Senin, 31/08/20
 
Gubernur Aceh Periode 2007-2012 Ini Menangi Pilkada Aceh 2017

an | Nasional
Minggu, 26/02/2017 - 05:48:18 WIB
Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah.
TERKAIT:
   
 
Banda Aceh (RiauEksis.Com) - Gubernur Aceh periode 2007-2012, Irwandi Yusuf, menangi Pilkada Aceh 2017. Irwandi Yusuf yang berpasangan dengan Nova Iriansyah ungguli lima pasangan lainnya.

Pasangan gubernur-wakil gubernur terpilih 2017-2022 yang diusung sejumlah partai politik yang ini ditetapkan dalam rapat pleno Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh di ruang sidang utama DPR Aceh di Banda Aceh, Sabtu (25/2/17).

Rapat pleno dipimpin Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi dan dihadiri wakil ketua dan lima komisioner lembaga penyelenggara pemilu tersebut. Rapat juga dihadiri ketua dan anggota KIP kabupaten/kota di Aceh serta Panitia Pengawas Pemilih (Panwaslih) Aceh.

Berdasarkan hasil rekapitulasi dari 23 kabupaten/kota, pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah memperoleh 898.710 suara dari 2,4 juta lebih suara sah pemilihan Gubernur Aceh. Sedangkan pasangan Muzakir Manaf dan TA Khalid hanya meraih 766.427 suara, pasangan Tarmizi A Karim dan T Machsalmina Ali meraih 406.865 suara.

Kemudian pasangan Zaini Abdullah dan Nasaruddin hanya memperoleh 167.910 suara, pasangan Zakaria Saman dan T Alaidinsyah mendapat 132.981 suara serta pasangan Abdullah Puteh dan Said Mustafa mendapat 41.908 suara.

Dengan raihan suara terbanyak tersebut, pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah dipastikan terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2017-2022. Sebelumnya Irwandi Yusuf pernah menjabat sebagai gubernur Aceh pada 2007-2012.

Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi mengatakan, pihaknya akan menetapkan pasangan calon terpilih pada Maret mendatang dalam rapat pleno terbuka. Penetapan pasangan calon dilakukan setelah masa sengketa selesai.

"Masa sengketa pilkada diberikan beberapa hari setelah penetapan pasangan calon. Kami berharap tidak ada sengketa yang diajukan," kata Ridwan Hadi menyebutkan.

Ridwan Hadi menyebutkan pilkada Aceh berlangsung damai dan demokratis. Masyarakat telah memberikan hak pilihnya kepada pasangan calon sesuai hati nurani.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif mendukung dan menyukseskan pilkada Aceh sehingga terlaksana dengan damai, lancar, dan demokratis," kata Ridwan Hadi. (re)


sumber: antaranews.com






Berita Lainnya :
 
  • Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024: Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan
  • Hari Kartini, PHR Junjung Tinggi Kesetaraan dalam Berkontribusi Bagi Negeri
  • Rangkaian HUT ke-7 Tahun, SMSI Riau Gelar Workshop ''Publisher Rights'' Bersama Ketua Dewan Pers
  • Camat Mandau Dorong Pembentukan DPW IKA Plus Bengkalis, Freddy Antoni Terpilih Sebagai Ketua
  • Rumah Sakit Alihkan Pasien Belum Aktif UHC ke Umum, Diskes Pekanbaru Ancam Putus Kerjasama
  • Pemkab Bengkalis Terus Pacu Percepatan Pembangunan Jembatan Bengkalis-Bukit Batu
  • Bupati Kasmarni Harap Kepala Sekolah Fokus dan Optimalkan Kinerja Demi Kemajuan Pendidikan
  • Taklimat Akhir Audit Kinerja Itwasda Polda Riau, Kapolda: Kalau Tidak Betul Segera Ganti
  • Kapolda Riau :" Banggalah Jadi Wartawan, Karena Wartawan itu Orang -Orang Cerdas"
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved