Senin, 25/11/2019
 
Berhasil Lakukan Penghematan Anggaran, Pemprov Riau Upayakan Tidak Ada Tunda Bayar Tahun Ini

Putra | Riau
Jumat, 21/12/2018 - 10:57:46 WIB
RiauEksis.com - Berhasil lakukan penghematan anggaran, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau upayakan tidak ada tunda bayar tahun ini.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi, Kamis (20/12/2018) memberikan sinyal untuk tetap melakukan pembayaran terhadap pekerjaan fisik dan pengadaan yang sebelumnya sempat masuk dalam daftar tunda bayar di tahun 2018 ini.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memastikan kegiatan 2018 yang sebelumnya diprediksi mengalami tunda bayar sebesar Rp 500 miliar yang rencananya akan dibayarkan di tahun 2019 dimungkinkan tidak ada tunda bayar.

"Tahun ini kita berusaha semaksimal mungkin kegiatan yang sebelumnya mengalami tunda bayar mudah-mudahan bisa diperkecil, kalau perlu tidak ada tunda bayar," kata Hijazi, Kamis (20/12/2018).

Lalu dari mana anggaran untuk membayarkan kegiatan yang sebelumnya diprediksi masuk dalam daftar tunda bayar tersebut, Hijazi mengungkapkan, tidak ada tunda bayar kegiatan tahun ini sangat memungkinkan.

Sebab masih ada potensi penghematan anggaran untuk menutupi tunda bayar.

"Tapi berapa yang akan kita bayarkan kita tengah menghitung, mudah-mudahan minggu depan sudah ada keputusan," imbuhnya.

Sebelumnya, Pemprov Riau berencana akan melakukan tunda bayar dampak dari defisit anggaran yang dialami pemerintah yang mencapai Rp1,9 triliun.

Meski begitu Pemprov Riau mengklaim telah berhasil menekan potensi tunda bayar dari Rp1,9 triliun menjadi Rp 500 miliar.

Sementara saat disinggung terkait realisasi penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 pihaknya memprediksi hingga akhir tahun nanti penyerapan anggaran realisasi bisa mencapai 90 persen.

"Sampai akhir November kemarin capaian kegiatan sudah mencapai 74 persen. Angka itu akan terus bergerak. Mudahan-mudahan sampai akhir tahun bisa mencapai 90 persen. Karena kegiatan yang besar-besar belum masuk, sehingga kita belum bisa finalkan semua," kata Hijazi.

Kegiatan besar yang dimaksud seperti pembangunan flyover, gedung Mapolda Riau, Kejati Riau dan jembatan Siak IV Pekanbaru. Saat ini proyek strategis Pemprov Riau itu dalam proses pengerjaan.

"Makanya saya minta kepada seluruh OPD untuk mempersiapkan administrasi dan pembayaran kegiatan disisa waktu dua minggu jelang tutup buku anggaran 2018," pungkasnya. ****(ptr)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Hardianto Dukung Gubri Syamsuar evaluasi BUMD
  • Danramil 05/Rupat Bersama Tim Gabungan Kembali Berjibaku Lawan Karlahut di Pulau Rupat
  • Presiden Tinjau Posko Penanganan Karhutla Riau
  • Akpasindo Kunjungi Kelompok Tani Desa Talang Mandau
  • Turki berin300 bea siswa untuk mahasiswa Indonesia.
  • Aset Tersangka kasus Jiwasraya Ditaksir Capai Rp11 Triliun
  • Dewan Pers Berikan UKW Gratis untuk 480 wartawan
  • 29 Februari, PWI akan Gelar Porwada Catur.
  • Kasdim 0303/Bengkalis Hadiri Ijab Qobul Anak Plt Bupati Bengkalis 
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved