Minggu, 16 Juni 2019
 
Pertumbuhan Ekonomi Kampar Diprediksi Sebesar 3,02 Persen Pada 2020

ditma | Kampar Kab
Selasa, 26/02/2019 - 09:12:56 WIB
BANGKINANG, Riaueksis.com - Kondisi perekonomian Kabupaten Kampar tahun 2020 diperkirakan mengalami peningkatan dibanding dengan tahun 2019 ini. Pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut tahun depan diprediksi mencapai 3,02 persen. Peningkatan ini akan diupayakan melalui peningkatan investasi dan produksi disetiap kategori bidang.

Demikian disampaikan Bupati Kampar yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar  H Yusri saat membuka  musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Kecamatan  untuk wilayah IV  di Kantor Camat Salo, Senin (25/2/2019). 

Wilayah IV ini meliputi enam Kecamatan yakni Kecamatan Salo, Bangkinang Kota, Bangkinang, Kuok, XIII Koto Kampar dan Koto Kampar Hulu.

Disampaikan Sekda, peningkatan ekonomi ini juga ditambah lagi dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan peraturan turunannya. 

“Dengan adanya Undang-Undang Desa diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kampar,” ujar Sekda.

Menurut Sekda  dengan mengoptimalkan kewenangan desa, pemerintah daerah optimis dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi sehingga pemerintah dapat mewujudkan distribusi pendapatan yang lebih adil dan merata. Proyeksi pertumbuhan ekonomi daerah diharapkan akan dapat dicapai sejalan dengan strategi, kebijakan, program dan kegiatan prioritas guna mengurangi ketimpangan, membuka kesempatan kerja bagi masyarakat usia produktif.

Dijelaskan Sekda bahwa arah kebijakan dan prioritas pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2020, berdasarkan RPJMD Kabupaten Kampar Tahun 2017-2022. Maka pembangunan Kabupaten Kampar Tahun 2020 diarahkan untuk Meningkatkan Kualitas Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi dalam Meningkatkan Daya Saing Wilayah dengan prioritas adalah menurunkan tingkat kemiskinan, peningkatan infrastruktur, meningkatkan investasi dan pengembangan pariwisata.

Disamping itu, permasalahan dan isu yang berkembang tidak akan sama pada setiap kecamatan, oleh karena itu Sekda minta kepada peserta Musrenbang agar cermat dalam mengusulkan kegiatan. Kegiatan yang diusulkan merupakan kebutuhan mendesak, kegiatan lanjutan dari tahun-tahun sebelumnya dalam rangka fungsionalisasi kegiatan, serta kegiatan yang memenuhi kriteria teknis untuk dilaksanakan.

Ketua DPRD Kabupaten Kampar Ahamd Fikri pada kesempatan itu mengingatkan kepala OPD agar memperhatikan usulan dari kepala desa. ”Ada usulan yang sudah berulang-ulang diusulkan tapi belum terealisasi, agar segera direalisasikan,” ujar Fikri.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Yusri didampingi Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Muslim juga menyerahkan  secara simbolis 797 KTP-Elektronik kepada masyarakat Salo. 

Rangkaian kegiatan musrenbang diakhiri dengan penandatanganan berita acara  beserta lampiran oleh Kepala OPD dan anggota DPRD Kampar disaksikan Sekda Kabupaten Kampar Yusri dan Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Afrizal. (syh)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Ciptakan Situasi Kondusif, Anggota Koramil 08/Merbau Lakukan Komsos Di Desa Kudap
  • Tim Hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Minta MK Menjamin Keamanan Saksi Ahli Di Sidang MK
  • Penghijauan TNI Dan Masyarakat Tanam Pohon Di Jalan H Sihi Pergam
  • Koptu Armansyah Bersama Warga Laksanakan Goro Bersihkan Jalan
  • Puluhan Ribu Wisatawan Dari Dalam Dan Luar Daerah Kunjungi Objek Wisata Rokan Hulu
  • Pelantikan Perangkat Desa Teluk Latak, Ini Pesan Kades
  • Tim Hukum Prabowo Yakin Link Berita Punya Bobot Pembuktian
  • Massa Kawal Sidang Perdana Gugatan Sengketa Pilpres 2019
  • Sidang Perdana Sengketa Pilpres 2019, Jokowi: Kita Hormati
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved