Senin, 25/11/2019
 
Inflasi di Riau Terendah Pasca Lebaran Selama Ini

Ridwan alkalam | Ekonomi
Senin, 03/07/2017 - 15:55:34 WIB
PEKANBARU (riaueksis.com) - Bulan Juni 2017 bersamaan libur lebaran, inflasi Riau terendah dalam sejarah yaitu 0,27 persen. Nilai ini hasil pemantauan BPS Provinsi Riau di Kota Pekanbaru, Dumai dan Tembilahan.

Kepala BPS Riau Aden Gultom dalam penjelasan pers rilisnya kepada  media mengatakan, inflasi Riau pada bulan Juni 2017 sebesar 0,27 terjadi karena adanya kenaikan indeks harga konsumen pada enam kelompok pengeluaran.

"Dengan inflasi tertinggi pada kelompok pengeluaran perumahan, air, Iistrik, gas dan bahan bakar sebesar 1,35 persen dengan andil 0,29 persen," ujarnya. 

Ia mengatakan komoditas utama yang mengalami inflasi dan memberikan andil terbesar pada kelompok ini adalah tarif Iistrik, pasir, bahan bakar rumah tangga, dan lain sebagainya. 

"Kemudian diikuti kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,57 persen dengan andil 0,10 persen. Kelompok kesehatan sebesar 0,48 persen dengan andil 0,02 persen. kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebesar 0,33 persen dengan andil 0,02 persen. kelompok sandang sebesar 0,23 persen dengan andil 0,01 persen dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,05 persen dengan andil 0,01 persen," jelasnya. 

Sementara itu, ujar Aden, kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi adalah kelompok bahan makanan sebesar 0,84 persen dengan andil deflasi sebesar 0,20 persen. 

"Ini tidak seperti biasanya. Biasanya kalau Ramadan harga pangan naik. Ini bahkan cabai dan ayam potong yang harganya mengamuk pada waktu ramadan dan lebaran, ini malah harganya stabil. Tentu ini harus kita pertahankan," ungkapnya. 

Dikatakan Aden, yang menjadi pertanyaan kenapa hal ini tidak bisa dilakukan sejak dulu. 

"Ini harus tetap kita pertahankan. Ini luar biasa," tegasnya sembari menambahkan, selama 31 tahun dirinya bekerja di BPS, inilah yang terendah. (wan)



comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Setelah Natuna, Pulau Sebaru Disiapkan untuk Observasi 188 WNI awak kapal Diamond Princess dan world dream
  • 6 fakta menarik jelang laga Napoli VS Barcelona.
  • Komisi IV DPRD Bengkalis kembali Gelar Rapat Koordinasi terkait realisasi kegiatan 2020
  • Kapolda dan Wakil Gubernur Riau Hadiri Pelatihan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Unilak.
  • Begini Cara Unilak Dukung Pemerintah Dalam Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan
  • Parisman Ikhwan Fatah Minta Pengelola Pasar Sukaramai Pakai Hati Nurani
  • Koramil 04/Mandau Hadiri Bimtek Penanggulangan Karlahut Kec. Bathin Solapan
  • Mahatir mengundurkan diri dari jabatan perdana mentri Malaysia
  • SMSI Bantu Media Siber Riau Untuk Verifikasi ke Dewan Pers
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved