Selasa, 25/06/2019
 
Rohul
Bupati Sukiman Dan Ketua TP PKK Rohul Hadiri Halal Bi Halal Dengan Warga Ujung Batu

Manda Rokan | Advertorial
Jumat, 05/07/2019 - 14:56:55 WIB
Rokan Hulu - (Riaueksis.com) Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman bersama Ketua TP PKK Kabupaten Hj Peni Herawati, Senin (1/7/2019), menghadiri Halal Bi Halal dengan warga Kecamatan Ujung Batu, bersamaan kegiatan khitan massal diikuti 177 anak dari Kecamatan Tandun, Kabun, Pagaran Tapah Darussalam dan Ujung Batu.

Kegiatan yang dipusatkan di halaman SD Negeri 003 Ujung Batu, Desa Sukadamai, Juga dihadiri Ketua DWP Rohul Hj Nety Herawati, sejumlah Kepala Dinas, Badan dan Kantor OPD Kabupaten Rohul, Datuk Bandaro Danil Malik, mamak suku, empat camat beserta Upika, Ketua TP PKK kecamatan dan desa, segenap kepala desa dari empat kecamatan, perwakilan perbankan dan perusahaan.

Datuk Bandaro mengatakan, perkembangan di Ujung Batu kini semakin berkembang pesat. Itu tidak terlepas perhatian Pemkab Rohul menganggarkan APBD untuk pembangunan di kecamatan Urban tersebut.

"Tahun ini Pemkab Rohul mengucurkan anggaran pembangunan sekitar Rp16 miliar untuk Ujung Batu, kemudian tahun 2020 Pemkab Rohul juga sudah menampung aspirasi untuk pembangunan kantor Camat Ujung Batu," kata Datuk Danil.

Dalam amanatnya, Bupati Rohul H Sukiman mengatakan berterima kasih kepada dinas kesehatan dan TP PKK Rohul dan kecamatan yang telah melaksanakan khitan massal. Dengan begitu masyarakat khususnya di empat kecamatan sangat terbantu di sisi ekonomi.

"Masyarakat terbantu dengan kegiatan khitan massal ini, sebab tidak lagi mengeluarkan biaya untuk melaksanakan khitan anaknya. Khitan massal ini bertepatan dengan libur sekolah," kata Bupati.

Sebut Bupati Sukiman, proses khitan bagi anak lelaki sebelum dewasa merupakan kewajiban yang dianjurkan agama Islam. Bila dikaji di bidang kesehatan, mengkhitan sama saja dengan membersihkan atau membuang bagian tubuh tempat bersarangnya bakteri.

"Berharap anak-anak yang sudah dikhitan lebih banyak diam di rumah dan memakan obat yang diberikan dokter, sehingga luka bekas jahitan cepat sembuh," ucap Bupati.

Ketua panitia Afrizal berterima kasih ke pemerintah daerah, yang telah mempercayakan desanya sebagai tuan rumah pelaksanaan Halal hi Halal sekaligus khitan massal.

Afrizal yang juga Kades Sukadamai menyebutkan, peserta khitan massal berjumlah 177 orang, dan untuk Desa Sukadamai sendiri berjumlah 47 orang. 

"Setiap diadakan khitan massal, warga kami sangat antusias. Sebab mereka sangat terbantu," ucap Afrizal.

Bagi petugas medis yang bertugas mengkhitan, sambung Afrizal berjumlah 15 orang yang berasal dari empat Puskesmas. Usai dikhitan para peserta juga mendapatkan obat, untuk menyembuhkan luka bekas jahitan.

"Para peserta juga menerima uang saku dan kain sarung sebagai penyemangat agar anak lekas sehat," jelasnya.(ADV/ Pemkab Rohul)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Beri Pelayanan Kesehatan Akibat Karlahut, Koramil 01/Bengkalis Buka Rumah singgah Gratis
  • Jaga Wilayah Dari Karlahut Pelda Togatorop Ajak Masyarakat Besama Jaga Lingkungan
  • Pelantikan Anggota DPRD Kab. Bengkalis didatangi Ribuan Mahasiswa Untuk Menuntut...
  • Karlahut Terus Mengintai, Pasla Ketua PKD : Perlu Ada Pencegahan Dini Sehingga Tidak Terulang
  • Tim 6 Satgas Gabungan Karlahut Laksanakan Sosialisasi ke Masyarakat
  • Ketum PERTINA Provinsi Riau dukung Pasla Maju Pada Pilbub 2020
  • Bupati Dan Bunda PAUD Serahkan Bantuan APE Di 2 Kecamatan
  • Bupati Rohul Ziarah Ketempat Kelahiran Syekh Abdul Wahab Rokan Di Desa RBS
  • PWI Riau Studi Jurnalistik ke VJA dan Media Vietnam
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved