Selasa, 25/06/2019
 
Rohul
Bupati Rohul H Sukiman Ditambalkan Gelar Datuk Setia Amanah Oleh LAMR Rohul

Manda Rokan | Advertorial
Kamis, 24/10/2019 - 20:45:23 WIB
Rokan Hulu - (Riaueksis.com) Bupati Rohul Sukiman ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso‎ oleh Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Rohul H Zulyadaini gelar Datuk Saudagar Rajo‎, didampingi oleh Ketua Umum MKA LAMR Rohul H Tengku Rafli Armien S.Sos gelar Tongku Majo Lelo. (24-10-19)

‎Penabalan Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso‎, sekaligus Pelantikan Pengurus Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Kecamatan se-Kabupaten Rohul di Gedung LAMR Rohul‎ juga dihadiri Ketua Umum DPH LAM Riau Syahril Abu Bakar gelar Datuk Seri Setia Amanah, Forkompinda.

Tampak hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul H Abdul Haris S.Sos, M.Si, anggota DPRD Rohul, para Tokoh Adat, Ketua LKA dari lima Luhak, Ketua LKA dari‎ 16 kecamatan, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan undangan lainnya.

Ketua Umum DPH LAM Riau Syahril Abu Bakar gelar Datuk Seri Setia Amanah‎, mengharapkan setelah Bupati Rohul Sukiman ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso, hal ini akan memajukan masyarakat adat.

"Karena Bupatinya sudah menjadi payung panji, sudah menjadi pembina dari masyarakat adat itu sendiri‎ yang merupakan bagian yang terpisahkan dari masyarakat di Rokan Hulu ini. Inilah harapan kita ke depan," jelasnya

Di tempat yang sama, Ketua DPH LAMR Rohul, Zulyadaini‎ gelar Datuk Saudagar Rajo‎, berharap besar setelah ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso‎, maka Bupati Rohul Sukiman melaksanakan amanah.

Menurutnya, amanah yang diberikan tentu menjadi beban kepada orang yang mengembannya. Sebagai kepala pemerintahan, Bupati Sukiman diharapkan bersinergi dengan adat dan ulama.

Datuk Saudagar Rajo‎ mengaku penabalan Bupati Rohul Sukiman tersebut tidak ada kaitannya dengan politis, meski dilakukan menjelang tahapan Pilkada serentak 2020.

"Tidak ada sama sekali. Kami (LAMR Rohul) tidak pernah membayangkan tentang masalah politik. Itulah tugas kami sebagai LAM itu ada dalam aturan rumah tangga, baik LAM provinsi maupun LAM kabupaten‎, setiap siapapun sudah menjadi Bupati diharuskan memberikan gelaran terhadap dia, walaupun siapa orangnya," jelasnya.

Datuk Saudagar Rajo‎ menambahkan, selain menabalkan Bupati Sukiman, masih di acara sama, LAMR Rohul juga melantik lima pengurus LAM Luhak, dan 16 pengurus LAM Kecamatan yang ada di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Ia berharap dengan dilantiknya lima pengurus LAM Luhak dan 16 pengurus LAM Kecamatan, akan memudahkan koordinasi LAMR Rohul dengan seluruh kecamatan dalam menyelesaikan berbagai persoalan di masyarakat, pemerintah, ulama, dan lainnya.

Sementara, Bupati Rohul Sukiman mengaku ditabalkan dirinya dengan gelar Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso‎ oleh LAMR Rohul merupakan sebuah penghargaan bagi dirinya.

"Karena itu kepercayaan atau amanah yang diberikan masyarakat banyak oleh Rokan Hulu kepada saya untuk tentunya didalam memimpin Rokan Hulu untuk menjaga amanah itu," jelas Bupati Sukiman.

Mantan Dandim Indragiri Hilir ini mengaku bangga dan haru pasca ditabalkan dengan gelar Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso, sebab penabalan itu tidak dimintanya‎, namun atas inisiatif LAMR Rohul.

Pasca ditabalkan sebagai Datuk Setia Amanah ‎Panglimo Pukaso, Bupati Sukiman mengaku akan mengkoordinasikan untuk kegiatan-kegiatan adat ke depannya.*(ADV/Pemkab Rohul) 


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Babinsa bersama Babinkamtibmas dan MPA Lakukan Patroli Karlahut
  • Antisipasi Karlahut, Danramil 05/Rupat Bersama Masyarakat Buat Akses Jalan dan Bersih Saluran Air
  • Perdana digelar, 10 Paroki di Riau Ikut Bertanding di Ajang Pesparani I
  • Larang Warga Bakar Lahan Upaya Sertu Saragih Cegah Karlahut
  • Pemkab Rohil Optimis Capai Kabupaten Layak Anak
  • Pemkab Rohil Prioritaskan Sektor Pariwisata
  • Laksanakan Komsos bersama Warga, Koptu Syahril Larang Buka Lahan Dengan Membakar
  • Dua Babinsa Koramil 04/Mandau Latih PBB Kepada Pengurus OSIS SMAS Mutiara Kel. Balai Raja
  • KPU Kab. Bengkalis Laksanakan Sosialisasi Kesiapan KPUD Menyongsong Pemilukada Tahun 2020
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved