Senin, 25/11/2019
 
Mencegah Kanker - Menghilangkan Kantung Mata, Inilah Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh & Kulit - 1

Ditma | LifeStyle
Kamis, 13/10/2016 - 09:06:22 WIB
Pekanbaru, Riaueksis.com - Menghirup kopi di pagi hari memang memberikan kesan tersendiri bagi kita, sebagai pembuka dari rutinitas yang akan kita lakoni seharian penuh. Aroma dan rasa yang khas, seakan memberikan semangat dan energi baru bagi penikmatnya. 

Tak hanya nikmat di lidah, ternyata kopi juga mempunyai beberapa manfaat untuk tubuh dan kulit. Apa-apa saja manfaat kopi? Dilansir dari sikeke, inilah beberapa manfaat kopi. 

Kopi Untuk Kesegaran Tubuh

Kopi jika tidak diminum dengan terlalu banyak krim dan gula atau bahkan justru tidak menambahkan keduanya akan besar manfaatnya, seperti mencegah sel-sel kanker dalam tubuh untuk berkembang lebih lanjut. Kopi bekerja dengan sangat baik dalam melindungi tubuh, terutama dari kanker payudara, kanker hati, prostat, endometrium dan segala penyakit yang berkaitan dengan insulin, estrogen, dan obesitas. Telah diteliti juga oleh Harvard School of Public Health bahwa kopi yang dengan atau tanpa kafein bisa membantu mengurangi risiko kanker prostat.

Encok memang sering dialami oleh banyak orang dewasa yang telah lewat dari usia 40 tahun dan hal ini bisa diatasi dan bahkan dicegah dengan mengonsumsi baik kopi biasa maupun kopi yang tidak mengandung kafein. Manfaat kopi, terutama jika diminum sekitar lima cangkir sehari bisa mengurangi risiko encok.

Kopi yang tanpa gula dan krim dipercaya lebih bermanfaat, apalagi juga dalam pencegahan penyakit batu empedu. Seperti yang telah dibuktikan ditahun 2002 oleh para peneliti Harvard, risiko batu empedu bisa dikurangi, baik bagi pria maupun wanita. Setidaknya tiga hingga empat cangkir kopi memang butuh dikonsumsi setiap harinya.
Salah satu manfaat kopi pahit buat kesehatan mental adalah mengurangi depresi. Sering merasa depresi juga bisa diatasi dengan meminum kopi sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup dengan baik. Pada tahun 2011, penelitian Harvard menyatakan bahwa risiko seorang wanita untuk mengalami depresi dapat berkurang ketika paling tidak mengonsumsi kopi 4 cangkir sehari.

Bagi yang merasa takut dengan penyakit Parkinson boleh merasa lega karena di tahun 2000, Journal of American Medical Association telah menyatakan bahwa konsumsi kopi dan kafein dapat mengurangi risiko penyakit ini. Ada lagi studi pada tahun 2010 yang juga telah membuktikan bahwa peluang menderita penyakit Parkinson menjadi 25 persen lebih kecil ketika mengonsumsi sekitar tiga cangkir kopi per harinya.

Manfaat kopi lainnya adalah untuk mencegah risiko diabetes seperti yang dilaporkan dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry pada tahun 2012; studi ini telah menyatakan bahwa kemungkinan perkembangan diabetes tipe 2 bisa diperkecil dengan mengonsumsi kopi. Pada penderita diabetes tipe 2 biasanya ditemukan serat protein abnormal yang dihasilkan oleh hIAPP, polipeptida. Dengan efek senyawa dalam kopi, hIAPP, polipeptida akan dihalangi dan tidak akan berbahaya bagi tubuh. 

Manfaat kopi untuk kulit akan dijelaskan lebih lanjut di part-2. Selamat beraktivitas. (der)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Porwada Pertandingan Catur Digelar Dengan Sistem Swiss Tujuh Baba
  • Goro Bersama Masyarakat Buatan Dua, Babinsa Himbau Jangan Buang Sampah Sembarangan
  • Ancol Resmi Jadi Lokasi Museum Rasulullah SAW Terbesar Dunia
  • KPK Perpanjang Masa Penahanan Bupati Bengkalis
  • Siswa di NTT Dipaksa Jilat Sendok Bertinja, Kemdikbud Minta Buat Tim Pencegahan
  • 188 WNI dari Kapal Dream World Berhasil Dievakuasi
  • WNA asal Malaysia pembobol ATM ditangkap
  • Begini proses evakuasi WNI awak World Dream di Teluk Durian
  • Suspect Covid-19 di Semarang meninggal, pasien negatif virus corona .
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved