Kamis, 21 Maret 2019
 
Manfaat KTP Dan NPWP Di Terintegrasi

Putra | Nasional
Jumat, 02/11/2018 - 15:38:43 WIB
RiauEksis.com - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan dan Direktorat Jenderal Kependudukan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bekerja sama untuk memanfaatkan nomor induk kependudukan agar bisa digunakan untuk pelayanan pajak.

Selain itu, dari kerja sama ini ditargetkan nomor identitas di kartu tanda penduduk (KTP) akan terintegrasi dengan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Robert Pakpahan menjelaskan rencana integrasi nomor induk akan memudahkan DJP dalam mengumpulkan penerimaan negara dan sektor pajak.

"Saya meyakini bahwa dukungan dari Dirjen Dukcapil akan sangat membantu DJP dalam menjalankan tugas dan fungsinya untuk mengumpulkan penerimaan negara dari sektor pajak," kata Robert di gedung Jusuf Anwar Kementerian Keuangan, seperti dikutip Detik.com, Jakarta Pusat, Jumat (2/11/2018).

Dia menjelaskan kerja sama yang dilakukan kedua belah pihak diharapkan bisa memberikan manfaat untuk Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, misalnya lebih mudah dalam mendapatkan data kependudukan, foto, keluarga.

"Ini akan sangat bermanfaat untuk memperluas basis pajak dalam pengawasan kepatuhan, termasuk pemeriksaan wajib pajak," imbuh dia.

Menurut Robert saat ini DJP memiliki akses informasi keuangan baik domestik maupun internasional. Ditjen pajak juga memiliki basis data hasil pelaksanaan program tax amnesty.

Robert mengharapkan dengan data yang disediakan oleh Dukcapil jadi akses DJP bisa lebih mudah. Kemudian, dengan data yang terintegrasi maka informasi yang didapatkan bisa lebih lengkap.

"Ini akan membantu kami memudahkan update data dan memastikan datanya akurat dan tidak ada duplikasi. Kerja sama ini sudah ada kami memastikan akses, apakah perlu ada NPWP baru atau tidak," imbuh dia.

DJP menyambut baik masa transisi integrasi KTP dan NPWP ini. "Jadi kalau akses NIK ada NPWP nya, sementara transisi begitu dulu," jelas dia. ****(ptr)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Peringatan Hari Kesehatan Gigi Dan Mulut Sedunia 2019, PDGI Rohul Adakan Sosialisasi Senam Dan Cara Gosok Gigi Kepada 1000 Anak SD
  • Cegah Karlahut, Babinsa Koramil 12/Pwk Patroli Lokasi Rawan Kebakaran
  • Pelatihan Dan Pembinaan Bela Negara Bagi Kader PKK Se Rohul, Bupati Sukiman : Mencintai Negeri Ini Kita Harus Meningkatkan Wawasan Kebangsaan
  • Pemkab Inhil Serahkan Bantuan Bagi Warga Sulteng Korban Bencana Gempa Dan Tsunami
  • Bupati Ikuti Tabligh Akbar Dan Istighosah di Mapolres Inhil
  • Musrenbang Tingkat Kabupaten Rohul Targetkan 4 Sektor Pembangunan
  • Babinsa Koramil 01/Bengkalis laksanakan Komsos ke SDN 06 Bengkalis
  • Babinsa Koramil 07/Bukit Batu Patroli Karlahut di Desa Temiang
  • Bahas Solusi Harga Kelapa, Sekda Inhil Sambangi Ditjen Daglu Kemendag RI
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved