Senin, 25/11/2019
 
Lokasi Dan Jadwal Ujian CPNS 2018 Di Riau

Putra | Riau
Jumat, 19/10/2018 - 19:35:31 WIB
RiauEksis.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menetapkan lokasi ujian yang akan digunakan untuk ujian Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) yang akan dimulai pada tanggal 26 Oktober 2018. Ada lima lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat ujian, sesuai dengan lokasi tempat memilih peserta CPNS.

Kelima lokasi tersebut yakni, pertama Kota Pekanbaru di Kanreg XII dan Labersa, untuk peserta yang mendaftar dari Pekanbaru, Siak, Rokan Hulu, Pelalawan dan Kampar. Lokasi kedua, Indragiri Hulu, bagi peserta yang mendaftar untuk daerah Inhu, Kuansing dan Indragiri Hilir.

Lokasi ketiga Kota Dumai untuk peserta yang mendaftar dari Kota Dumai, Bengkalis dan Rokan Hilir. 
Lokasi keempat Kabupaten Meranti, khusus untuk peserta yang mendaftar di Meranti. Sedangkan untuk lokasi kelima yang mendaftar di Provinsi lokasi ujian berada di UPT BKD Riau, di Jalan Ronggowarsito, Pekanbaru.

Kanwil XII BKN, Andrayati, mengatakan, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan pihak BKN terkait dengan persiapan ujian CPNS. Termasuk dengan kabupaten/kota se-Riau, yang telah menyatakan siap mengadakan lokasi ujian CPNS yang telah ditetapkan.

“Kita masih berkoordinasi dengan pusat melalui jalur sccn. Yang jelas saat ini sudah ditentukan di beberapa titik untuk di Riau. Pekanbaru, Dumai, Meranti, Inhu, dan Kanreg XII. Bagi peserta yang telah mendaftar bisa mengikuti ujian sesuai dengan lokasi mendaftar,” jelas Andrayati.

Untuk biaya ujian CPNS sendiri, kata Andrayati, BKN akan menanggung seluruh kegiatan ujian. Dan surat dari Kemenpan RB yang meminta agar kabupaten/kota mengadakan sendiri tidak jadi dilakukan. Ini mengingat tidak tersedianya anggaran di daerah.

“Biaya kita yang nanggung, ketersediaan PC untuk ujian sudah disiapkan. Untuk di Kanreg ada sekitar 250-300 komputer. Sedangkan di Labersa diusahakan mencapai 600 komputer, untuk di daerah begitu juga, sudah tersedia komputernya, kita tinggal memasukkan programnya,” jelas Andra.

Pelaksanaan ujian bagi peserta untuk seluruh Riau, diperkirakan akan memakan waktu hingga 22 hari. Dijadwalkan ujian akan dimulai tanggal 26 Oktober sampai dengan 17 November 2017. Peserta bisa melihat kembali di situs sccn untuk melihat jadwal ujian.

“Dalam satu hari itu akan ada lima sesi ujian. Sampai selesai seluruh peserta yang telah dinyatakan lulus administrasi,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk soal ujian yang akan diberikan sesuai dengan formasi yang akan dipilih, termasuk soal-soal lainnya. Ujian tahap awal ini merupakan uji kompetensi dasar. Di mana soal ujian ada 100 soal, dengan waktu 1,5 jam.

“Pergunakan waktu sebaiknya, peserta juga bisa melihat langsung hasil ujian di layar yang tersedia. Berapa nilai yang diraih itulah yang akan menjadi pedoman. Mana yang tertinggi sesuai dengan passing grade-nya,” kata Andra.

Terpisah Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, berharap masyarakat bisa mencermati lokasi dan jadwal ujian yang telah ditetapkan. 

“Lokasi sudah disiapkan, waktu dan tempatnya juga. Sesuai dengan lokasi tempat mendaftar, di sanalah tempat ujian. Misalnya kalau mendaftar di Provinsi maka ujiannya di lokasi Provinsi di UPT. Kalau mendaftar di Dumai ataupun Rohil lokasi ujian di Dumai,” kata Ikhwan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pengumuman pendaftaran CPNS telah diumumkan pada tanggal 15 Oktober 2018. Dan tercatat sebanyak 69.113 pelamar lulus pendaftaran seluruh kabupaten/kota. Sedangkan untuk Provinsi Riau tercatat sebanyak 10.839 pelamar. ****(ptr)


comments powered by Disqus


Berita Lainnya :
 
  • Babinsa Koramil 06/Sei Apit Pimpin Tim Laksanakan Patroli Karlahut di Wilayahnya
  • Porwada Pertandingan Catur Digelar Dengan Sistem Swiss Tujuh Baba
  • Goro Bersama Masyarakat Buatan Dua, Babinsa Himbau Jangan Buang Sampah Sembarangan
  • Ancol Resmi Jadi Lokasi Museum Rasulullah SAW Terbesar Dunia
  • KPK Perpanjang Masa Penahanan Bupati Bengkalis
  • Siswa di NTT Dipaksa Jilat Sendok Bertinja, Kemdikbud Minta Buat Tim Pencegahan
  • 188 WNI dari Kapal Dream World Berhasil Dievakuasi
  • WNA asal Malaysia pembobol ATM ditangkap
  • Begini proses evakuasi WNI awak World Dream di Teluk Durian
  •  
     
     
     
     
    Copyright © 2014-2016
    PT. Surya Cahaya Indonesia,
    All Rights Reserved