Minggu, 16 Juni 2019
 
Data Situng Memang Tak Sampai 100%, KPU: Sekitar 99-an Persen

Putra | Nasional
Senin, 10/06/2019 - 19:59:23 WIB
RiauEksis.com - Data dalam Sistem Informasi Penghitungan (Situng) Pemilu 2019 KPU belum mencapai 100% meski penghitungan suara sudah rampung.

"Ya kami kan tetap memaksimalkan, sudah kami upayakan maksimal. Tapi tidak bisa 100 persen, sekitar 99-an persen saja," ujar komisioner KPU Ilham Saputra di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019).

Ilham mengatakan, hal ini dikarenakan adanya kendala di beberapa daerah. Di antaranya seperti Papua dan Papua Barat.

"Dengan pertimbangan-pertimbangan, kondisi di Papua, sinyal dan lain-lain. Misal di Papua dan Papua Barat yang masih banyak bolongnya," kata Ilham. 

Selian itu, Ilham menyebut pihaknya tidak memungkiri adanya kesalahan yang dilakukan Kelompok Petugas Pemungutan Suara (KPPS). Dia mencontohkan, adanya petugas yang memasukan formulir C1 untuk Situng atau hasil penghitungan suara ke dalam kotak suara. 

"Kemudian kami tidak menutup mata bahwa petugas kami salah mengartikan, bahwa C1 Situng itu salah dimasukkan ke kotak. Nah sehingga kami kemudian harus meminta kepada Bawaslu untuk buka kotak, kemudian setelah di buka baru (discan) dan dimasukin ke dalam Situng," kata Ilham.

Menurut Ilham, hal ini mungkin terjadi karena kurangnya pemahaman petugas. Namun, dia menyebut pihaknya berupaya menyelesaikan input data dalam Situng. 

"Mungkin supervisi kurang, atau pemahaman KPPS kurang, mereka mungkin tidak perhitungkan soal itu. Saya kira kami tetap berupaya untuk menyelesaikan Situng itu, tujuannya untuk database kami," sambungnya. 

Ilham yakin hal ini tidak akan menimbulkan hal negatif dalam Pemilu. Dia juga kembali mengingatkan bahwa data dalam Situng bukan merupakan hasil resmi Pemilu 2019. 

"Tidak, berita negatif apa yang mau dilakukan. Sebab kan sekali lagi, kita sudah disclaimer bahwa ini situng bukan data resmi. Kemudian kami sudah menyatakan bahwa perbaikan-perbaikan terus kita lakukan. C1-nya pun yang discan adalah C1 real dan hasil situng dengan data real atau data manual berjenjang pun tidak beda jauh," tuturnya.****(ptr)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Ciptakan Situasi Kondusif, Anggota Koramil 08/Merbau Lakukan Komsos Di Desa Kudap
  • Tim Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Minta MK Menjamin Keamanan Saksi Ahli Di Sidang MK
  • Penghijauan TNI Dan Masyarakat Tanam Pohon Di Jalan H Sihi Pergam
  • Koptu Armansyah Bersama Warga Laksanakan Goro Bersihkan Jalan
  • Puluhan Ribu Wisatawan Dari Dalam Dan Luar Daerah Kunjungi Objek Wisata Rokan Hulu
  • Pelantikan Perangkat Desa Teluk Latak, Ini Pesan Kades
  • Tim Hukum Prabowo Yakin Link Berita Punya Bobot Pembuktian
  • Massa Kawal Sidang Perdana Gugatan Sengketa Pilpres 2019
  • Sidang Perdana Sengketa Pilpres 2019, Jokowi: Kita Hormati
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved