Senin, 10 Desember 2018
 
1 Jembatan Ambruk Diterjang Banjir Bandang Yang Melanda Padangsidimpuan dan Tapsel

ad | Nasional
Kamis, 30/03/2017 - 02:39:10 WIB
Jembatan Batang Ayumi di Desa Sibio-bio Jae, Kabupaten Tapanuli Selatan ambruk karena derasnya banjir bandang yang terjadi Minggu (26/3/17).
TERKAIT:
Padangsidimpuan (RiauEksis.Com) - Selain menelan korban jiwa dan menimbulkan kerugian besar dialami ratusan kepala keluarga, ternyata banjir bandang yang melanda Padangsidimpuan dan Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, juga mengambrukkan sebuah jembatan.

Dahsyatnya banjir bandang yang terjadi pada Minggu (26/3/17) sekira pukul 19.00 WIB itu, membuat jembatan Batang Ayumi di Desa Sibio-bio Jae, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapsel, ambruk.

"Jembatan tersebut putus setelah diterjang banjir bandang pada Minggu lalu," ujar Bupati Tapsel, Syahrul M Pasaribu melalui Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tapsel Ir Syahril didampingi Kabid Bina Marga I Demson Batubara BA dan Kabid Bina Marga II Budi Amin Harahap ST, Rabu (29/3/17).

Menurut Syahril, jembatan permanen yang ambruk itu panjangnya 25 meter, lebar 7 meter, menghubungkan Desa Sibio-bio dan Huta Ginjang, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapsel.

"Selama ini, jembatan tersebut dimanfaatkan warga untuk lintasan membawa hasil pertanian, mengingat daerah tersebut merupakan salah saru sentra pertanian Tapsel. Sehingga tanpa jembatan ini, warga dipastikan kesulitan mengangkut hasil pertaniannya," jelas Syahril.

Karena jembatan tersebut ambruk, kata Syahril, pihaknya telah melakukan peninjauan dan melaporkan kondisinya ke Bupati Tapsel agar Pemkab Tapsel segera melakukan perbaikan karena tidak ada jalur lintas alternatif lain di wilayah ini.

"Kita telah membuat laporan ke Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu dan pak Bupati memerintahkan agar dilakukan langkah cepat karena jembatan tersebut merupakan jalur vital yang rusak akibat banjir dan kondisi ini tidak boleh dilama-lamakan," katanya.

Syahril mengatakan, selain jembatan Batang Ayumi di Desa Sibio-bio, masih ada lagi beberapa jembatan lain yang rusak terkena dampak banjir bandang.

"Seluruh kondisi insfrastruktur jembatan yang rusak telah kita data dan mana yang jadi prioritas untuk segera ditagani," tambahnya.

Sementara warga desa Sibio-bio mengharapkan Pemkab Tapsel harus bergerak cepat memperbaiki jembatan itu agar warga ketika hendak mengangkut hasil pertanian tidak terganggu.

"Kami berharap Pemkab Tapsel segera melakukan gerak cepat agar masyarakat dapat membawa hasil pertaniannya, mengingat jalur ini sangat vital bagi angkutan pertanian warga desa di wilayah ini," kata Siregar. (re)


sumber: harian9.com



comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Curhatan Mahasiswa S3 Polisikan Dosen Karena Dilempar Disertasi
  • Jadwal Lengkap Presiden RI Ke-6 Di Riau
  • Terduga Teroris Aksi Teror Natal Dan Tahun Baru Ditangkap Polisi
  • Kosmetik Ilegal Akan Diedarkan Ke Kota Besar Di Indonesia Tapi Dihentikan BPOM
  • Terseret Arus Sungai Kampar, Korban Ditemukan Kondisi Meninggal Dunia
  • Evalasi Waduk PLTA Koto Panjang Mengalami Penurunan
  • Terbongkarnya Bilik Cinta Di Lapas Sukamiskin
  • Kukang Jantan Berusia Setahun Sempat Terjebak Banjir
  • Kronologis Basarnas Tangkap Ular Saat Evakuasi Korban Banjir
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved