Senin, 25/11/2019
 
Sebanyak 524 Jamaah Calon Haji Asal Kabupaten Kampar Ikuti Manasik Haji di Markaz Islami

an | Religi
Selasa, 02/08/2016 - 20:33:39 WIB
Bangkinang (RiauEksis.Com) - Sebanyak 524 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Kampar mengikuti manasik haji tingkat Kabupaten Kampar di halaman Masjid Jami' Al-Ihsan Markaz Islami, Bangkinang, Selasa (2/8/16).

Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kampar Drs H Fairus MA, melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H Dirhamsyah MSY, kemarin,manasik haji pada hari pertama dilaksanakan paket umrah.

Pada hari pertama ini, seluruh JCH miqatnya di Masjid Al-Ihsan Markaz Islamic Centre Bangkinang ini (diibaratkan migat Bir Ali) sebagai miqat makaninya. Kemudian diajarkan cara memakai pakaian ihram, shalat sunat ihram dan niat untuk umrah.

Setelah diadakan evaluasi, JCH kembali ke Masjid Al-Ihsan Markaz Islamic Centre Bangkinang untuk istirahat, shalat, makan (isoma). Kemudian dilanjutkan dengan pengarahan sekaligus informasi-informasi terbaru oleh Kepala Bidang Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Riau, Drs H M Aziz MA MM.

Untuk manasik haji pada hari kedua (pada hari ini), dilaksanakan paket haji. Nantinya seluruh JCH berkumpul di Gedung Mahligai Bungsu sebagai Miqat Zamani, pada tanggal 08 Zulhijjah hari Tarwiyah dalam persiapan menuju lapangan arafah dengan pakaian ihram dan membaca talbiyah yang dipandu oleh ketua regu (karu) dan ketua rombongan (karom) untuk melaksanakan wukuf dengan kegiatan-kegitan yang telah ditentukan.

Setelah selesai melaksanakan seluruh rentetan kegiatan manasik, seluruh JCH kembali ke Masjid Al-Ihsan Markaz Islamic Centre Bangkinang untuk istirahat, isoma dan diadakan evaluasi oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kampar Dr H Mawardi Muhammad Sholeh Lc MA. Dan kemudian dilanjutkan dengan penutupan manasik haji serta melepas JCH Kampar secara resmi oleh Bupati Kampar.

“Kita berharap, mudah-mudahan pelaksanaan manasik haji tingkat Kabupaten Kampar ini bisa berjalan lancar, aman dan kondusif, sesuai apa yang diharapkan bersama,’’ harapnya. (re)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Kapolda dan Wakil Gubernur Riau Hadiri Pelatihan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Unilak.
  • Begini Cara Unilak Dukung Pemerintah Dalam Pencegahan Kebakaran Hutan Dan Lahan
  • Parisman Ikhwan Fatah Minta Pengelola Pasar Sukaramai Pakai Hati Nurani
  • Koramil 04/Mandau Hadiri Bimtek Penanggulangan Karlahut Kec. Bathin Solapan
  • Mahatir mengundurkan diri dari jabatan perdana mentri Malaysia
  • SMSI Bantu Media Siber Riau Untuk Verifikasi ke Dewan Pers
  • Pemerintah Italia dilaporkan izinkan laga tanpa penonton.
  • Lapangan Kerja Minim, Ribuan Lulusan Penerbangan Mengeluh Nganggur
  • Tempat Penampungan sementara Sukaramai Ramayana, Tetap akan Dibongkar.
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved