Senin, 25/11/2019
 
Begini Reaksi Negara Cina dan Jepang Pasca Korut Menguji Coba Bom Hidrogen

ma | Internasional
Minggu, 03/09/2017 - 21:49:58 WIB
Beijing (RiauEksis.Com) - Uji coba bom hidrogen yang dilakukan Korea Utara (Korut) pada Ahad (3/9) dikecam keras oleh pemerintah Cina dan Jepang.

Menurut kedua negara tersebut, uji coba bom hidrogen secara tegas memperlihatkan sikap penentangan Korut terhadap desakan masyarakat internasional.

"Republik Rakyat Demokratik Korea (Korut) sekali lagi melakukan uji coba nuklir meskipun mendapat tentangan dari masyarakat internasional. Pemerintah Cina dengan tegas menentang dan mengecam hal ini," kata Kementerian Luar Negeri Cina dalam sebuah pernyataan.

Kecaman juga dilayangkan oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Ia mengatakan bahwa badan meteorologi Jepang mendeteksi adanya getaran dan guncangan yang diyakini timbul akibat uji coba bom hidrogen Korut.

"Badan meteorologi Jepang mendeteksi gelombang seismik dengan pusat guncangan berada di sekitar Korut. Ada kemungkinan bahwa ini bukan gempa bumi, melainkan akibat uji coba nuklir Korut," kata Abe kepada awak media, seperti dilaporkan Asahi Shimbun.

Ia menegaskan tidak dapat menerima aktivitas persenjataan dan nuklir Korut. "Kami merasa sangat tidak dapat menerima dan harus melakukan protes keras bila ini terkonfirmasi sebagai uji coba nuklir," ujarnya.

Abe juga telah memerintahkan digelarnya pertemuan Dewan Keamanan Nasional Jepang untuk membahas uji coba nuklir terbaru Korut. Pertemuan ini bertujuan agar Dewan Keamanan Nasional Jepang dapat menghimpun informasi sebanyak-banyaknya terkait bom hidrogen Korut untuk dianalisis.

Terkait hal ini, Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera telah mengungkapkan bahwa pihaknya tengah mengoperasikan pesawat "sniffer" untuk mendeteksi dampak radioaktif pascauji coba bom hidrogen oleh Korut. "Kami akan melakukan yang terbaik untuk mengumpulkan informasi ini," ucapnya.

Jepang adalah salah satu negara yang merasa terancam dengan rudal Korut. Belum lama ini, Korut menguji dan meluncurkan rudalnya melintasi Hokkaido, Jepang. Jepang mengecam keras tindakan tersebut dan meminta agar diterapkan sanksi lebih keras terhadap Pyongyang.

Permintaan Jepang itu juga diserukan oleh beberapa tokoh lainnya, salah satunya Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Mereka menilai tindakan dan sikap Korut terkait program rudalnya terus mengancam stabilitas keamanan kawasan dan global. (re)


sumber: reuters




comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Kasdim 0303/Bengkalis Hadiri Ijab Qobul Anak Plt Bupati Bengkalis 
  • Bertemu Ketua Dewan Pers, Proses Verifikasi Faktual SMSI Masih Berjalan
  • Mahfud MD usulkan Polsek tidak lakukan penyelidikan dan penyidikan.
  • Wakil Ketua DPRD Riau Buka Turnamen Bulu Tangkis Pangkalan Malako CUP I
  • Lahan Kantor Walikota Pekanbaru, Jaksa Periksa Tim 9
  • Laksanakan Intruksi Danramil 01/Bengkalis, Babinsa Team 2 Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karlahut
  • Memotivasi Semangat Kerja Petani, Babinsa Koramil 02/T. Tinggi Laksanskan Upsus
  • Pengurus PWI Riau Besuk Wartawan dan Sastrawan Senior Makmur Hendrik
  • BBKSDA Riau Evakuasi Dua Ekor Kucing Hutan
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved