Senin, 31/08/20
 
BI Perpanjang Kebijakan DP 0 Persen untuk Kendaraan Sampai Akhir Tahun 2023

Derry | Ekonomi
Kamis, 03/11/2022 - 17:25:57 WIB
Foto: internet
TERKAIT:
   
 
JAKARTA,Riaueksis.com - Bank Indonesia (BI) memperpanjang kebijakan yang muka atau down payment (DP) 0 persen untuk kredit pembelian kendaraan bermotor (mobil/motor), serta relaksasi rasio Loan to Value atau Financing to Value (LTV/FTV) kredit properti seperti pembelian rumah.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, pelonggaran rasio LTV/FTV atau DP 0 persen ini berlaku untuk semua jenis properti, baik rumah tapak, rumah susun, serta rumah toko (ruko) dan rumah kantor (rukan).

"Perpanjangan ketentuan DP 0 persen ini berlaku efektif dari 1 Januari 2023-31 Desember 2023," ujar Perry dalam Konferensi Pers Hasil Rapat Berkala KSSK IV 2022, Kamis (3/11).

Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang terdiri dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Gubernur Bank Indonesia, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), juga mendorong keterlibatan perbankan untuk menyalurkan kredit.

"Bagi bank yang memenuhi kriteria NPL/NPF tertentu, semuanya dilakukan sebagai langkah bersama dengan koordinasi KSSK untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor properti, dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko," imbuh Perry.

Senada, aturan serupa juga berlaku untuk DP kredit pembiayaan semua jenis kendaraan bermotor, yang telah dilonggarkan dengan uang muka paling sedikit 0 persen. Kebijakan ini berlaku setahun penuh pada 2023 mendatang. Sebab, pemerintah ingin mendorong pertumbuhan kredit di sektor industri otomotif.

"Kebijakan perpanjangan DP 0 persen untuk semua jenis kredit kendaraan bermotor ini untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif, dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko," tuturnya.**




Berita Lainnya :
 
  • PHR Berhasil Tambah Produksi Minyak dari Lapangan Tua Blok Rokan
  • Wiwik Widaningsih dan Pengurus PWI Siak Periode 2023-2026 Resmi Dilantik
  • Yayasan Kemala Bhayangkari Polda Riau Gelar Syukuran HUT ke-44 dan Dukung Program Generasi Emas 2045
  • PWI Riau Terima Surat Dukungan Resmi untuk HPN 2025 Oleh Pemprov Riau
  • Antusias Siswa SMA Pekanbaru Mengenal Asal Usul Migas Lewat PHR Journey Room
  • Buka Perlombaan PP-PAUD se-Provinsi Riau, Berikut Pesan Adrias Hariyanto
  • Munas BEM SI Ke-XVII, Kapolda Riau : Momentum Calon Pemimpin Masa Depan Berdiskusi untuk Bangsa dan Negara
  • Sepakat Lahirkan Kembali BUMD, Pansus BLJ Optimis Terbitkan Perda Baru
  • Sesuai Mekanisme yang Berlaku, Rekomendasi DPRD diterima oleh Pemkab Bengkalis
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved