Selasa, 25/06/2019
 
Perayaan Tahun Shio Babi di Pusatkan di Vihara Hok Ann Kiong
Herman Kusuma : Shio Babi Lambang Kemakmuran, Pelaku Usaha Harus Lebih Semangat

| Bengkalis Kab
Senin, 04/02/2019 - 21:10:21 WIB
Riaueksis

BENGKALIS - Memang sudah menjadi tradisi Vihara Hok Ann Kiong selalu menjadi pusat perayaan setiap tahunnya di kota bengkalis. Begitu juga pada perayaan imlek tahun ini.

Suka cita Warga Thionghoa Kabupaten Bengkalis dalam menyambut datangnya tahun shio Babi tanah ini bakal diisi dengan serangkaian kegiatan kebaktian.

Dikatakan Humas Vihara Hok Ann Kiong, Herman Kasuma senin, (04/02/2019) menyebutkan, perayaan Imlek di bengkalis dimulai pada malam ini hingga esok hari dan selanjunya akan diisi dengan kegiatan kebaktian hingga tanggal 10 februari 2019 mendatang. 

"Biasanya, pada malam ini warga tionghua berkumpul bersama keluarga agar tetap menjalin kebersamaan. Sehingga pada dini harinya, tepat pukul 24.00 WIB warga tionghua bengkalis melakukan sembahyang, baik dirumah masing masing maupun dilakukan di Viara hingga pagi harinya," kata Herman Kasuma mengawali ceritanya, Senin 4 Februari 2019.

Herman menambahkan moment perayaan Imlek dibengkalis khusus pada hari keenam imlek jatuh pada tanggal 10 februari. Namun, ia mengatakan pada tanggal 8 sampai 9 februari sudah dipastikan akan meriah dikarenakan rangkaian kebaktian dimulai. 

"Serangkaian kegiatan akan diisi termasuk dilakukan pawai atau arak-arakan para dewa dewi dengan rute melintasi kota bengkalis. Tetapi momen paling sakral itu dihari keenam Imlek, merupkan hari kebesaran, kelahiran Dewa Candra Sengkala, hari kelahiran dewa yang sakral di bengkalis," punkasnya.

Herman Kasuma juga menjelaskan makna yang terkandung pada perayaan imlek tahun sio babi ini merupakan simbol dari kemakmuran

"Seperti apa yag disiratkan oleh para pendahulu, dari 12 Shio, babi dijadikan shio mengarah pada kemakmuran," 

"Sesuai gistur dan fostur babi itu cendrung babi itu gemuk, berarti mengarah pada kestabilan dan kemakmuran. Mudah mudan tahun ini memnjadikan bangsa ini kedepannya lebih makmur," jelasnya.

Di tahun baru ini, Herman Kasuma menilai untuk para usaha agar lebih bersemangat dalam menjalani keseharian. Dalam arti, berusaha dan lebih bersemangat baik dalam ekonomi, kesehatan, keamanan.

Menurutnya, menjelang Hari Raya Tahun baru imlek 2570 pada 2019 yang jatuh pada Selasa 5 Febuari 2019 besok, keluarga besar warga Tionghoa di Kabupaten Bengkalis telah melakukan berbagai persiapan. Seperti yang sudah dilakukan sebelumnya, pada Minggu 3 Februari lalu telah melakukan pembersihan Arca atau patung yang disucikan serta altar di Vihara Hok Ann Kiong jalan Yos Sudarso kota bengkalis.

"Harapan saya, dengan adanya serangkaian kegiatan itu akan memberikan aura positif pada perayaan imlek tahun 2019 ini," pungkasnya mengakhiri. (Ham)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Beberapa Kali Tertunda Komandan Resort Militer (Danrem) 031/Wira Bima Pekanbaru, Kunker ke Bengkalis
  • Patroli Karlahut Babinsa, Larang Masyarakat Membuka Lahan Dengan Cara Membakar
  • Danramil 12/Pwk Sabak Auh Ikuti Apel Hari Pramuka Ke-58
  • Akibat Kemarau Hasil Panen Menurun, Serma Sembiring Semangati Para Petani
  • Danramil 06/SA Hadiri Apel HUT RI Ke-74 Kecamatan Sungai Apit
  • HUT RI Ke 74 Dirohul Berlangsung Hikmat Dan Menampilkan Seni Tradisional
  • Pelaksanaan Apel HUT RI Ke 74, Sertu Gopardin Laksanakan Goro Bersama Masyarakat
  • Jelang Apel Peringatan HUT RI ke 74, Serda Hamdani Mantapkan Paskibra Bungaraya
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved