Minggu, 26 Mei 2019
 
Langgar Aturan Pemilu Marsita Menangis , Saat di Vonis Bersalah Oleh Hakim

| Bengkalis Kab
Selasa, 05/03/2019 - 23:19:38 WIB
Riaueksis.com

BENGKALIS – Marsita alias Ita Binti Sumarno, dan tim kampanye Fajriah M alias Ria Binti Alm Mukhsin tertunduk lesu saat Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis, memvonis dengan hukuman kurungan penjara selama 3 bulan penjara, denda Rp24 juta subsider 1 bulan kurungan penjara, Selasa (05/03/19) siang.

Dua terdakwa yang divonis ini merupakan calon legislatif (Caleg) di Kabupaten Meranti, karena terbukti bersalah melanggar ketentuan Pemilu dan berkampanye di tempat pendidikan.

Keduanya dikenakan pasal sebagaimana diatur dalam Pasal 280 ayat (1) huruf h Jo Pasal 521 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Sidang ini berlangsung di ruang Kartika PN, dipimpin Majelis Hakim Annisa Sitawati, SH, dengan didampingi dua hakim anggota Wimmi D Simarmata dan Mohd. Rizky.

Selain memutuskan hukuman, majelis hakim juga memerintahkan agar kedua terdakwa untuk ditahan. Karena sebelumnya dalam proses persidangan kedua terdakwa tidak pernah ditahan.

Terhadap putusan ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Kepulauan Meranti menyatakan pikir-pikir. “Atas putusan ini kita pikir-pikir,” ungkap JPU Kejari Kepulauan Meranti, Mulyadi, SH dan Lita Warman, SH, MH.

Sama halnya dengan Penasehat Hukum (PH) kedua terdakwa, Bony Nofrizal, SH, juga menyatakan pikir-pikir. Sedangkan permintaan penahanan oleh majelis hakim, PH kedua terdakwa akan mengajukan permohonan penangguhan.

“Kita pikir-pikir dahulu apakah akan banding atau tidak. Dan terhadap permintaan penahanan akan kita ajukan permohonan untuk penangguhan karena belum incraht,” kata Bony ketika ditemui wartawan usai sidang.

Usai mendengar vonis majelis hakim, satu terdakwa tampak tenang didampingi PH sedangkan satu terdakwa tampak tidak kuasa menahan tangis. Sebelum akhirnya meninggalkan ruang sidang dan enggan memberikan keterangan ke wartawan.

Sebelumnya kedua terdakwa dituntut JPU Kepulauan Meranti, dengan kurungan penjara selama 3 bulan denda Rp24 juta subsider kurungan penjara selama 1 bulan.

Saksi dalam sidang yang digelar setiap hari di PN Bengkalis, dimintai keterangan di persidangan sebanyak 9 orang, antara lain 7 saksi umum dan 2 saksi ahli.

Marsita alias Ita Binti Sumarno calon anggota legislatif (Caleg) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Kepulauan Meranti, Daerah Pemilihan (Dapil) 3.(rls/Ham)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Ketua KNPI Rohul, Mari Jadikan Lebaran Sebagai Momentum Konsolidas Sesama Anak Bangsa
  • Anggota TNI Ajak Warga Bijak Gunakan Medsos
  • Cegah Kebakaran di Wilayah Binannya, Serda Prawito Ajak Masyarakat Patroli Karlahut
  • Bripka Deri Adrianto, S.Sos Bagi Paket Sembako Ke Warga Kurang Mampu
  • Sertu Bambang : gotong Royong Bisa Eratkan Jalinan Tali Silaturahmi
  • Rommy Kembali Diperiksa KPK, Kali Ini Bawa Buku Yoga
  • Kabar Pertemuan Prabowo Subianto Dengan Wakil Presiden
  • Polair Polres Bengkalis Bagi Takjil Ke Nelayan Yang Berpuasa
  • Suksekan HUT Kodam I/BB Dua Koramil Gabung Lakukan Karya Bhakti
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved