Senin, 25/11/2019
 
Plt Gubri Resmikan Masjid Baitul Ikhlas Islamiyah

mu | Religi
Minggu, 04/01/2015 - 23:14:12 WIB
Pekanbaru (RiauEksis.Com) - Satu lagi masjid besar dan megah dibangun di Kota Pekanbaru yakni dengan diresmikannya Masjid Baitul Ikhlas Islamiyah di Jalan Gulama Ujung, Kelurahan Tangkerang Barat, Marpoyan Damai oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, Minggu (4/1/15).

Masjid ini merupakan masjid ke-14 yang dibangun kaum Jam'iyyatul Islamiyah yang berada di dalam dan luar negeri. Masjid tersebut dibangun dengan anggaran Rp11 miliar dan memakan waktu selama 2 tahun.

Pembangunan Masjid Baitul Ikhlas Islamiyah ini dibantu oleh tenaga-tenaga teknisi dan profesional lainnya dari Jam'iyyatul Islamiyah. Dibangun di atas lahan seluas 6.295 meter persegi dan dimulai pengerjaannya pada 27 November 2012 yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Pembina Jam'iyyatul Islamiyah Dr H Aswin Rose Yusuf.

Pendirian masjid sudah berdasarkan izin dari pemerintah kota dan rekomendasi Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma'ruf Amin dan Sekjen MUI Ichwan Sam. Pembangunan juga sudah menggunakan survey ke lapangan oleh Anggota Kerukuranan Umat Beragama (FKUB) H Tarmizi Ilyas.

Ketua Panitia Prof Dr H Almasdi Syahza SE MP, mengatakan, Masjid Ikhlas Islamiyah memiliki luas bangunan 1.200 meter persegi, yang terdiri dari dua lantai. Lantai pertama digunakan untuk kegiatan-kegiatan islamik, dan juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

"Juga bisa sebagai prosesi dan resepsi pernikahan, yang akan diatur pelaksanaannya. Sementara lantau dua digunakan untuk salat berjamaah," kata Almasdi Syahza.

Desain masjid ini dirancang berdasarkan paduan 'Adat Bersendi Sara, Sara Bersendi Kitabullah'. "Dimana ditandai dengan adanya kubah di tengah-tengah dan keempat sisinya dibangun memakai gaya Bumi Lancang Kuning," sambungnya.

Sementara itu, H Arsyadjuliandi Rachman menyambut positif bertambahnya rumah ibadah islam di Pekanbaru. "Kami sangat terbantu, meski juga memiliki anggaran untuk membangun dan merenovasi masjid setiap tahunnya," kata Plt Gubri.

Dengan dibangunnya masjid megah ini, diharapkan bisa senantiasa meningkatkan amal ibadah. Ini juga sebagai perwujudan kualitas iman dan taqwa, terutama bagi generasi muda.

Hadir dalam peresmian tersebut, Sekretaris Jenderal MUI H M Ichwan Sam, konsulat Malaysia dan Singapura, Sekdako Pekanbaru Sukri Harto, para alim ulama, cadik pandai, guru besar islam dari berbagai universitas, ahli agama dan para undangan lainnya.

Peresmian Masjid Baitul Ikhlas Islamiyah Pekanbaru ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Plt Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman didampingi Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Ma'ruf Amin. (gr)



comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Kasus Corona Melonjak, Italia Tutup Sekolah dan Tempat Publik di 10 Kota.
  • Natuna, I’m Coming
  • Untuk negeri bernama Natuna
  • Wakil Ketua MPR Asrul Sani : Salm Pancasila bisa lengkapi salam agama.
  • Survei: Soeharto dan Jokowi Jadi Presiden Paling Disukai
  • Antisipasi Corona, RSUD Bengkalis Observasi Lima WNA di Ruang Isolasi
  • Pendapatan Daerah di APBD 2020 Turun, DPRD Riau: Pemprov Harus Kreatif
  • Anggota DPRD Riau Minta Bapenda Lebih Aktif Razia Pajak Plat non-BM
  • DPRD Riau Soroti Kinerja Tim Terpadu Penertiban Lahan
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved