerah Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023 pada kategori Seni dan Budaya. Lomba video ini diikuti oleh 38 Dinas Pariwisata Provinsi dan 514 Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota di Indonesia.

Lomba video ini diselenggarakan oleh Direktorat Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Kegiatan ini untuk memeriahkan program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) dan dalam rangka pemenuhan target pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) sebanyak 1,4 milyar pergerakan, pada tahun 2023.

Untuk mencapai target tersebut, Kemenparekraf mengajak seluruh dinas pariwisata baik di provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk mempromosikan daerah masing-masing kepada masyarakat agar berwisata #DilndonesiaAja.

Acara malam puncak APPI 2023 BBWI digelar di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf di Jakarta, Senin (17/7) malam. Dihadiri Menteri Parekraf, Sandiaga Uno, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni made Ayu Marthini, dan sejumlah kepala daerah dari provinsi dan kabupaten/kota.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat berujar, ada beberapa kategori pada lomba video ini, yaitu kategori Destinasi, Event daerah, Seni dan Budaya, serta Kuliner. Provinsi Riau meraih juara 1 kategori Seni dan Budaya.

Dikatakan, bahwa pihaknya mengirimkan video berjudul "Hikayat Pencerah Bara", berdurasi 59 detik. Video ini menceritakan seni dan budaya di Bengkalis, Riau. Di mana alam dan kultur saling bertemu. Laut biru, pasir putih dan setelahnya adalah bisik budaya yang meniti waktu.

"Di video ini kita diajak menyaksikan eksotika zapin api dan perang mercon di Bengkalis yang menjanjikan sensasi, eksotika, romansa. Durasi video ini 59 detik, diproduksi oleh Tim Dinas Pariwisata Riau. Tim ini berkolaboratif, inovatif, tim yang selalu adaptif, dan tim yang fokus dengan pemasaran digital," kata Roni Rakhmat saat dikonfirmasi Media Center Riau, Selasa (18/7).

Roni berterima kasih kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni made Ayu Marthini atas apresiasi yang telah diberikan.

"Atas apresiasi ini kami mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Menparekraf Mas Sandiaga Uno dan Ibu Ni made Ayu Marthini. Apresiasi yang diberikan Kemenparekraf ini, juga tidak lepas dari dukungan Gubernur Riau Pak Syamsuar dan seluruh pelaku parekraf di Provinsi Riau," ujar Roni.

Sebanyak 1.384 video ikut serta dalam lomba ini. Selama 4 bulan event ini berlangsung, tercatat total views 1,5 juta penonton. Artinya minat wisatawan untuk mengetahui destinasi wisata di Indonesia sangat tinggi.

Dalam sambutannya, Menparekraf Sandiaga Uno merasa bersyukur lantaran Indonesia diberikan keindahan alam dan banyak karunia oleh Allah SWT. Untuk itu pihaknya akan promosikan video APPI 2023.

"Saya sangat mengapresiasi pemerintah daerah dalam mempromosikan destinasi wisata, desa wisata, event wisata daerah, seni dan budaya yang sangat beragam, dan kuliner-kuliner yang sangat menarik dan unik. Ini merupakan yang harus dipromosikan, karena sektor pariwisata dan ekonomi kreatif enam kali lipat kemampuannya untuk menciptakan lapangan kerja dibanding sektor-sektor lainnya," ujar Sandiaga Uno.

Menurutnya, 1,4 milyar target wisatawan, bukan "kaleng-kaleng". Karena merupakan suatu tugas yang sangat berat apabila dibandingkan dengan target tahun lalu, jumlah tersebut naik dua kali lipat.

"1,4 milyar ini pergerakan wisatawan dari kabupaten ke kabupaten, kota ke kota dalam waktu enam jam. Berarti tugas kita menciptakan pergerakan yang menggerakkan ekonomi," ucapnya.

Lebih lanjut Sandiaga berharap, tahun 2024 kepala daerah di provinsi dan kabupaten/kota bisa membentuk Tikipeta atau Tim Kreatif Pemasaran Pariwisata. "Isi tim ini adalah anak-anak muda yang kreatif di bidang fotografer, videografer, desain grafis, pengelola medsos dan lain sebagainya," tutur Menparekraf.

Berikut pemenang lomba video Anugerah Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023 BBWI kategori Seni dan Budaya:

1. Dinas Pariwisata Provinsi Riau

2. Dinas Pariwisata Provinsi Kepri

3. Dinas Pariwisata Provinsi Bali

4. Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur

5. Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah**




Berita Lainnya :
 
  • Jelang Ramadhan Polda Riau Gelar Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan
  • Syukuran Sambut Ramadhan Di Rumah Pribadi, Bupati Kasmarni Ajak Masyarakat Saling Memaafkan
  • Peraih Beasiswa PHR Regitha Nur Azizah Sabet Juara Nasional Pidato Bahasa Inggris
  • Patroli Sambang , PPK Kecamatan Tuah Karya, Satgas Binmas Galang dan Bina Warga dengan Pesan Himbauan; "Pentingnya Menjaga Nilai Nilai Persatuan dan Kesatuan".
  • Keren! Lewat Inovasi 'Pensl', PHR Hemat Biaya Pemboran Rp 4,5 M Per Sumur
  • Keputusan Konkernas PWI, KTA Mati Bisa Diperpanjang Hingga Anggota Wajib Kompeten
  • Jelang MTQ, Pj Sekda Yusri Tinjau Progres Kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten Kampar
  • Pj Bupati bersama Istri Hadiri Pesta Pernikahan Bayu dan Nadia
  • Pj Bupati Hambali Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kemendagri
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved