Senin, 25/11/2019
 
Tips Penggunaan THR Supaya Tak Jebol

wan | Ekonomi
Minggu, 11/06/2017 - 23:58:49 WIB
JAKARTA (riaueksis.com) - Tunjangan Hari Raya (THR) yang diterima perlu dikelola dengan baik agar tak jebol. Jangan sampai, uang gajian ikut 'dimakan'.

Perencana Keuangan Eko Endarto dalam perbincangannya, mengatakan, THR memang sengaja diberikan setiap perusahaan atau instansi kepada pegawainya sebagai bekal untuk memenuhi kebutuhan di Hari Raya. Sehingga tidak salah jika THR dihabiskan untuk memaksimalkan Hari Raya.

Apalagi beberapa faktor membuat kebutuhan menjelang hari raya cenderung membengkak. Seperti halnya harga bahan pokok, kebutuhan mudik, hingga keperluan berbagi (zakat dan sedekah).

"THR itu berbeda sama bonus jadi memang penggunaan THR memang harus dihabiskan. Karena pada saat Lebaran harga-harga naik dan kebutuhan hidup kita bertambah, karena adanya hari besar. Maka bisa menjaga pengeluaran tidak melebihi THR sudah bagus sekali," ungkap Eko, Minggu (11/06/2017).

Kendati demikian, untuk menghindari pengeluaran agar tidak membludak, maka diakui Eko, sedianya seseorang membatasi pengeluaran sesuai dengan prioritasnya.

"Jadi intinya adalah batasi pengeluaran hanya sampai dengan jumlah THR yang kita dapatkan. Usahakan mengeluarkan sesuai dengan prioritasnya. Setiap orang memiliki prioritas yang berbeda-beda. Tergantung dia lebarannya seperti apa," jelasnya.

Namun, jika ingin menghadapi Lebaran dengan tujuan konsumtif, akan lebih baik jika seseorang tidak mengeluarkan melebihi budget dari THR yang diterima. Begitupun pada para pegawai yang menerima THR dan Gaji dalam waktu bersamaan. Dengan demikian kegiatan konsumtif tidak dilakukan melebihi 50% dari gaji dan THR yang diperoleh.

"Karena harapannya, sisa nanti digunakan untuk menghidupi di bulan berikutnya. Karena yang kerap terjadi, THR dan gajian kadang kala disatukan. Bisa jadi waktunya cukup panjang ke gajian pada bulan berikutnya," lanjutnya. (wan)



Dikutip dari: detikfinance.com


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Setelah Natuna, Pulau Sebaru Disiapkan untuk Observasi 188 WNI awak kapal Diamond Princess dan world dream
  • 6 fakta menarik jelang laga Napoli VS Barcelona.
  • Komisi IV DPRD Bengkalis kembali Gelar Rapat Koordinasi terkait realisasi kegiatan 2020
  • Kapolda dan Wakil Gubernur Riau Hadiri Pelatihan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Unilak.
  • Begini Cara Unilak Dukung Pemerintah Dalam Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan
  • Parisman Ikhwan Fatah Minta Pengelola Pasar Sukaramai Pakai Hati Nurani
  • Koramil 04/Mandau Hadiri Bimtek Penanggulangan Karlahut Kec. Bathin Solapan
  • Mahatir mengundurkan diri dari jabatan perdana mentri Malaysia
  • SMSI Bantu Media Siber Riau Untuk Verifikasi ke Dewan Pers
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved