Minggu, 21 Oktober 2018
 
Advertorial Pemko Pekanbaru
Muskomwil Apeksi I, Walikota se-Sumatera Kagumi Perkembangan Pekanbaru

Ditma | Advertorial
Selasa, 06/02/2018 - 19:49:11 WIB
PEKANBARU, Riaueksis.com - Perkembangan Pembangunan Kota Pekanbaru di bawah kepemimpinan Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus ST, M.T mendapat apresiasi dari 24 peserta Muskomwil Apeksi. Salah satunya pujian langsung datang dari Ketua Umum Apeksi Hj Airin Rachmi Diany, SH, MH. Pada kesempatan itu peserta Muskomwil Apeksi diajak meninjau langsung Pekanbaru Command Center yang berada di Kantor.

Diskominfo Kota Pekanbaru, Jalan Pepaya. Peninjauan yang dilakukan Walikota Pekanbaru bersama Ketum Apeksi beserta peserta Apeksi pada Jumat (2/2/2018) lalu tujuannya untuk mengenalkan lebih jauh tentang bagaimana fungsi dan manfaat dari perangkat IT yang ada di Pekanbaru Command Center. 

"Pekanbaru Command Center ini sangat banyak manfaatnya. Selain itu,  Pekanbaru Command Center ini juga disediakan koneksi CCTV dengan alat canggih untuk melihat aktifitas kota, sehingga  lebih cepat dan akurat dalam mematau perkembangan kota Pekanbaru," papar Kadis Kominfo Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra.

Usai video conferens antara Walikota Pekanbaru dengan Kabid Pengelolaan dan Layanan Komunikasi dan Informasi Publik, Mawardi, S.Ag yang saat itu tengah berada di RTH Tunjuk Ajar Integritas di Jalan Ahmad Yani Airin menyatakan


ketertarikannya dan memuji beberapa aplikasi berbasis IT yang ada di Pekanbaru Command Center. Airin bahkan berencana akan menurunkan jajarannya di Dinas Kominfo Kota Tangsel untuk belajar mengenai perkembangan IT ke Diskominfo Kota Pekanbaru.

"Saya sangat suka dengan aplikasi tentang  Sipadu dan pertahanan itu," kata Airin. Sementara pada kunjungan ke Pekanbaru Command Center ini para tamu walikota yang hadir sempat terkesima dan terpesona dengan alat layanan aplikasi yang canggih dalam percepatan smart city yang digagas oleh Diskominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru tersebut. Kekaguman Walikota Tangsel ini ternyata juga disambut oleh sejumlah kepala daerah lainnya yang ikut dalam konverensi pers saat itu. 

Walikota Pekanbaru menjelaskan bahwa dua aplikasi tersebut digagas oleh Camat Bukitraya, Masykur Tarmizi, dan Camat Rumbai Zulhelmi. Sebelumnya, sebanyak 24 kepala daerah dari 5 provinsi di Sumatera melakukan penanaman pohon khas daerah masing-masing dalam rangkaian acara Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) I Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Penanaman pohon ini adalah sebagai bentuk penghijauan yang dilakukan Walikota masing–masing kota peserta Apeksi.


"Penanaman pohon ini merupakan momentum menjaga dan melestarikan lingkungan dan alam yang berada di sekitar kita. "Inti dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk atau simbol kebersamaan serta persahabatan dalam melestarikan lingkungan di Indonesia," tukas Firdaus yang saat itu menanam pohon Kapulasan salah satu pohon langka di Riau.

Pada kesempatan lain Walikota Padang, Mahyeldi Anharullah memberikan apresiasi kepada Pemko Pekanbaru, khususnya Walikota Pekanbaru yang telah berhasil menjadikan Kota Pekanbaru bukan saja sebagai Kota Madani tapi juga kota yang smart city ditandai dengan keberhasilannya mengelola dan menerapkan pelayanan publik berbasis IT. "Perlu kita contoh apa yang sudah dilakukan Walikota Pekanbaru. Bukan hanya slogan tapi menjadi Kota Smart City yang madani sudah dapat diterapkan dilingkungan pemerintahan Kota Pekanbaru," kata Mahyeldi.

Dikatakannya, Kota Padang juga akan berupaya menerapkan sistem berbasis IT dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain dapat dilakukan secara online, pelayanan juga tidak memakan waktu lama dan dapat menghindari adanya pungutan liar yang selama ini sulit untuk dibasmi.    


Berdasarkan hasil sidang pleno Muskomwil I Apeksi yang digelar selama 3 hari yakni mulai tanggal 1-3 Februari 2018 itu memutuskan dari lima provinsi di wilayah regional I, Walikota Pekanbaru DR.H. Firdaus ST.MT terpilih sebagai Ketua Komisariat Wilayah I Regional Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (Komwil I APEKSI).


Pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua Apeksi Pusat Airin sekaligus Walikota Tangerang Selatan di Hotel Aryaduta Pekanbaru. Proses pengukuhan pengurus Komwil I APEKSI dilangsungkan sebelum shalat Jumat (2/2/2018). Sedangkan pelantikan dilaksanakan pada malam harinya. Dalam susunan kepengurusan ditetapkan juga Wakil Ketua I Aceh Aminullah Usman, Wakil II Bukittinggi Ramlan Nurmatias dan Wakil III Sibolga Syarfi Hutauruk.

"Alhamdulilah, selaku tuan rumah kita sudah menggelar perhelatan Muskomwil Apeksi I 2018 dan hasilnya juga sudah sama-sama kita ketahui. Pada kesempatan kemarin itu, masing-masing kepala daerah itu saling berbagi dan tukar pengalaman tentang bagaimana menata kelola daerahnya. Alhamdulillah, pemaparan penerapan Smart City Madani mendapat sambutan baik dari seluruh peserta, bahkan seperti disampaikan Ketum yang juga walikota Tangsel akan mengirimkan utusannya untuk belajar ke Pekanbaru," imbuh Wako. (adv)                                         


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • BPJS Kesehatan Saki-sakitan, Akan Menghambat Elektabilitas Petahana
  • Defisit BPJS Kesehatan Terus Menumpuk Dan Diperkirakan Angkanya Bisa Mencapai Rp16,5 Triliun
  • Kebijakan Ahok Soal Dana Sampah Di Bantargebang Bekasi
  • Bupati Rohul Menyatakan Dirinya Tak Hadir Deklarasi Dukungan Jokowi
  • Lokasi Dan Jadwal Ujian CPNS 2018 Di Riau
  • DPRD Riau Akan Terus Mengawal agar Embarkasi Haji Antara Riau
  • Dua Rumah Semipermanen Di Tenayan Raya Terbakar, 1 Pria Tewas Terbakar
  • Tahun 2019 Upah Minimum Provinsi Naik 8,03%, Disnaker Gelar Pertemuan Dengan BPS
  • PT JJP Menggugat Balik Profesor Bambang Hero Saharjo Untuk Membayar Kerugian Rp 510 miliar
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved