Senin, 25/11/2019
 
Advertorial Pemkab Rohil
Pemkab Rohil Perhatikan Ketersediaan Air Bersih untuk Masyarakat

ditma | Advertorial
Kamis, 06/12/2018 - 08:27:53 WIB
BAGANSIAPIAPI,RiauEksis.Com -  Pemkab Rohil dan Pemerintah Provinsi Riau menggesa pembangunan sistem pengelolaan Air minum (SPAM) Regional Durolis (Dumai,Rohil,Bengkalis). 

Seperti diketahui SPAM Regional merupakan upaya mempermudah masyarakat memperoleh air minum dan air baku di lintas kabupaten, kota, yang menaungi Kabupaten Rohil, Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis.

Pembangunan SPAM Regional Durolis ini direncanakan memiliki kapasitas sebesar 1.600 liter/detik yang terbagi dalam tiga tahap. Tahap I sebesar 400 liter/detik ini akan dimulai pembangunannya pada TA. 2017 dan akan melayani Kabupaten Rokan Hilir tahap pertama (Tanah Putih Tanjung Melawan, Rimba Melintang, Bangko Pusako). Sementara untuk Kota Dumai serta Kabupaten Bengkalis (Mandau, Pinggir) dengan masing-masing jumlah sambungan rumah (SR) yang akan terbangun di Dumai 15.000 SR, Rokan Hilir 10.000 SR, Bengkalis 15.000 SR. dengan bahan baku yang bersumber dari Sungai Rokan yang telah teruji kelayakannya untuk digunakan sebagai air minum. 


 Gambar mungkin berisi: 9 orang, orang berdiri
Bupati H Suyatno bersama Gubernur Riau h Arsyadjuliandi Rahman, bupati dan walikota menekan tombol sirine pembangunan SPAM Durolis.

Tahap I ini akan menelan biaya kurang lebih Rp800 miliar yang didanai bersama oleh APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota masing masing.


Gambar mungkin berisi: 5 orang, orang tersenyum, orang berdiri
Pembangunan SPAM Regional Durolis ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Riau H. Arsyadjuliandi Rachman di Jalan Iku, Kepenghuluan Melayu Besar, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan.

Direktur Pengembangan Sumber Daya Air, Ir Muhammad Sundoro menjelaskan, SPAM Regional Durolis ini nantinya akan memiliki kapasitas 1.600 liter per detik di bagi menjadi tiga tahap. Tahap satu 400 liter per detik akan dimulai pada Tahun Anggaran 2017 yang melayani 6 Kecamatan di Kota Dumai, yakni Dumai Kota, Dumai Barat, Dumai Timur dan Dumai Selatan.

Kabupaten Rokan Hillir ada tiga, diantaranya Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kecamatan Rimba Melintang dan Kecamatan Bangko Pusako. Sedangkan Kabupaten Bengkalis berada di Kecamatan Mandau dan Kecamatan Pinggir.

Dengan rincian sambungan rumah (SR), Kota Dumai 1500 rumah, Rokan Hilir 10.000 rumah, dan Kabupaten Bengkalis 15.000 rumah. Sumber air akan diambil dari aliran air Sungai Rokan di Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan.

Dalam pidato sambutanya, Bupati Rokan Hilir H. Suyatno mengemukakan usulan terkait penamaan SPAM yang telah ditetapkan oleh pemerintah provinsi dengan nama SPAM DUROLIS (Dumai,Rohil,Bengkalis) agar diganti menjadi RODULIS yg bermakna Rokan Hilir, Dumai dan Bengkalis. Menggingat penempatan SPAM terletak di Kabupaten Rokan Hilir, dan  hal ini merupakan saran dari para anggota DPRD Provinsi Riau Daerah pemilihan Rokan Hilir, DPRD Rohil serta para tokoh masyarakat. (adv)



comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • HUT Ke 74 Tahun, Pc Pafi Rohul Baksos Didesa Koto Ranah Kecamatan Kabun
  • KPAI Telusuri Ucapan Komisioner 'Wanita Berenang Bersama Pria Bisa Hamil'
  • Virus Corona Diduga Telah Bermutasi, Kemenkes: Tanpa Gejala Bisa Positif
  • Laksanakan Patroli Karlahut, Babinsa Koramil 06/Sei Apit Larang Masyarakat yang Berkebun Bakar Lahan
  • Hardianto Dukung Gubri Syamsuar evaluasi BUMD
  • Danramil 05/Rupat Bersama Tim Gabungan Kembali Berjibaku Lawan Karlahut di Pulau Rupat
  • Presiden Tinjau Posko Penanganan Karhutla Riau
  • Akpasindo Kunjungi Kelompok Tani Desa Talang Mandau
  • Turki berin300 bea siswa untuk mahasiswa Indonesia.
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved