Senin, 25/11/2019
 
Advertorial Pemkab Rohul
Tingkatkan Layanan, BKPP Rohul Rancang Aplikasi Sakti

ditma | Advertorial
Jumat, 23/11/2018 - 08:19:46 WIB
PASIRPENGARAIAN,RiauEksis.Com - Sadar akan belum optimalnya layanan Kepegawaian di instansi yang di pimpimnya, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Muhamad Zaki S.stp, membuat sebuah terobosan besar guna mengoptimalkan system layanan pegawai di lingkungan pemkab rohul.

Dengan memanfaatkan perkembangan tekhnologi komunikasi berbasis Internet yang berkembang pesat akhir-akhir ini, Mantan Kepala Bagian tata Pemerintaha Pekmkab Rohul tersebut, Terinspirasi membuat sebuah inovasi dengan menciptakan sebuah system Layanan kepegawaian terpadu, yang diberi nama Sistem Aplikasi Kepagawain Terintegrasi atau disingkat “Sakti”.

Guna menyempurnakan Sistem Aplikasi ini, Kepala BKPP Rohul, Muhamad Zaki, Rabu (21/11/2018) menggelar soft Launcing Aplikasi tersebut di aula Kantor BKPP Rohul bersama Perwakilan ASN Dari Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Rohul.

“Melalui soft launcng ini kita meminta masukan dari ASN untuk nanti kita sempurnakan. Setelah kita sempurnakan, insya allah Aplikasi Sakti ini bias kita Grand Launcing pada Awal tahun 2019 nanti” kata Zaki, di sela-sela kegiatan Soft Launcing Aplikasi Sakti.

Menurut Zaki, Ide pembuatan Aplikasi “Sakti” ini di ilhami dari banyaknya keluhan ASN, terkait alur Birokrasi pelayanan kepagawaian seperti layanan izin cuti, izin belajar dan tugas belajar dan Layanan kepegawaian lainya, yang dinilai cukup rumit dan tidak efesien, terutama bagi ASN yang bertugas jauh dari Ibukota.

Atas dasar itulah, Zaki mengaku terpanggil untuk memberikan buah pikirnya, guna membenahi pelayanan kepegawaian dengan tujuan agar ASN di lingkungan Pemkab Rohul dapat terlayani dengan baik dan optimal.

Dalam Sistem Aplikasi kepegawaian Terintegrasi ini, ada 4 Aplikasi yang di ciptakan zaki untuk menjamin kemudahan layanan bagi pegawai di seluruh wilayah Rokan hulu. 4 aplikasi tersebut masing-masing aplikasi cuti, aplikasi data base pegawai, aplikasi izin belajar dan tigas belajar dan aplikasi SKP online.

"kalau untuk izin cuti misalnya, pegawai hanya tinggal mengklik aplikasi ini dan mengajukan cuti secara online. 

Dokumen yang diperlukan tinggal di upolod ke aplikasi ini kemudian akan langsung diproses BKPP. tahapan prosesnya juga dapat di cek secara online dan pegawai tidak perlu menjemput izin yang sudah diproses karena tingfgal di print sendiri oleh pemohon” Jelasnya.

Zaki mengklaim, melalui aplikasi Sakti ini, dapat memberikan efesiensi waktu, biaya, dan juga memangkas birokrasi pelayanan kepegawaian yang selama ini terlalu ruwet. Dan yang terpenting, Layanakan kepegawaian dapat dilakukan secara transpran serta menjamin pelayanan kepegawaian bebas pungutan liar.

Selain 4 Aplikasi bagi pegawai lanjut Zaki, dirinya juga membuat aplikasi simulasi CAT tes CPNS yang bisa diakses masyarakat, menurut Zaki, dirinya sengaja membuat Aplikasi CAT ini, karena melihat banyaknya pelamar CPNS yang gagal lulus Passing grade, uji CPNS karena belum terbiasa tes dengan CAT.

" saya terpikir membuat aplikasi ini, karena kita tahu bawha tes CAT masih banyak masyarakt belum tahu bagaiaman cara melaksanaan tes melalu cat. Melalui aplikasi ini kita ingin memberikan gambaran simulasi cat seperti yang dibuat BKN. Melalui aplikasi ini, masyarakat yang ingin pelamar CPNS di suguhkan bagaianama suasana ujian CAT dengan waktu sama seperti ujian CPNS yakni 90 menit” Terangnya.

Zaki berharap, setelah di soft Launching, seluruh aplikasi yang ada dalam aplikasi Sakti ini bisa selesai di akhir tahun 2018 ini, sehingga diharapkan pada januari 2019 aplikasi bisa beroperasi total untuk memberikan kemudahan layanan bagi seluruh pegawai di negeri seribu suluk. (adv)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Babinsa Koramil 02/T. Tinggi Bersama Masyarakat Desa Batin Suir Patroli Karlahut Daerah Rawan Kebakaran
  • HUT Ke 74 Tahun, Pc Pafi Rohul Baksos Didesa Koto Ranah Kecamatan Kabun
  • KPAI Telusuri Ucapan Komisioner 'Wanita Berenang Bersama Pria Bisa Hamil'
  • Virus Corona Diduga Telah Bermutasi, Kemenkes: Tanpa Gejala Bisa Positif
  • Laksanakan Patroli Karlahut, Babinsa Koramil 06/Sei Apit Larang Masyarakat yang Berkebun Bakar Lahan
  • Hardianto Dukung Gubri Syamsuar evaluasi BUMD
  • Danramil 05/Rupat Bersama Tim Gabungan Kembali Berjibaku Lawan Karlahut di Pulau Rupat
  • Presiden Tinjau Posko Penanganan Karhutla Riau
  • Akpasindo Kunjungi Kelompok Tani Desa Talang Mandau
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved