Rabu, 24 Oktober 2018
 
#AHYSambangJatim di Situbondo
AHY Tinjau Budidaya Ikan Kerapu di Situbondo

Ditma | Nasional
Selasa, 10/04/2018 - 18:03:19 WIB
SITUBONDO, Riaueksis.com - Kegiatan bertajuk #AHYSambangJatim terus berlanjut. Memasuki hari ke-5, kegiatan Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) diawali dengan meninjau Budidaya Ikan 
Kerapu di Dusun Gundil, Kecamatan Klatakan, Situbondo, Kamis (5/4) pagi. 

Tiba di Dusun Gundil, AHY disambut oleh para nelayan, pembudidaya, dan warga sekitar yang sudah menunggu kedatangannya. Sambil menyalami warga, AHY menuju speedboat 
yang ada di bibir laut untuk langsung menuju tempat budidaya ikan kerapu. 

Menggunakan karamba jaring apung, lokasi budidaya ikan kerapu berjarak sekitar 500 meter ke tengah laut. Di speedboat, AHY yang didampingi Ketua Asosiasi Karamba Jaring Apung Situbondo, Agung Sembodo (51 tahun) bertanya-tanya soal perkembangan budidaya ikan kerapu di Situbondo. 

“Ini situasi gini lagi baik buat ngelaut pak?” Terus benih-benihnya gimana pak?” tanya AHY. 

“Kalau situasi lagi baik pak ini. Benih-benih lancar. 6-8 bulan baru bisa dipanen, dari kurang dari 10 centi. Kalau hasil panennya cantik minimal lima ons, bisa sampai satu tahun,” jawab Agung. 

“Harga bagaimana pak?” tanya AHY lagi. “Sekarang harga turun 60 persen, turun drastis pak. Tiga tahun yang lalu itu 160 ribu per kilo, sekarang 75 ribu per kilo. Ini turun karena Permen (Peraturan Menteri) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) itu melarang kapal negara lain masuk ke tempat kita. Jarak distribusi jadi lebih jauh sehingga harga turun. 

Budidaya yang sudah dirintis belasan tahun hancur dalam waktu 2-3 tahun,” tutur Agung kepada AHY. 
 
Tiba di lokasi budidaya, di bawah terik matahari AHY perlahan berjalan menyusuri karamba jaring apung dan meninjau lokasi pembudidayaan ikan. AHY kemudian menebar benih ikan kerapu Changtang khas Situbondo. 

“Bismillah nirahmanirrahim, semoga membawa manfaat, menjadi ekonomi rakyat. Semoga sekarang 10 cm, nanti waktu panen besar dan bisa berbuah dengan baik,” ucap AHY diamini para nelayan dan pembudidaya ikan yang menyaksikan. 

Setelahnya, AHY juga diajak para nelayan untuk memanen ikan kerapu yang sudah siap panen. AHY kemudian menjaring ikan yang ada di karamba dan menangkap sejumlah ikan kerapu yang sudah besar. 

Kembali di darat, AHY singgah sejenak di salah satu pondok yang ada di pinggir laut. Sambil menikmati kelapa muda, AHY kembali berbincang-bincang dengan para pembudidaya ikan kerapu. 

Ketika ditanya media yang hadir soal kontribusi apa yang akan diberikan setelah melihat potensi dan kondisi perikanan di Situbondo yang mengalami penurunan, AHY menjawab. 

“Ini harus menjadi perhatian kita semua. Saya membawa sejumlah anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat tentunya memiliki kepedulian. Karena dulu 10 tahun pemerintahan SBY 
benar-benar berpihak pada nelayan, memberikan bantuan-bantuan yang sangat berarti termasuk tadi Aquatec, keramba jaring apung yang tentunya lebih modern dan tahan badai dibandingkan dengan yang lebih tradisional. Itu dilakukan benar-benar untuk bisa meningkatkan taraf hidup nelayan,” tutur politisi muda Partai Demokrat tersebut. 

“Ini kan semua ada mekanisme sistem. Saya tidak ingin memberikan bantuan cuma sekedarnya hari ini, padahal hidup kita akan ke depan, panjang. Yang dibutuhkan bukan ikannya tapi kailnya, sehingga dengan demikian mereka lebih berdaya lagi. Bantuan yang sifatnya langsung juga diperlukan, tapi yang kita lebih harapkan adalah ada regulasi, ada 
keberpihakan dan juga kebijakan-kebijakan dari pemerintah sehingga nelayan lebih menikmati,” terang AHY. 

Setelah meninjau budidaya ikan kerapu di Situbondo, AHY bertolak ke Resto Papin, Situbondo. Setibanya saat jam makan siang, AHY menyantap ikan putihan bakar, telor asin, tahu & sayur urapan. Sambil menikmati makan siangnya, AHY juga menikmati pemandangan laut yang berada di depannya. Usai makan siang, AHY pun melayani permintaan selfie para pengunjung resto dan warga setempat sebelum akhirnya masuk ke dalam bis dan melanjutkan perjalanan. (rls)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Jalan Lintas Riau - Sumatera Barat Longor
  • Kejari Pelalawan Musnahkan BB 102 Perkara
  • Mahasiswa STT Pelalawan Terpilih 30 Finalis BYTe 2018
  • Kenangan Cristiano Ronaldo Di Old Trafford Pada Laga Manchester United Vs Juventus
  • Olahraga Tak Sempat? Begini Cara Diet Biar Badan Tak Melar
  • BNN Menangkap Perempuan Kirim Ganja Ke Rutan Sialang Bungkuk
  • Satu Pelaku dan Mobil SUV Penghadang Tim KLHK Diamankan
  • Kostum Capres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto Dianggap Bikin Bosen Pemilih
  • Pengusaha Sawit Kuansing Dirampok, Kerugian Sekitar 500 Juta
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved