Senin, 31/08/20
 
Advertorial
Plt Gubri Hadiri Sosialisasi Implementasi MEA 2015

Ditma | Advertorial
Minggu, 13/12/2015 - 13:45:37 WIB

TERKAIT:
   
 
Dalam menghadapi Peluang dan tantangan MEA tahun 2015, Pelaksanaan Tugas (Plt) Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman menghadiri program acara Sosialisasi Implementasi Masyarakat Ekonomi Asean yang diselenggarakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Darmin Nasution, di hotel Borobudur Jakarta Pusat, Rabu (4/11/2015).

Mengusung tema "Peluang dan Tantangan" kegiatan ini dibuka oleh Menko Bidang Perekonomian RI, Darmin Nasution dan dihadiri  Kepala Daerah dan Kepala SKPD se-Indonesia, Kadin, Civitas Akademika, Pejabat Lembaga dan Kementrian RI, Otoritas Jasa Keuangan, Perwakilan Bank Indonesia dan Nara sumber dari 7 negara anggota Asean.

Menurut Darmin, dalam mempersiapkan tantangan ini pemerintah pusat dan daerah harus terus melakukan evaluasi untuk menghasilkan kebijakan tentang ekonomi dengan kajian-kajian Akademisi untuk menjadikan lebih baik. Selain itu mekanisme SDM juga harus terus dikembangkan dengan pelatihan yang memiliki standard kompetensi yang jelas dengan adanya sertifikasi.

"Saya harapkan semua pemangku kepentingan memiliki kesadaran dan persepsi yang sama terhadap peluang dan tantangan yang tidak hanya dihadapi tetapi juga dilalui serta manfaatnya bagi Indonesia. Melalui kegiatan ini kita semua memiliki kesadaran mental, untuk melalui tantangan dalam menghadapi masyarakat Ekonomi Asean," ungkap Darmin.

Image result for Sosialisasi Implementasi Masyarakat Ekonomi Asean 2015 Plt Gubri

Menurut rencana MEA akan mulai berlaku di penghujung tahun 2015 ini, tepatnya 31 Desember 2015. MEA adalah suatu kerjasama regional Asia Tenggara di bidang ekonomi yang ditransformasi menjadi kesatuan kekuatan baik sebagai pasar tunggal maupun pusat produksi. Tujuannya adalah, menjadikan Asean menjadi kawasan dengan ekonomi yang berdaya saing disertai pertumbuhan yang lebih setara di seluruh negara anggotanya dan terintergrasi dengan lebih baik dengan pasar global.

Dalam kesempatan ini Plt Gubri mengatakan, masyarakat Ekonomi Asean terdiri dari 4 Pilar yang terkait satu dengan lainnya yaitu Pasar tunggal dan berbasis produksi, kawasan ekonomi yang berdaya saing, pembangunan ekonomi yang merata dan Integrasi dengan ekonomi global.

"MEA 2015 merupakan sebuah proses, bukan sebuah event. Setelah 2015, yang merupakan target politik pemimpin Asean, proses integrasi Asean tidak akan terhenti namun justru akan semakin intensif. Proses tersebut pada intinya akan membuat Asean menjadi semakin atraktif, berdaya saing tinggi dan efektif sehingga dapat senantiasa relevan dalam persaingan ekonomi global," papar Plt Gubri. (Adv)






Berita Lainnya :
 
  • Halal Bihalal Polresta Pekanbaru, 2 Personil Terima Tiket Umroh dari Kapolda Riau
  • Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Sepanjang Hari Raya Idulfitri
  • Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024: Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan
  • Hari Kartini, PHR Junjung Tinggi Kesetaraan dalam Berkontribusi Bagi Negeri
  • Rangkaian HUT ke-7 Tahun, SMSI Riau Gelar Workshop ''Publisher Rights'' Bersama Ketua Dewan Pers
  • Camat Mandau Dorong Pembentukan DPW IKA Plus Bengkalis, Freddy Antoni Terpilih Sebagai Ketua
  • Rumah Sakit Alihkan Pasien Belum Aktif UHC ke Umum, Diskes Pekanbaru Ancam Putus Kerjasama
  • Pemkab Bengkalis Terus Pacu Percepatan Pembangunan Jembatan Bengkalis-Bukit Batu
  • Bupati Kasmarni Harap Kepala Sekolah Fokus dan Optimalkan Kinerja Demi Kemajuan Pendidikan
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved