Rabu, 22 08 2018
 
Konsumsilah Makanan Ini Tatkala Suasana Hati Anda Sangat Kacau

M Amin | LifeStyle
Minggu, 11/02/2018 - 14:17:13 WIB
Pekanbaru (RiauEksis.Com) - Semua orang pernah mengalami hari buruk yang membuat suasana hati menjadi sangat kacau. Untungnya, ada solusi mudah untuk mengatasi kondisi tidak mood demikian. Caranya adalah mengonsumsi sejumlah makanan berikut ini.

1. Cokelat

Makan cokelat membantu membuat suasana hati menjadi lebih baik karena saat menyantapnya tubuh akan melepaskan banyak hormon endorfin dan serotonin. Sebagai kudapan antistres, disarankan makan cokelat hitam sekitar 40 gram sehari agar tidak berlebihan.

2. Pisang

Pisang adalah camilan sempurna untuk mengembalikan mood karena kaya asam amino triptofan, selain vitamin A, vitamin B6, vitamin C, serat, potasium, fosfor, zat besi, dan karbohidrat. Triptofan peningkat kadar serotonin juga ampuh mengatasi insomnia, depresi, dan kecemasan.

3. Oat

Oat efektif menjadi mood booster karena mengandung banyak mineral yang memulihkan suasana hati. Oat juga memiliki indeks glisemik rendah yang perlahan melepaskan energi ke dalam aliran darah, membuat gula darah dan suasana hati menjadi stabil.

4. Sereal

Sereal adalah sumber kalsium yang membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan yang sedang dirasakan. Tidak banyak yang dibutuhkan, cukup mengonsumsi secangkir sereal yang difortifikasi akan menyediakan hingga sepertiga kebutuhan kalsium harian.

5. Bayam

Konsumsi bayam dan sejumlah sayuran hijau akan menjaga suasana hati karena asupan vitamin B dalam tubuh tetap terjaga. Kekurangan vitamin B seperti folat, vitamin B3, B6, dan B12 telah dikaitkan dengan depresi akibat produksi serotonin yang terhambat.

6. Ikan

Studi membuktikan bahwa orang yang kekurangan asam lemak omega-3 lebih rentan mengalami depresi dan suasana hati buruk. Konsumsi ikan seperti salmon, makerel, dan sarden secara rutin bisa membantu mengatasinya karena menyehatkan otak dan menjaga sel-selnya.

7. Tiram

Tiram memiliki banyak manfaat jika dikaitkan dengan kesehatan mental. Selain kaya kandungan seng yang penting untuk kesehatan otak, tiram juga sumber protein bernama asam amino tirosina yang dibutuhkan otak. (min/rec)




sumber: harpers bazaar/republika.co.id




comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Selembar Kertas Pun Bung Hatta Tak Mau Korupsi
  • Satu Narapidana Sialang Bungkuk Tewas Akibat Perkelahian
  • MUI Menetapkan Vaksin MR Mengandung Babi, Tapi Diperbolehkan
  • Perwakilan Siswa Dari Pekanbaru Ikuti Internasional Economic Olimpiade (IEO) Di Rusia
  • Mourinho Kesal Kepada Reporter Cantik Usai Ditekuk Brighton and Hove Albion
  • Stop Curhat Di Sosmed, Coba Deh Renungkan 5 Alasan Ini, Jangan Sampai Ngelamun Ya
  • Bocah Berusia 8 Tahun Telah Menaklukan 10 Gunung Di Indonesia
  • Pawai TK Bercadar Dan Pegang Senjata, DPR: Tidak Mendidik
  • Baswalu Panggil Saksi Terkait Dugaan Mahar Politik Sandiaga Uno
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved