Senin, 31/08/20
 
Advertorial Pemkab Rohul
Plt Bupati Sukiman Resmikan MTQ Ke-16 Rohul 2016

Ditma | Advertorial
Jumat, 02/09/2016 - 16:21:01 WIB

TERKAIT:
   
 
Riaueksis.com - Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-16 tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) 2016 resmi dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Rohul H. Sukiman, Kamis (1/9/2016) malam.

MTQ Rohul tahun ini yang diikuti 471 qori dan qoriah dari 16 kecamatan di Negeri Seribu Suluk akan digelar selama lima hari, dan baru berakhir 5 Agustus 2016 mendatang. Pembukaan MTQ ke-16 tahun 2016 diawali Tari Persembahan melibatkan seratus siswi SMA dari beberapa sekolah. Acara dilanjutkan devile qori dan qoriah dari 16 kecamatan.

Meski sempat diguyur hujan rintik, namun tidak mengurangi kemeriahaan. Letupan kembang api menandakan dimulainya MTQ XVI tingkat Kabupaten Rohul 2016.

Acara pembukaan MTQ tahun ini dihadiri Pgs. Kepala Kanwil Kemenag Riau Drs H. Mahyuddin MA, pejabat Forkompinda Rohul, para pejabat di lingkungan Pemkab Rohul, dan belasan ribu masyarakat.

Ketua Panitia MTQ XVI Rohul 2016, Syaiful Bahri, juga Asisten II Ekonomi Pembangunan Setdakab Rohul melaporkan pelaksanaan MTQ ke-16 Rohul 2016 dibiayai APBD 2016.

Pada MTQ tahun ini, ada lima cabang MTQ dilombakan oleh panitia, terdiri cabang Tilawah, Tahfizh Quran, Kaligrafi, Fahmil Quran, dan Syarhil Quran.

Pgs Kakanwil Kemenag Riau Mahyuddin mengatakan sedikitnya ada tiga poin tujuan dilaksanakan. Pertama sebagai syiar Islam. Kedua, secara bersama-sama, dari MTQ kali ini umat Islam lebih mengamalkan ajaran-ajaran terkadung di Alquran.

"Sekarang lihat banyak penyakit masyarakat (Pekat) di tengah-tengah masyarakat, karena kita sudah lari dari ajaran Alquran," jelasnya.

Mahyuddin mengapresiasi peraturan Gubernur Riau soal Gerakan Maghrib Mengaji yang sudah dicanangkan. Program ini diharapkan didukung dan dilakukan oleh generasi muda untuk mengetahui isi kandungan Alquran dan mengamalkan di kehidupan sehari-hari, sehingga mereka jauh dari Pekat, terutama bahaya Narkoba.

Masih di tempat sama, Plt Bupati Rohul Sukiman mengatakan even MTQ tidak asing lagi bagi masyarakat Muslim di Indonesia, apalagi telah jadi even tahunan mulai tingkat desa sampai tingkat nasional dan internasional.

MTQ, jelas Sukiman, juga salah satu upaya mempercepat pembangunan rohani. Apalagi, salah satu misi Rohul adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan. 

"Semoga keinginan ini dapat diwujudkan melalui MTQ," kata Sukiman, dan mengharapkan melalui MTQ tahun ini, terwujud Revolusi Mental yang rahmatin lil alamin.

Alquran, menurut Sukiman, sebagai sumber aspirasi dan sumber ilmu pengetahuan tdk akan habis digali. Alquran juga berisi sejarah dan filsafah hidup.

Alquran, diakuinya, juga memberikan pencerahan bagi yang membacanya dan memberikan kebahagiaan lahir bathin.

"Siapapun yang membaca Alquran akan meningkatkan keimanan dan ilmu pengetahuannya," kata Sukiman dan berharap Alquran bukan hanya dibaca, namun diamalkan di kehidupan sehari-hari.

Plt Bupati Rohul mengucapkan selamat bertanding ke 471 qori dan qoriah. Bagi pemenang, ia minta mereka untuk mempersiapkan diri mengikuti MTQ tingkat Provinsi Riau. "Dan bagi yang belum menang, teruslah belajar keras agar jadi pemenang di kemudian hari," imbau Sukiman.(Adv)





Berita Lainnya :
 
  • Semangat Berbagi PHR, Wujud Syukur atas Keberhasilan Tajak Sumur Eksplorasi Pinang East
  • Ini Pesan Kapolda Riau Saat Safari Ramadhan di Masjid Muthmainnah
  • Bupati Kasmarni Khatam Bersama Para Santri Penghafal Qur'an
  • Polda Riau Gelar Rapat Lintas Sektoral Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024
  • Indosat Ooredoo Hutchison Ajak Masyarakat Bersama Rayakan Indah Ramadan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal
  • Ditresnarkoba Polda Riau Gerebek Rumah di Pangeran Hidayat Pekanbaru, Puluhan Butir Pil Extasi di Amankan
  • Konservasi Gajah PHR Mendunia, Raih Green World Environment Awards 2024 di Brasil
  • Bupati Bengkalis Serahkan LKPD Unaudited Tahun 2023 ke BPK RI Riau
  • PT SPR Serahkan Laporan Tahunan Tatakelola Informasi Publik ke KI Riau
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved