Rabu, 21 November 2018
 
Calo SIM Di Pekanbaru Dengan Tarif Rp 1,1 Juta Dibekuk

Putra | Pekanbaru Kota
Jumat, 07/09/2018 - 15:09:17 WIB
RiauEksis.com - Calo pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang menipu korbannya dibekuk pihak kepolisian. Tersangka meminta uang ke korban Rp 1,1 juta, tapi SIM tak kunjung didapat.

"Pelaku penipuan pengurusan SIM atas nama Syafri Efendi (29) warga Jl Setia Budi, Pekanbaru. Dia kita tangkap saat duduk di bawah jembatan Siak III (dekat lokasi pengurusan SIM)," kata Kapolsek Rumbai Pesisir, Erdinal kepada wartawan, Jumat (7/9/2018).

Erdinal menjelaskan, kasus penipuan pengurusan berawal ketika korban Fajri Ardi akan mengurus SIM. Pelaku mendekati korban dengan menawarkan diri bisa mengurus SIM dan cepat selesai. Korban akan mengurus SIM A dan C.

"Pelaku meminta uang ke korban untuk dua SIM tersebut sebesar Rp 1,2 juta. Korban menawar harga menjadi Rp 1,1 juta. Dan pelaku pun menerima tawaran itu," kata Erdinal.

Layaknya pengurusan SIM, pelaku menyuruh korbannya untuk mendaftar dan foto di loket pengurusan SIM. Selanjutnya menyerahkan berkas persyaratan.

"Sebelum melakukan pendaftaran, korban terlebih dahulu menyerahkan uang Rp 500 ribu ke pelaku. Sisanya akan dilunasi setelah SIM di dapat. Korban saat itu meminta nomor HP pelaku setelah menyerahkan uang," kata Erdinal.

Setelah menerima uang dan berkas, pelaku berjanji bila SIM sudah selesai akan diantarkan langsung ke rumah korban. Namun pada Sabtu (2/9) ditunggu seharian janji tersebut tak terealisasi.

"Sampai hari Minggu, nomor HP pelaku tidak bisa dihubungi. Pada Senin (3/9) korban bertemu pelaku, lagi-lagi pelaku dijanjikan akan segera menghubungi bila SIM telah selesai," kata Erdinal.

Karena janji tidak bisa ditepati, akhirnya korban melaporkan kasus penipuan tersebut. Atas laporan itu, tersangka ditangkap. Dalam kasus ini, pelaku tidak sendirian, tapi juga dibantu rekannya.

"Satu rekan pelaku penipuan masih kita buru. Kami imbau masyarakat dalam pengurusan SIM tidak melalui calo karena hanya merugikan masyarakat itu sendiri. Silahkan daftar sendiri sesuai prosedur yang ada," tutup Erdinal.****(ptr)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Wow, Arsene Wenger Pernah Didekati Real Madrid Dan Bayern Munchen, Kapan?
  • BBKSDA Riau Peringatkan Warga Hati-hati Gajah Liar
  • Diduga Catut Nama Kapolda Riau, Akiong Ditangkap
  • Acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Monas
  • Program Agrotek Farm System Berhasil Dikembangkan Kelompok Masyarakat Rumbai
  • Tanggapan Kepala DPMD Terkait Kasus Pungli Sekdes Gunung Sari
  • Sekdes Gunung Sari Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Pungli
  • Hasil Seleksi Administrasi Calon Komisioner KPU Kampar
  • Truk Tanki Vs Innova Di Lintas Timur Bengkalis, Akibatnya 4 Orang Tewas
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved