Senin, 25/11/2019
 
Peringati Hari Juang TNI AD, Kodim 0303/Bengkalis Ikut Tanam Pohon Geronggang 

| Bengkalis Kab
Senin, 09/12/2019 - 22:00:57 WIB
Riaueksis.com

BENGKALIS - Dalam rangka hari penanaman pohon sedunia dan Hari Juang TNI AD, jajaran Kodim 0303/Bengkalis ikut dalam gerakan penanaman pohon geronggang secara masal bersama Kelompok LSM IPMPL (Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan) di Jl. Poros Sugai Alam, Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis Riau, (09/12/19).

Kodim 0303/Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetrya Harmianto. S.Sos, diwakili oleh Danramil 01/Bengkalis Mayor Arm B. Tambunan mengatakan bahwa keikutsertaan jajaran Kodim pada giat tersebut merupakan wujud rasa cinta terhadap bumi Indonesia dalam menyelamatkan bumi kita agar bisa dinikmati oleh generasi penerus mendatang.

"Dengan penanaman pohon geronggang ini diharapkan bisa mengurangi pemanasan global dan juga sekaligus mencegah dari ancaman karlahut, karena kayu geronggang ini menyimpan air," jelas Danramil

Kegiatan yang didukung oleh DPRD Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis serta Perusahaan yersebuf merupakan suatu bentuk aksi nyata dalam melestarikan lingkungan. 

Ketua DPRD Provinsi Riau Dr H. Indra Gunawan. Phd (eet) yang langsung menghadiri kegiatan tersebut mengatakan dukungan yang diberikan untuk berlangsungnya kegiatan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Bengkalis terhadap lingkungan. Karena setiap Pemerintah memiliki tanggung jawab atas lingkungan yang ada disekitarnya.

"Kami akan terus mendukung kegiatan seperti ini apalagi ini tanah gambut yang merupakan lahan yang mudah terbakar dimusim panas, dengan adanya penanaman pohon geronggang ini dapat untuk mencegak karhutla," ungkap Ketua Dewan.

Sementara itu Wakil Bupati Bengkalis, H Muhammat ST.MP mengungkapkan dengan adanya penanaman pohon geronggang ini ia sangat mendukung penuh program ini karena menurut orang nomor dua di Kabupaten Bengkalis itu selain bisa mengantisipasi dari karlahut juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kita harus berbangga denngan Kelompok LSM masyarakat Ikatan Pemuda Melayu Peduli Lingkungan yang telah mampu membudi dayakan pohon geronggang ini. 

Sehingga kedepannya kita akan mengupayakan daerah ini menjadi daerah konservasi dan akan terus dikembangkan dalam tanaman geronggang agar bisa mencegah kebakaran lahan dan hutan dan bisa meningkatkan perekonomian tinggal lagi dukungan dari berbagai pihak sehingga para petani bisa terbantu untuk mengembangkannya," ungkap Wakil Bupati Bengkalis.

Terakhir Ketua LSM IPMPL Solihin menjelaskan bahwa pohon geronggang yang telah ditanam saat ini sudah 48 hektare dengan jumlah pohon dalam 1H 10 ribu pohon geronggang yang sudah ditanam.

"Setelah ini kita akan melanjutkan kepada 40 kelompok  yang sudah terbentuk dengan jumlah lahan 2950 hektare dengan jumlah masyarakat 1495 orang dengan pemberian bibit secara geratis sebanyak 150 ribu bibit," jelas Solihin

Solihin juga berharap dengan penanaman pohon geronggang dilahan gambut nantinya bisa mengatasi terjadinya karlahut.

"Pohon geronggang ini kemampuan ikat air sangat besar sekali yang mampu menciptakan gubah-gubah gambut yang menyimpan air sehingga sulit untuk dimakan api," jelas Solihin

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Bengkalis H. Muhammad, ST, MP. Dandim 0303/Bengkalis diwakili Danramil 01/Bengkalis Mayor Arm Bismi Tambunan, SE. Polres Bengkalis diwakili Kapolsek Bengkalis AKP Maitertika, SH, MH. Ketua DPRD Riau DR. H. Indra Gunawan Eet, P.hd, Kadis Lingkungan Hidup H. Arman. Camat Bengkalis diwakili Sekcam Bengkalis Rafli Kurniawan. Camat Bantan Drs. Sufandi, MP, Ketua LSM Ikatan Pemuda Melayu peduli Lingkungan Pasla, Kepala Desa Se Kec. Bengkalis dan Kec. Bantan. Perwakilan  PT. Rapp dan PT. Sinar Mas Prio Anggoro dan beberapa ormas serta Masyarakat.(ham)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Setelah Natuna, Pulau Sebaru Disiapkan untuk Observasi 188 WNI awak kapal Diamond Princess dan world dream
  • 6 fakta menarik jelang laga Napoli VS Barcelona.
  • Komisi IV DPRD Bengkalis kembali Gelar Rapat Koordinasi terkait realisasi kegiatan 2020
  • Kapolda dan Wakil Gubernur Riau Hadiri Pelatihan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Unilak.
  • Begini Cara Unilak Dukung Pemerintah Dalam Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan
  • Parisman Ikhwan Fatah Minta Pengelola Pasar Sukaramai Pakai Hati Nurani
  • Koramil 04/Mandau Hadiri Bimtek Penanggulangan Karlahut Kec. Bathin Solapan
  • Mahatir mengundurkan diri dari jabatan perdana mentri Malaysia
  • SMSI Bantu Media Siber Riau Untuk Verifikasi ke Dewan Pers
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved