Senin, 25/11/2019
 
40 Ribu Bibit Ditanami di Hutan Lindung Tasik Nambus

Len | LifeStyle
Selasa, 11/11/2014 - 12:04:01 WIB
Selat Panjang(Riaueksis) - Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kepulauan Meranti akan tanam 40 ribu bibit berbagai jenis pohon di Hutan Tasik Nambus Tebing Tinggi Barat. Penanaman tersebut dalam rangka meningkatkan kawasan tasik nambus sebagai hutan lindung.

"Kita akan meningkatkan hutan lindung tasik Nambus. Sebab hutan tersebut sangat berperan dalam melindungi tasik. Agar volume air di tasik tetap terjaga, "kata Kadishutbun, Ir Mamun Murod MM MH beberapa waktu lalu

Hutan lindung di Tasik Nambus menurut Murod sudah mulai habis akibat kebakaran hutan beberapa waktu lalu dan penebangan kayu. Jadi perlu aksi penanaman kembali. Sehingga keberadaan tasik tetap terjaga.

"Sehingga nantinya buah durian tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat. Karena orang jarang menebang pohon durian untuk dimanfaatkan kayunya, "ujarnya.

Penanaman bibit durian nantinya akan menjadi solusi penanganan yang sangat menguntungkan bagi seluruh pihak. Sebab menjaga kelestarian hutan lindung tasik nambus sekaligus untuk menjaga budaya masyarakat disana yakni mandi safar.

Untuk diketahui setiap bulan Safar di Tasik Nambus akan didatangi masyarakat dari berbagai daerah di Kepulauan Meranti dari berbagai kalangan. Mereka ketasik nambus untuk mandi dan mengambil bunga bakung yang tumbuh setiap bulan safar.

"Jadi dengan kita menjaga kelestarian hutan lindung sekaligus untuk menjaga kebudayaan atau biasaan masyarakat di sana," katanya.

Lebih jauh nantinya kata Murod menjelaskan Dishutbun akan membentuk Pam Swakarsa yang terdiri dari masyarakat tempatan dalam upaya menjaga kelestarian hutan Tasik Nambus. Selain itu masyarakat juga akan dilibatkan dalam rehabilitasi hutan alam.

"Pada tahun depan kita juga akan menata batas Hutan lindung tasik Nambus dengan membuat parit. Sehingga keutuhan hutan lindung tersebut dapat tetap terjaga," harap Kadishutbun Kepulauan Meranti itu. (Azw)
   



comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Porwada Pertandingan Catur Digelar Dengan Sistem Swiss Tujuh Baba
  • Goro Bersama Masyarakat Buatan Dua, Babinsa Himbau Jangan Buang Sampah Sembarangan
  • Ancol Resmi Jadi Lokasi Museum Rasulullah SAW Terbesar Dunia
  • KPK Perpanjang Masa Penahanan Bupati Bengkalis
  • Siswa di NTT Dipaksa Jilat Sendok Bertinja, Kemdikbud Minta Buat Tim Pencegahan
  • 188 WNI dari Kapal Dream World Berhasil Dievakuasi
  • WNA asal Malaysia pembobol ATM ditangkap
  • Begini proses evakuasi WNI awak World Dream di Teluk Durian
  • Suspect Covid-19 di Semarang meninggal, pasien negatif virus corona .
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved