Bagansiapiapi - Plt Sekda Rohil, Drs. Surya Arpan,M.Si meminta awak media lebih profesional dalam menjalankan tugas tugas jurnalistik. Terlebih lagi, menjamurnya media cetak dan online sehingga membutuhkan kepiawai"> Bagansiapiapi - Plt Sekda Rohil, Drs. Surya Arpan,M.Si meminta awak media lebih profesional dalam menjalankan tugas tugas ju" />


Senin, 25/11/2019
 
Advertorial Pemkab Rohil
Plt Sekda Kabupaten Rohil Minta Kepada Media Agar Lebih Profesional Menjalankan Tugas Jurnalistik

am | Advertorial
Kamis, 14/04/2016 - 16:41:02 WIB
Bagansiapiapi - Plt Sekda Rohil, Drs. Surya Arpan,M.Si meminta awak media lebih profesional dalam menjalankan tugas tugas jurnalistik. Terlebih lagi, menjamurnya media cetak dan online sehingga membutuhkan kepiawaian seorang jurnalis untuk menguasai teknologi dan Undang-undang yang berhubungan dengan tugas wartawan.

"Kita menyadari, dunia jurnalistik sekarang mengikuti perkembangan zaman. Terlebih lagi banyak melahirkan media online. Hanya sekali "klik", maka terbitlah sebuah berita," kata Surya Arpan ketika mengukuhkan secara resmi kepengurusan Forum Wartawan Rokan Hilir (Fowa Rohil), di gedung serbaguna, Selasa (12/4/16) malam.

Agar tidak menjadi polemik terkait berita yang diterbitkan, Surya meminta jurnalis yang bekerja di media online mengutamakan kode etik jurnalistik. 
Apalagi berita yang berhubungan dengan nama baik seseorang. Karena berita yang terbit tanpa konfirmasi kepada yang bersangkutan akan menimbulkan persepsi dikalangan pembaca bahwa apa yang diberitakan adalah sesuai dengan kenyataan.

"Saya menyadari, dengan goresan tinta wartawan, bisa membuat orang baik menjadi buruk, dan orang buruk menjadi baik. Dan melalui tulisan wartawan juga, bisa menggiring opini publik melalui pikiran yang dia sampaikan," katanya.

Menurutnya, profesi wartawan sama dengan profesi hakim ataupun dokter. Untuk itu, dia meminta wartawan harus profesional dan menguasai bidangnya. Ia juga meminta untuk tidak memvonis orang lain melalui tulisan. Karena yang berhak memutuskan orang itu bersalah adalah pengadilan.

"Kami merasa tidak semua aparat benar. Tapi dengan adanya media, akan selalu mengingatkan kami untuk berbuat lebih baik," kata Surya yang berjanji akan mengakomodir kepentingan wartawan tahun ini.

Pengukuhan kepengurusan Fowa Rohil yang beranggotakan sebanyak 33 pengurus, merupakan organisasi profesi kewartawanan yang bersifat lokal. Bahkan sebelum pengukuhan, pengurus inti sudah melakukan koordinasi dengan Dewan Pers di Jakarta. Kala itu mereka disambut komisioner dewan pers, Dra. Wati, M.Si.

Pada saat yang sama, ketua Fowa Rohil, Dahrin,S.Sos sangat mengapresiasi peran pemerintah dalam membantu tugas tugas jurnalistik dengan menggerakkan munculnya wartawan pemula.

Dia juga berjanji akan melakukan pembinaan kepada seluruh wartawan yang tergabung dalam Fowa Rohil agar membuat tulisan berita yang lebih berimbang serta dapat dipertanggungjawabkan.(adv/hms/rec) 



comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Babinsa Koramil 02/T. Tinggi Bersama Masyarakat Desa Batin Suir Patroli Karlahut Daerah Rawan Kebakaran
  • HUT Ke 74 Tahun, Pc Pafi Rohul Baksos Didesa Koto Ranah Kecamatan Kabun
  • KPAI Telusuri Ucapan Komisioner 'Wanita Berenang Bersama Pria Bisa Hamil'
  • Virus Corona Diduga Telah Bermutasi, Kemenkes: Tanpa Gejala Bisa Positif
  • Laksanakan Patroli Karlahut, Babinsa Koramil 06/Sei Apit Larang Masyarakat yang Berkebun Bakar Lahan
  • Hardianto Dukung Gubri Syamsuar evaluasi BUMD
  • Danramil 05/Rupat Bersama Tim Gabungan Kembali Berjibaku Lawan Karlahut di Pulau Rupat
  • Presiden Tinjau Posko Penanganan Karhutla Riau
  • Akpasindo Kunjungi Kelompok Tani Desa Talang Mandau
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved