Senin, 25/11/2019
 
BI Panggil 11 Bank Bahas Gangguan ATM

Ridwan Alkalam | Ekonomi
Senin, 28/08/2017 - 18:27:50 WIB
Jakarta (riaueksis.com)- Para bankir siang ini merapat ke Bank Indonesia (BI). Kehadiran mereka kali ini untuk membahas mengenai gangguan yang dialami Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sejumlah bank akibat gangguan satelit Telkom 1.

Para bankir yang hadir dalam kesempatan ini mewakili 11 bank, antara lain BNI, BRI, Bank Mandiri, dan bank lainnya yang ikut terdampak akibat gangguan satelit tersebut. Pertemuan yang dipimpin oleh Deputi Gubernur BI Sugeng dan juga dihadiri oleh Irwan Lubis, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pertemuan tersebut berlangsung kurang lebih 90 menit, mulai dari pukul 14.00 WIB hingga 15.30 WIB.

"Diketahui sejak Jumat lalu, sejak Jumat sore ada gangguan satelit di Telkom 1. Sehingga berdampak pada sejumlah ATM perbankan saya kira ada 11 bank yang terkena dampaknya," kata Sugeng, dilansir detikFinance, Senin (28/8/2017).

Sugeng menambahkan, Telkom sebagai penyedia jasa juga telah bergerak dengan cepat dengan menerjunkan teknisinya untuk memindahkan atau repointing ke satelit Telkom lainnya, antara lain Telkom 2, Telkom 3S, dan satelit lainnya.

"Ini kan mereka kebanyakan menggunakan VSAT untuk bisa diarahkan dari satelit Telkom 1 ke arah kan mereka punya banyak puluhan ke arah telkom 2 dan 3S dan satelit lain. Bahkan satelit di luar milik Telkom ada (punya) China dan Malaysia," tutur Sugeng.

Sugeng menegaskan bahwa perbankan juga telah bergerak cepat dalam mengatasi permasalahan ini. Sehingga, nasabah yang ingin melakukan tarik tunai bisa beralih menggunakan ATM lain yang terdekat.

"Hal yang juga sangat penting perbankan juga melakukan langkah yang cepat untuk berikan pemberitahuan kepada nasabah-nasabahnya mengenai ATM-ATM yang aktif. Jadi kan ada yang mati dikasih informasi yang jelas ditempelin di ATM-ATM," ujar Sugeng.

"Tentunya semuanya bisa berjalan dengan bagus ada kerja sama, koordinasi baik BI, OJK demikian perbankan, kemudian Telkom. Kami bersatu padu. Ada Kominfo juga hadir memberikan solusi ke depan," tambah Sugeng. (wan)



Dikutip dari: detikfinance.com


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Hardianto Dukung Gubri Syamsuar evaluasi BUMD
  • Danramil 05/Rupat Bersama Tim Gabungan Kembali Berjibaku Lawan Karlahut di Pulau Rupat
  • Presiden Tinjau Posko Penanganan Karhutla Riau
  • Akpasindo Kunjungi Kelompok Tani Desa Talang Mandau
  • Turki berin300 bea siswa untuk mahasiswa Indonesia.
  • Aset Tersangka kasus Jiwasraya Ditaksir Capai Rp11 Triliun
  • Dewan Pers Berikan UKW Gratis untuk 480 wartawan
  • 29 Februari, PWI akan Gelar Porwada Catur.
  • Kasdim 0303/Bengkalis Hadiri Ijab Qobul Anak Plt Bupati Bengkalis 
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved