Senin, 10 Desember 2018
 
Puluhan Siswa SD Antusias Jalani Kegiatan-kegiatan di TPA Desa Bantuan Tua Bengkalis

Ditma | Bengkalis Kab
Sabtu, 03/03/2018 - 15:10:15 WIB
BENGKALIS, Riaueksis.com - Sebanyak 31 Siswa SDN 12 Bengkalis terlihat antusias mengikuti setiap rangkaian aktivitas selama berkunjung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, yang berlokasi di Desa Bantan Tua, Kecamatan Bantan, Sabtu, 2 Maret 2018.

Kedatangan siswa disambut langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bengkalis, Arman AA. Sebelum menapakai satu persatu proses penanganan sampah di TPA, seluruh siswa mendapat arahan dari Arman terkait pengelompokan jenis-jenis sampah.

“Selamat datang anak-anak di TPA, nantinya anak-anak akan berkeliling melihat langsung bagaimana pengolahan sampah. Silahkan anak-anak belajar dan melihat langsung apa saja yang ada di TPA ini, meskipun kita berada di tempat pembuangan sampah tapi nyatanya tempat ini tertata dengan baik, kalau selama ini beranggapan TPA itu kotor sekarang anak-anak bisa menyaksikan sendiri betapa asrinya TPA Bengkalis,” kata Arman sembari mengatakan lalat sekalipun dilarang memasuki TPA, disambut  tawa dan tepuk tangan dari siswa.

Usai menerima penjelasan, seluruh siswa dan guru, sekaligus Kepala Sekolah SDN 12 yang ikut mendapingi langsung menikmati sarapan pagi di TPA, seluruhnya tampak lahap menimati sarapan tanpa merasa jijik, sebab TPA tersebut sudah ditata dengan baik, bahkan aroma menyengat tidak tercium sama sekali.

Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau tahapan pengelolaan sampah yang dipandu staf DLH, Ana, dimulai masuknya mobil sampah dari gerbang, kemudian melewati alat timbangan, lalu ke proses pemilahan sampah sampai pada proses pembuangan. Bahkan siswa juga dikenalkan dengan sejumlah pohon yang ditanam di areal TPA.

Bukan hanya mengenal proses pemilahan sampah, siswa yang sebelumnya telah mengumpulkan sampah disekolah melakukan penyerahan sampah untuk di timbang dan dimasukkan ke tabungan sampah .

“Kami sangat bahagia DLH sangat terbuka untuk memfasilitasi kegiatan siswa kami untuk belajar melihat tahapan-tahapan yang ada di TPA ini. Kegiatan ini penting dilakukan, agar anak-anak mengerti bahwa sampah bisa dimanfaatkan, Alhamdulillah tadi anak-anak telah menimbang sampah Anorganik yang mereka kumpulkan di sekolah, beratnya sebanyak 7 kilogram atau Rp.25.000, dan uangnya nanti akan masuk ke dalam buku tabungan berseri atas nama mereka masing-masing” kata Kepala Sekolah SDN 12, Hj. Alniwati .

Kuis berhadiah menjadi tanda berakhirnya kegiatan tersebut, seluruh siswa tampak bahagia, bagaimana tidak, selain mereka mendapat edukasi tentang pengolahan sampah, setiap anak pulang membawa bingkisan.  (der) 


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Curhatan Mahasiswa S3 Polisikan Dosen Karena Dilempar Disertasi
  • Jadwal Lengkap Presiden RI Ke-6 Di Riau
  • Terduga Teroris Aksi Teror Natal Dan Tahun Baru Ditangkap Polisi
  • Kosmetik Ilegal Akan Diedarkan Ke Kota Besar Di Indonesia Tapi Dihentikan BPOM
  • Terseret Arus Sungai Kampar, Korban Ditemukan Kondisi Meninggal Dunia
  • Evalasi Waduk PLTA Koto Panjang Mengalami Penurunan
  • Terbongkarnya Bilik Cinta Di Lapas Sukamiskin
  • Kukang Jantan Berusia Setahun Sempat Terjebak Banjir
  • Kronologis Basarnas Tangkap Ular Saat Evakuasi Korban Banjir
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved