Senin, 25/11/2019
 
Advertorial Pemkab Kepulauan Meranti
Upacara HUT RI Ke-72 Kepulauan Meranti Khidmat dan Lancar

Ditma | Advertorial
Kamis, 17/08/2017 - 13:53:09 WIB
SELATPANJANG (riaueksis.com) - Upacara peringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI di Kabupaten Kepulauan Meranti berlangsung khidmat dan lancar, meski sempat diguyur hujan. Upacara di halaman Kantor Bupati Meranti tahun ini bertindak sebagai pembina Upacara Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi.

Pembaca Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kepulauan Meranti H Fauzy Hasan, Komandan Upacara Kapt Inf TNI Efendi Sihombing, Perwira Upacara Mayor. Artileri TNI Bismi Tambunan. Pasukan Pengibar Sangsaka Merah Putih Danton Paskibraka Firdaus, Pembawa Baki Pagi Melya Sukma, Pengibar Bendera Yusril Mahendra M Wais Al Khairani Irfan.

Foto Syahrul.

Bupati Kepulauan Meranti atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan Selamat HUT RI Ke-72 Tahun 2017. Ia berharap sempena HUT RI ini akan membawa Indonesia lebih maju dan sejahtera. Khusus bagi masyarakat Kepulauan Meranti. Bupati berharap masyarakat semakin matang dan dewasa cerdas serta mampu berdemokrasi dengan baik seiring terus meningkatkanya infrastruktur pembangunan di Kepulauan Meranti.

"Kita akan berupaya membangun infrastruktur sebaik baiknya dengan harapan seluruh pulau-pulau di Meranti memiliki infrastruktur yang memadai yang akan memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Meranti.

Pada kesempatan itu tak lupa Bupati menghimbau kepada generasi muda Meranti untuk terus bersemangat. Sebab, sebagai generasi penerus roda estafet pembangunan yang akan datang pemuda harus dapat menjaga diri tidak mudah terpengaruh dengan hal negatif, baik narkoba, pergaulan bebas dan lainnya yang dapat menurunkan kwalitas pemuda dimasa depan.

"Saya yakin dan percaya pemuda Meranti hebat.. Merdeka..!!!," pungkas Bupati. 

Pantauan media, pengibaran sang saka Merah Putih berlangsung dengan sempurna, yang mulai dari pengambilan bendera pusaka oleh pembawa baki terpilih Melya Sukma hi gga pengibaran oleh Yusril Mahendra, M Wais Al Khairani, dan Irfan.

Foto Syahrul.

Upacara HUT RI Ke-72 Kabupaten Kepulauan Meranti juga berlangsung semarak dengan adanya penampilan tarian kolosal yang apik dari Forum Anak Meranti dan atraksi Barongsai dan anggota Polisi Mapolres Kepulauan Meranti.

Masyarakat sekitarpun diberikan kesempatan untuk menyaksikan seluruh prosesi Upacara HUT RI tersebut, tampak tua, muda, anak-anak keluarga dari Paskibraka memadati lapangan kantor Bupati Kepulauan Meranti semuanya tampak bergembira dalam perayaan hari kemerdekaan Indonesia itu. 

Wabup Serahkan Remisi 

Peringatan HUT Ke-72 Republik Indonesia Tahun 2017 juga membawa kebahagiaan bagi para warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Selatpanjang. Tahun ini, sesuai surat keputusan Menteri Hukum dan HAM RI sebanyak 106 Narapida menerima remisi, surat pengurangan masa tahanan ini diserahkan kangsung oleh Wakil Bupati H Said Hasyim didampingi Ka Lapas Selatpanjang Rio Chaidir, Kamis (17/8).

Foto Syahrul.

Turut hadir dalam acara penyerahan surat remisi itu, Kapolres Meranti AKBP Barliansyah, Kajari Meranti Suwaryana SH, Pabung Kodim Bengkalis, Sekretaris Daerah Yulian Norwis, Perwakilan Lanal Dumai, Ketua MUI dan sejumlah Pejabat Eselon II, III di lingkungan Pemkab. Meranti.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Ka Lapas Selatpanjang Rio Chaidir, saat ini jumlah warga binaan di Lapas Selatpanjang berjumlah 224 orang. Jumlah tersebut dinilai sudah over capasitas karena Lapas Selatpanjang idealnya ditempati oleh 83 orang. Akibatnya, satu kamar sel yang harusnya ditempati maksimal 5 orang terpaksa diisi hingga 15 orang.

Dari jumlah keseluruhan warga binaan itu, yang memperoleh remisi sebanyak 106 orang, sementara 132 lainnya masih menunggu keputusan Kemenkum HAM RI. Berkat remisi yang diberikan sebanyak 1-5 bulan 2 orang Narapidana bisa menghirup udara segar.

Menyikapi hal tersbut, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Said Hasyim mengucapkan selamat kepada saudara warga binaan yang memperoleh remisi. Wakil Bupati juga mengapresiasi penampilan tarian seni (sekapir sirih) yang ditampilkan langsung oleh para wanita warga binaan lapas Selatpanjang. Menurutnya itu adalah bukti pembinaan di Lapas telah dapat melembutkan jiwa dan rasa sehingga mampu berkarya seni. Hal itu juga dapat merubah perasaan yang mengarah pasa perbuatan kriminal dapat diminimalisir sehingga saat kembali kemasyarakat para warga binaan dapat berintegrasi kembali secara sehat.

Foto Syahrul.

HUT RI yang saat ini dirayakan di seluruh Indonesia termasuk di Meranti, harus dimaknai oleh warga binaan dengan komitmen terus memperbaiki diri dengan begitu kedepan dapat berbuat lebih baik lagi untuk tumpah darah Indonesia.

Ditambahkan Wabup, pemberian remisi bukan semata merupakan suatu hak yang didapat dengan mudah dan bukan bentuk kelonggaran agar Napi bisa bebas, tapi merupakan sebuah kewajiban dari Kemenkum HAM untuk ikut melaksanakan program pembinaan, mengurangi dampak negatif dari lingkungan Lapas dan stimulan bagi warga binaan untuk terus memperbaiki diri. 
Pemberian remisi juga bertujuan untuk meringankan dampak Psikis dan frustasi selama dalam penahanan sekaligus mengurangi dampak kriminalitas dan kerusuhan yang kerap terjadi didalam Lapas. 

"Saya berharap, semoga remisi ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menjalani kehidupan yang lebih baik dimasa yang akan datang," pungkas Wakil Bupati H. Said Hasyim. (advertorial)

Foto Syahrul.




comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Babinsa Koramil 02/T. Tinggi Bersama Masyarakat Desa Batin Suir Patroli Karlahut Daerah Rawan Kebakaran
  • HUT Ke 74 Tahun, Pc Pafi Rohul Baksos Didesa Koto Ranah Kecamatan Kabun
  • KPAI Telusuri Ucapan Komisioner 'Wanita Berenang Bersama Pria Bisa Hamil'
  • Virus Corona Diduga Telah Bermutasi, Kemenkes: Tanpa Gejala Bisa Positif
  • Laksanakan Patroli Karlahut, Babinsa Koramil 06/Sei Apit Larang Masyarakat yang Berkebun Bakar Lahan
  • Hardianto Dukung Gubri Syamsuar evaluasi BUMD
  • Danramil 05/Rupat Bersama Tim Gabungan Kembali Berjibaku Lawan Karlahut di Pulau Rupat
  • Presiden Tinjau Posko Penanganan Karhutla Riau
  • Akpasindo Kunjungi Kelompok Tani Desa Talang Mandau
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved